8 Tempat Wisata di Sukabumi yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata di Sukabumi
(Foto: Instagram [email protected])

Warta News – Tempat wisata di Sukabumi mana saja nih yang sebenarnya ingin sekali Anda kunjungi namun belum kesampaian?

Sukabumi adalah sebuah kota dan salah satu kabupaten di Jawa Barat. Sukabumi merupakan salah satu daerah terluas di Jawa Barat dengan ibu kota Pelabuhan Ratu dan memiliki 47 kecamatan.

Sukabumi berasal dari bahasa Sunda me dan Suka Bumen. Suka itu suka dan Bumen hidup, mengacu pada orang yang suka tinggal di Sukabumi.

Menurut sejarahnya, orang-orang yang berkunjung ke Sukabumi sangat menikmati suasana yang ditawarkan kota ini.

Sukabumi terletak sekitar 120 km dari Jakarta, atau sekitar dua setengah jam perjalanan dengan mobil.

Daftar Tempat Wisata di Sukabumi Rekomendasi Untukmu

Pada zaman penjajahan Belanda, Sukabumi merupakan situs akademi polisi kolonial. Tempat ini sangat mudah diakses dari Jakarta, Bogor dan Bandung.

Sukabumi memiliki tempat wisata yang beragam, mulai dari wisata bahari, hingga gunung.

1. Pantai Cibangban

Pantai Cibangban
(Foto: Instagram [email protected])

Cibangban adalah sebuah nama pantai yang bisa Anda temukan di Sukabumi. Tempat wisata di Sukabumi satu ini sangat tersohor dengan pemandangannya yang indah.

Sangat disarankan jika Anda datang ke pantai ini membawa keluarga atau pasangan. Ombak di pantai Cibangban sendiri masih terbilang aman untuk digunakan anak-anak berenang atau bermain.

Anda yang ingin melepas penat, mencari inspirasi atau hanya ingin sekedar menyaksikan pemandangan indah, datang saja ke pantai Cibangban ini. Pantainya memiliki pasir yang sangat lembut sehingga cocok untuk berjalan-jalan.

Anda yang baru saja datang dari Pelabuhan Ratu, jarak dari pantai ke pelabuhan bisa terbilang sangatlah dekat lho. Anda bisa berwisata ke tempat wisata di Sukabumi sekaligus hanya dalam satu waktu.

2. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu
(Foto: Instagram [email protected]_novrizal_kranggar)

Next destinasi tentunya ya yang tidak jauh dari Pantai Cibangban, ya! Ya, sebagaimana disebutkan sebelumnya, ada Pelabuhan Ratu yang memiliki pantai untuk bisa dinikmati para wisatawan.

Bisa dibilang pantai pelabuhan Sukabumi adalah wisata yang paling populer. Jadi, kalau Anda sedang berada di Sukabumi, pastikan Anda tidak melewatkan destinasi wisata satu ini, ya!

Hanya saja tempat wisata satu ini cukup jauh jaraknya dari pusat kota Sukabumi, yakni sekitar 60 km. Sangat jauh sekali bukan?

Namun, tenang saja! Untuk Anda yang tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi karena takut kelelahan menempuh jarak dari pusat Kota Sukabumi ke Pantai Pelabuhan Ratu, ada juga kendaraan umum yang bisa Anda manfaatkan.

3. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng
(Foto: Instagram [email protected])

Selanjutnya, ada pantai Ujung Genteng yang bisa Anda manfaatkan ketika datang ke Sukabumi.

Walau jaraknya juga terlalu jauh dari pusat kota, namun semua kelelahan yang Anda rasakan akan sirna setelah menyaksikan keindahan alam pantai Ujung Gede yang benar-benar luar biasa mempesona.

Menariknya dari pantai Ujung Gede ini adalah, Anda bisa lho datang ke penangkaran penyu dekat pantai ini. Hanya saja pantai ini bukanya saat pagi dan sore saja.

Dikarenakan tempat penangkaran ini benar-benar dijaga ketat oleh tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, maka Anda harus memperhatikan aktivitas Anda, ya! Jangan melakukan hal-hal yang merugikan penyu.

Jika ingin menyaksikan penyu ini dilepas, Anda bisa menunggu saat malam tiba karena beberapa penyu yang sudah menetas akan dilepas ke pantai.

4. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja
(Foto: Instagram [email protected])

Jika tiga pantai selanjutnya lebih cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai, maka pantai kali ini lebih cocok untuk Anda yang hobi berselancar.

Ya, nama pantai ini adalah Pantai Cimaja. Di pantai ini Anda bisa surfing sepuasnya tanpa harus pergi jauh-jauh ke Bali.

Di pantai Cimaja ini, Anda bisa surfing dan menyewa beberapa peralatan surfing yang tersedia.

Saking terkenalnya pantai ini untuk surfing, Pantai Cimaja ini sering sekali digunakan sebagai tempat untuk berbagai lomba dan kompetisi berselancar.

Namun, Anda yang tidak ingin berselancar, bisa kok untuk datang mengunjungi wisata ini dan menyaksikan pemandangannya yang indah.

Oh, ya harga tiket masuk pantai ini juga murah meriah lho, hanya Rp 5.000 saja. Asyik sekali kan?

5. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan
(Foto: Instagram [email protected]_mugi)

Selain Pantai Cimaja, ada juga pantai lainnya yang tidak kalah bagusnya untuk berselancar, namanya pantai Pangumbahan. Di pantai ini, ombaknya sangat besar dan menantang, cocok untuk aktivitas selancar Anda.

Banyak juga kok peselancar yang datang ke pantai Pangumbahan yang surfing bersama teman-temannya dan menantang ombak. Nah, lokasi pantai Pangumbahan sendiri satu arah ya dengan lokasi Pantai Ujung Genteng.

Selain cocok untuk dijadikan tempat surfing, Anda juga bisa lho melihat koleksi penyu hijau di pantai ini.

Sebab Pantai Pangumbahan ini menjadi tempat konservator berbagai jenis penyu. Kalau Anda ingin melihat penyu-penyu ini dilepaskan, maka datang saat malam hari. Petugas akan melepas anak-anak penyu hijau ini ke pantai.

6. Situ Gunung

Danau Gunung
(Foto: Instagram [email protected])

Mau wisata air selain pantai? Ada kok tempat wisata di Sukabumi lainnya yang bisa dikunjungi selain pantai.

Salah satu wisata alam yang tidak kalah recommended adalah Danau Gunung. Di danau ini, Anda bisa menyaksikan keindahan alamnya yang benar-benar mempesona dan suasananya pun masih asri.

Anda yang mungkin ingin melepas stres, bisa sekali datang ke danau ini mengingat suasananya yang masih sangat alami.

Udara di danau ini juga masih begitu asri, Anda tidak akan pernah menyesal telah mengunjungi tempat wisata di Sukabumi satu ini.

Air di danau ini juga sangat jernih seperti kaca. Anda bisa mengajak pasangan atau keluarga Anda untuk bisa berwisata di tempat yang sungguh mempesona ini.

7. Danau Sukarame

Danau Sukarame
(Foto: Instagram [email protected])

Selain danau gunung, ada juga kok Danau Sukarame yang tidak kalah indahnya untuk Anda kunjungi jika ke Sukabumi.

Danau ini bisa dibilang ikonik dan populer sekali. Anda bisa menyaksikan pemandangan maha mempesona di Danau Sukarame karena destinasi ini dekat sekali dengan perkebunan teh.

Jadi, sekali Anda berwisata, Anda bisa lho melihat dua pemandangan menakjubkan sekaligus, yakni pemandangan danaunya yang indah dan perkebunan tehnya yang hijau alami.

Perpaduan dua pemandangan wisata ini benar-benar akan menghipnotis Anda untuk berlama-lama di Danau Sukarame.

Selain itu, tempat wisata ini juga sangat murah, lho! Anda hanya perlu merogoh kocek seribu rupiah saja untuk bisa menyaksikan perpaduan pemandangan danau dan perkebunan tehnya yang maha indah ini.

8. Situs Megalitik Kuno

Situs Megalitik Kuno
image by: diazbela.com

Sementara bagi Anda pecinta sejarah, ada juga tempat wisata di Sukabumi yang bisa untuk dijelajahi, lho.

Nama tempat wisata ini adalah Situs Megalitik Purba. Dinamakan Situs Megalitik Kuno karena memang ada beberapa penemuan benda-benda kuno khas zaman ini yang terbuat dari logam.

Anda yang memang menyukai wisata sejarah, sepertinya tempat wisata yang ada di desa Cengkuk, kelurahan Cikakak ini perlu menjadi salah satu dari daftar tempat wisata di Sukabumi yang perlu Anda kunjungi.

Dari 8 daftar tempat wisata di Sukabumi, destinasi mana sih yang paling menarik bagi Anda dan harus Anda kunjungi?