11 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Purwokerto
image by: homestayrose50.com

Warta News – Tempat wisata di Purwokerto mana saja nih yang menurut Anda layak banget untuk dikunjungi?

Jika Anda sudah pernah datang ke Purwokerto dan hanya mengunjungi wisata Baturaden yang populer, sepertinya Anda perlu berkunjung kembali ke daerah ini.

Mengapa? Sebab masih banyak lho destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik untuk Anda kunjungi.

Wah, jadi penasaran ya apa saja nih destinasi wisata populer di Purwokerto yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga atau pasangan tercinta?

11 Daftar Tempat Wisata di Purwokerto

Terkenal dengan udaranya yang sejuk dan bahasanya yang ngapak, Purwokerto ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat bagus dikunjungi. Jadi penasaran? Coba yuk cek daftar wisatanya di bawah ini.

1. Wisata Baturaden

Wisata Baturaden
image by: portalwisata.com

Baturaden adalah destinasi wisata yang sangat populer dan paling banyak dikunjungi. Letak wisata ini bisa Anda temukan di kelurahan Karangmangu, Kecamatan Baturraden.

Tempat wisata ini memiliki udara yang sangat sejuk karena memang letaknya ada di bawah kaki gunung.

Jadi, jangan heran ya kalau ke sini Anda akan merasa kedinginan. Selain karena udaranya yang sejuk, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan yang sangat mempesona karena wisata ini dilengkapi dengan aneka tanaman hijau.

Tidak hanya itu saja, ada banyak kok fasilitas wisata air yang bisa Anda manfaatkan seperti kolam renang, waterpark mini hingga pemandian air panas. Jika ingin menginap, tenang saja! Ada banyak penginapan yang bisa Anda temukan di sini.

2. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden
image by: travelspromo.com

Masih di kecamatan yang sama nih, ada juga Kebun Raya Baturaden yang bisa untuk Anda kunjungi jika di Baturaden.

Hanya saja wisata ini letaknya di daerah Wanawisata Baturraden. Sesuai dengan namanya, maka Anda bisa menyaksikan berbagai koleksi tanaman dan bunga yang indah.

Tempat wisata ini benar-benar dikelola dengan sangat rapi dan nyaman sehingga Anda akan sangat menikmatinya.

Berbagai koleksi tanaman bisa Anda saksikan di kebun ini. Tiap akhir pekan ataupun tanggal merah, banyak sekali anak muda dan pasangannya ataupun keluarga mengunjungi tempat wisata di Purwokerto yang indah ini.

3. Curug Gomblang

Curug Gomblang
image by: explorewisata.com

Apakah Anda ingin bermain-main dengan air? Ada sebuah wisata bernama air terjun Gomblang di Purwokerto yang bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya.

Air terjun Gomblang ini adalah salah satu wisata yang cukup hits karena Anda bisa menyaksikan sebuah panorama yang indah di wisata ini.

Dengan pemandangannya yang mempesona ini, tidak heran ya jika tempat wisata di Purwokerto satu ini banyak sekali yang mengunjungi.

Sayangnya, butuh perjuangan yang panjang ya untuk sampai ke Gomblang waterfall ini karena jalurnya yang memang sedikit ekstrim.

4. Curug Telu

curug telu
image by: inews.co.id

Nah, air terjun selanjutnya yang tidak kalah menariknya untuk Anda kunjungi adalah Curug Telu. Curug ini bisa Anda temukan di daerah Karangsalam, Baturaden.

Hanya saja Anda perlu hati-hati ya ketika mengunjungi wisata ini karena memang lokasinya agak ekstrim.

Dinamakan dengan Curug Telu sendiri karena memang tempat wisata ini memiliki perpaduan 3 warna air terjun yang unik dan indah.

Selain itu, tempat wisata di Purwokerto ini juga dilengkapi dengan udara yang sangat sejuk dan pemandangan yang masih terbilang asri.

5. Pancuran Telu

Pancuran Telu
image by: kaskus.co.id

Nah, kalau sebelumnya adalah Curug Telu, maka tempat wisata di Purwokerto selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pancuran Telu. Hampir sama ya namanya? Tentu saja! Namun, Pancuran Telu ini lebih ke pemandian air panas.

Kolam pemandian ini masih berada di kecamatan Baturraden. Dinamakan Pancuran Telu sendiri karena memang mata air yang ada di kolam ini jumlahnya 3.

Selain memancurkan air panas yang masih alami, air di Pancuran Telu juga memiliki kandungan belerang. Tahu kan bahwa belerang ini manfaatnya sangat baik untuk kesehatan kulit manusia?

6. Pancuran Pitu

Pancuran Pitu
https://surgawisataindonesia.wordpress.com/2016/07/15/pancuran-pitu-baturraden/

Masih bernuansa sama, tempat wisata di Purwokerto satu ini juga merupakan sebuah kolam dengan pemandian air panas.

Sangat cocok lho untuk menjadi tempat berelaksasi, apalagi jika Anda sedang stres. Jika di Pancuran Telu jumlah mata airnya ada 3, maka di kolam ini memiliki 7 mata air.

Menariknya, Pancuran Pitu ini memiliki air yang berwarna agak kuning dan dilengkapi dengan beberapa tebing yang indah.

Anda yang ingin sekali melepaskan penat, Pancuran Telu ini sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi.

7. Small World

Small World
image by: datawisata.com

Small World Purwokerto adalah sebuah destinasi wisata yang masih terbilang baru, ya! Wisata ini buka 4 tahun lalu, tepatnya pada tahun 2016.

Sesuai dengan namanya, maka tempat wisata di Purwokerto ini menampilkan sebuah destinasi yang unik, yakni miniatur dari berbagai ikon-ikon dunia yang terkenal dengan versi miniaturnya.

Banyak sekali miniatur ikon bangunan dari berbagai negara yang terkenal seperti Menara Pisa, Taj Mahal, Tembok Besar China dan beberapa bangunan ikonik lainnya di seluruh dunia.

Jadi, buat Anda yang ingin mengelilingi dunia dengan versi hematnya, datang saja ke Small World Purwokerto.

8. Gua Sarabadak

Gua Sarabadak
image by: ksmtour.com

Jangan heran ya jika hampir semua wisata yang ada tersebar di kecamatan Baturraden. Salah satu wisata yang bisa Anda kunjungi selanjutnya jika masih di Baturraden adalah Gua Sarabadak.

Jika masih memiliki banyak waktu setelah mandi di Pancuran Pitu, kunjungi saja gua ini karena letaknya hanya sekitar 60 meteran saja.

Di gua ini, Anda bisa menyaksikan berbagai jenis batu-batu yang sangat indah di gua. Wisata sejarah di Purwokerto ini gratis lho jika Anda mau mengunjungi.

9. Museum Wayang Banyumas

Museum Wayang Banyumas
image by: aroengbinang.com

Mau wisata sejarah lainnya selain gua Asbadak? Datang saja ke Museum Wayang Banyumas.

Di museum ini, Anda bisa menyaksikan ratusan koleksi wayang dari zaman dahulu hingga yang modern.

Banyak juga aneka jenis wayang yang bisa Anda saksikan mulai dari wayang kulit, beber hingga golek juga ada.

Tidak hanya wayang saja, Anda juga bisa melihat koleksi lainnya seperti barang dan kitab suci kuno.

10. Bukit Bintang

bukit bintang purwokerto
image by: seringjalan.com

Bukit Bintang tidak hanya terkenal di Jogjakarta saja, adapula bukit bintang versi Purwokerto.

Ya, tempat wisata di Purwokerto satu ini cocok dikunjungi saat malam hari. Anda bisa menyeduh kopi panas dan jagung bakar sambil menyaksikan indahnya pemandangan kota Purwokerto dari atas bukit.

Nah, karena namanya saja Bukit Bintang, jadi pastikan Anda datang saat malam hari ya karena yang ditonjolkan adalah keindahan gemerlap lampu malam kota Purwokerto dari atas,

11. Alun alun Purwokerto

alun alun purwokerto
image by: youtube.com

Mau wisata malam lainnya selain Bukit Bintang? Datang saja ke Alun-alun Purwokerto yang berada di pusat kota.

Tempat wisata di Purwokerto ini menawarkan beragam aktivitas malam yang mengasyikkan, mulai dari menyewa odong-odong, hunting kuliner hingga nongkrong sambil menikmati kopi.

Banyak sekali bukan daftar tempat wisata di Purwokerto yang bisa dikunjungi jika Anda datang ke kota ini? Mana saja nih yang pertama kali ingin Anda kunjungi jika sampai di kota Purwokerto?