7 Tempat Wisata di Tasikmalaya Populer Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata di Tasikmalaya
image by: travelspromo.com

Warta News – Tempat wisata di Tasikmalaya mana saja nih yang sudah Anda kunjungi dari sekian yang daftar destinasi yang ada?

Tasikmalaya memang merupakan sebuah kota di Jawa Barat yang kaya akan tempat wisatanya yang melimpah.

Ya, meksi kota ini terkenal dengan industrinya yang pesat, kota ini juga banyak menyediakan destinasi wisata dan para penduduknya juga ramah-ramah.

Menurut sejarah, Tasikmalaya adalah kota terbaik untuk berinteraksi dengan orang Sunda asli.

Mengapa? Sebab sebagian besar suku Sunda kebanyakan tinggal di wilayah Tasikmalaya. Mau tahu apa saja wisata yang recommended untuk dikunjungi ketika ke Tasikmalaya?

Tempat wisata di Tasikmalaya Rekomendasi Untukmu

Tasikmalaya menawarkan tempat-tempat yang luar biasa menarik untuk dikunjungi. Anda bisa pergi satu ke tempat lain dengan mudah karena akses untuk menuju ke berbagai wisatanya sangat banyak.

Untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan di Tasikmalaya, berikut adalah daftarnya:

1. Air Terjun Curug Dengdeng

Curug Dengdeng
image by: pagguci.com

Hal menarik pertama yang wajib Anda coba jika datang ke Tasikmalaya adalah mengunjungi Curug Dengdeng.

Curug ini menjadi salah satu wisata air terjun yang luar biasa populer di Indonesia. Dinamakan Curug Dengdeng sendiri karena berasal dari kata bedengan yang artinya tingkat.

Air terjun alami ini memiliki 3 tingkat aliran dengan dilengkapi pemandangan hijau dari pepohonan rindang di sekelilingnya. Nah, di tingkat pertama curug ini, nama alirannya adalah Cikambang.

Sementara untuk aliran tingkat kedua, ada air terjun yang dilengkapi sebuah kolam yang bisa digunakan sebagai tempat mandi.

Sementara yang terakhir adalah tingkatan yang ketiga, paling atas sendiri. Di tingkatan ketiga ini, Anda bisa menyaksikan aliran air terjun seluruhnya sambil menikmati suasananya yang tenang.

2. Gua Malawang

Gua Malawang
image by: republika.co.id

Gua Malawang adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang patut dikunjungi. Gua ini adalah satu destinasi wisata sejarah di Jawa Barat.

Anda bisa belajar sejarah atau terlibat langsung dengan observasi alam. Tampilan gua ini cukup menakjubkan dan layak sekali untuk dikunjungi. Namun, untuk bisa sampai ke Gua Malawang ini tidak mudah.

Dikarenakan letaknya yang ada di tengah perkebunan, maka gua ini tertutup oleh semak belukar.

Artinya, Anda harus melewati semak-semak tersebut jika ingin menemukan Gua Malawang. Para arkeolog telah menemukan setidaknya 13 buah pecahan tembikar kuno di gua ini.

Tidak hanya itu, ada juga temuan tulang binatang, kapak batu, dan segala benda bersejarah lainnya di Gua Malawang.

Anda yang menyukai wisata sejarah, Gua Malawang ini merupakan spot istimewa di Tasikmalaya, yang layak dikunjungi.

Anda bisa menemukan Gua Malawang ini di Dusun Wangunwati, Desa Sukawangun, Kecamatan Karangnunggal.

3. Pemandian Air Panas Ciawi

Pemandian Air Panas Ciawi
image by: simomot.com

Siapa sih yang tidak mengenal pemandian Air Panas Ciawi yang sangat terkenal ini? Anda yang mencari tempat untuk refresh sejenak dari kepenatan dan mengobati stres akibat aktivitas sehari-hari karena pekerjaan rumah atau kantor, saatnya Anda memanjakan diri menuju Pemandian Air Panas Ciawi.

Ya, ketika Anda merasa sedang stres, bosan, lelah, lelah, dan tidak ada tenaga, tempat wisata di Tasikmalaya satu ini sangat cocok untuk Anda kunjungi.

Anda bisa berendam sepuasnya sambil mengembalikan energi. Jika Anda ingin menginap, tenang saja! Ada banyak sekali Pemandian Air Panas Ciawi yang tersebar di sekitar tempat wisata.

4. Tonjong Conyon

Tonjong Conyon
image by: explorewisata.com

Jika dilihat secara sekilas, wisata Tonjong Conyon ini hampir sama seperti Green Canyon. Tempat wisata di Tasikmalaya ini menawarkan pemandangan indah yang dikelilingi oleh pepohonan tinggi.

Tempat wisata ini memiliki dalam keindahan alam yang sempurna dengan dikelilingi air berwarna biru kehijauan dan diapit oleh tebing kapur.

Aktivitas terbaik untuk dilakukan di Tonjong Canyon sendiri adalah lompat tebing dan berenang. Dari atas tebing, Anda bisa melompat dan berendam di air biru kehijauan.

Melompat dari atas tebing memberi Anda banyak ketenangan karena Anda seakan menyatu dengan alam.

Anda bisa menjelajahi Tanjung Conyon dengan berenang satu sisi ke sisi lainnya. Anda juga bisa menyewa perahu untuk menjelajahi seluruh area.

Satu hal yang harus Anda ingat ketika berwisata ke Tonjong Conyon, pastikan Anda berhati-hati saat terjun ke air karena batunya agak licin. Jika Anda lengah dan tidak berhati-hati, kemungkinan besar Anda akan menabrak batu besar dan terluka.

5. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan
image by: ainonholidays.co.id

Jika Anda ingin sekali mencari tempat pelarian sejenak untuk menghilangkan stres, sangat disarankan bagi Anda pergi ke Pantai Karang Tawulan.

Sama seperti pantai lainnya, tempat wisata di Tasikmalaya satu ini menawarkan ketenangan dan kedamaian.

Pantai Karang Tawulan adalah tempat yang sangat tepat untuk berkumpul dengan keluarga atau bermesraan bersama pasangan dan menghilangkan stres.

Sayangnya, di pantai ini Anda tidak diperbolehkan berenang karena agak berbahaya. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa berbaring di atas pasir dan bermain game atau bisa juga menikmati makanan khas pantai.

Ada warung-warung kecil yang dimiliki oleh masyarakat sekitar. Minuman yang wajib Anda coba jika ke pantai ini tentunya adalah kelapa muda, sebab tidak ada yang menyenangkan selain menikmati kelapa di pantai. Pantai ini bisa Anda temukan di desa Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya.

6. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung
image by: jalanbareng.com

Gunung Galunggung merupakan gunung api di Tasikmalaya yang mengalami erupsi pertama kalinya di tahun 1822.

Setelah erupsi untuk yang kali pertama, maka gunung ini melakukan erupsi kembali selama 4 kali. Tinggi gunung ini mencapai 2000-an meter dengan jumlah anak tangga sekitar 600-an.

Jadi, jika Anda adalah pecinta trekking dan ingin berwisata di gunung, datang saja ke Galunggung ini.

Pesona gunung ini siap meluluhkan segala kecapekan Anda setelah menaiki ratusan anak tangga. Dari atas puncak gunung, Anda bisa menyaksikan pesona keindahan kota Tasikmalaya.

Selain kegiatan trekking ke puncak gunung, ada juga fasilitas pemandian air panas yang bisa Anda kunjungi.

Anda yang ingin sekali mandi air panas, datang saja ke Pemandian Air Panas Gunung Galunggung karena kolam ini menawarkan fasilitas yang sangat lengkap.

7. Kebun Teh Taraju

Kebun Teh Taraju
image by: http://surgaditasikmalaya.blogspot.com/2018/03/obyek-wisata-kebun-teh-taraju.html

Tempat wisata di Tasikmalaya terakhir yang bisa untuk Anda kunjungi adalah Kebun Teh Taraju.

Anda yang suka sekali dengan pemandangan yang masih natural, datang saja ke kebun teh satu ini. Anda bisa menyaksikan rerumputan, pohon, dan tanaman teh yang indah dan mempesona.

Kebun Teh Taraju adalah destinasi wisata alam yang sangat menakjubkan. Di kebun ini, Anda bisa bebas melihat pemandangan sambil turut membantu petani kebun teh memetik hasil tanamannya.

Trekking di kebun ini juga sangat mudah karena ada jalan setapak yang tersedia. Jika Anda ingin sekali lebih menyatu dengan alam, maka suatu keharusan bagi Anda untuk merasakan ketenangan di Kebun Teh Taraju.

Dari ketujuh tempat wisata di Tasikmalaya yang sudah dijelaskan di atas, manakah yang sudah pernah Anda kunjungi?

Jika belum ada satupun destinasi yang belum Anda kunjungi, semoga daftar di atas bisa membantu rencana liburan Anda, ya!