9 Tempat Wisata di Palembang Populer yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Palembang
(Foto: Instagram [email protected])

Warta News – Tempat wisata di Palembang memang tidak bisa dipungkiri ada banyak sekali yang benar-benar mempesona dan menarik untuk dikunjungi.

Jika Anda mempunyai rencana untuk pergi ke Palembang, ada baiknya jika Anda mencoba beberapa destinasi wisatanya yang beragam. Banyak sekali tempat-tempat yang menarik dan layak untuk dijelajahi.

Perjalanan ke Palembang, bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan dan pastinya akan sangat memuaskan. Jadi penasaran apa saja nih wisata yang bisa dikunjungi di Palembang? Yuk, coba cek daftar tempat wisata di Palembang yang recommended.

Berikut Tempat Wisata di Palembang yang Populer

Berbicara tentang Palembang sebagai destinasi wisata, memang bisa dibilang kota ini tidak sepopuler Bali atau Yogyakarta yang terkenal memiliki banyak pilihan wisata. Meski demikian, masih ada kok beberapa daftar wisata menarik yang bisa dikunjungi.

Kota ini terkenal sebagai tuan rumah berbagai acara olahraga internasional, seperti Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA) 2011 dan Pesta Olahraga Solidaritas Islam 2013.

Kemudian di tahun 2018, kota Palembang juga menjadi salah satu tuan rumah Asian Games bersama Jakarta.

Fakta bahwa Palembang telah menggelar sejumlah event internasional seharusnya tidak mengherankan karena memang kota ini memiliki sederet destinasi yang menawarkan aktivitas menyenangkan bagi pengunjung.

Berikut beberapa tempat wisata di Palembang yang direkomendasikan bagi Anda yang tertarik menjelajahi permata tersembunyi di kota ini:

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera
(Foto: Instagram [email protected])

Jembatan Ampera adalah salah satu wisata ikoniknya kota Palembang, ya! Jembatan ikonik yang suda ada pada tahun 1962 ini memiliki bangunan yang sangat instagrammable dan menarik sekali.

Bangunannya yang indah ini memakan waktu 3 tahun untuk diselesaikan, jadi tidak heran jika bisa menjadi sebuah jembatan yang ikonik dan menarik.

Selain bisa berfoto-foto dengan jembatan yang instagramable ini, Anda juga bisa lho mengunjungi pasar di dekat Jembatan Ampera.

Ada sebuah pasar terkenal yang menjadi pusatnya berburu buah tangan para wisatawan yang sedang berada di Palembang. Ada juga berbagai warung makan yang menjual berbagai makanan enak khas Palembang.

2. Sungai Musi

Sungai Musi
(Foto: Instagram [email protected])

Wisata selanjutnya yang tidak kalah menariknya dari Jembatan Ampera adalah Sungai Musi.

Siapa sih yang tidak mengenal sungai terpanjang di negara ini? Hampir di setiap pelajaran IPS, pastinya akan selalu membahas sungai Musi ini.

Nah, sungai yang panjangnya hingga 750 km ini wajib sih untuk Anda kunjungi jika sedang berada di Palembang.

Mengapa? Sebab di Sungai Musi ini, Anda bisa menjelajahi wisata kuliner karena ada banyak sekali restoran terapung di sungai ini.

3. Kuto Besak

Kuto Besak
Kemas Ibrani

Kuto Besak sebenarnya merupakan sebuah benteng yang bisa dibilang adalah saksi perjuangan pahlawan dari kota Palembang dalam melawan para penjajah.

Selain mengajak Anda untuk berwisata sejarah, Kuto Besak juga mengajak Anda untuk menjelajahi keindahan pemandangan sungai Musi ketika sore hari.

Jadi, ketika senja tiba, maka dari Kuto Besak ini, Anda bisa saksikan berbagai macam perahu berlayar di sungai terpanjang di kota ini.

Bagi Anda yang mungkin bingung mencari destinasi wisata pada sore hari, benteng Kuto Besak ini wajib sih menjadi salah satu dari daftar tempat wisata di Palembang yang patut dikunjungi.

4. Punti Kayu

Punti Kayu
image by: travelspromo.com

Punti Kayu adalah tempat wisata di Palembang yang merupakan sebuah hutan namun sudah dijadikan sebagai destinasi wisata umum.

Bisa dibilang Punti Kayu ini merupakan satu-satunya hutan wisata yang bisa Anda temukan di kota Palembang ini.

Apalagi, hutan ini juga sangat dekat dengan pusat kota Palembang, yakni hanya sekitar 7 kilometer saja, lhi.

Dengan luasnya yang mencapai 50 hektar, Anda bisa menjelajahi hutan ini untuk melihat koleksi hewan-hewannya, bermain di kolam, taman dan bisa juga lho menunggang kuda.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata Punti Kayu ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk 5.000 saja, murah sekali bukan?

5. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro
(Foto: Instagram [email protected])

Kemaro adalah sebuah wisata berupa pulau yang letaknya ada di tengah-tengah Sungai Musi. Lucu sekali bukan?

Nah, pulau ini adalah destinasi yang paling hits di Palembang. Bagi Anda yang beragama Budha, di pulau ini ada sebuah vihara yang selalu ramai oleh pengunjung yang ingin berdoa dan bersembahyang.

Selain karena ada vihara, pulau ini juga mempunyai pagoda dengan 9 lantai. Selain itu, adapula pohon keramat yang dinamakan ‘pohon cinta’.

Konon, masyarakat di sekitar pulau ini percaya apabila mereka menuliskan namanya dan kekasihnya di pohon keramat ini, maka jalinan kisah asmaranya bisa langgeng dan sampai pernikahan.

6. Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak
(Foto: Instagram [email protected])

Taman Kambang Iwak adalah sebuah tempat wisata di Palembang yang menjadi peninggalan kolonial Belanda.

Zaman dahulu, bangsa Belanda membangun taman ini khusus untuk keluarganya saja. Namun kemudian, taman ini dibangun dan menjadi destinasi wisata Palembang yang terbuka untuk umum.

Banyak sekali wisatawan yang datang ke taman ini, entah untuk sekedar menyaksikan pemandangan, jogging atau berwisata kuliner.

Ya, taman ini dilengkapi dengan banyak sekali fasilitas yang menunjang untuk bermain dan juga hunting kuliner. Anda yang memang suka jalan-jalan di taman, Kambang Iwak bisa menjadi alternatif Anda.

7. Stadion Sriwijaya

Stadion Sriwijaya
(Foto: Instagram [email protected]_utomo)

Ini dia stadion yang menjadi tuang rumah Asian Games 2018 dengan fasilitasnya yang sangat mewah dan lengkap.

Stadion ini adalah yang paling besar ketiga di Indonesia dan mampu menampung hingga 40.000 orang.

Selain karena luas dan fasilitasnya yang lengkap, Stadion Sriwijaya ini juga sudah memiliki taraf internasional.

Jadi, tidak heran ya jika stadion ini sempat menjadi tempat utama perhelatan Asian Games 2 tahun yang lalu di Indonesia.

Nah, Anda yang memang suka hunting street food, di depan stadion Sriwijaya ini ada banyak sekali makanan-makanan kecil yang dijajakan. Selain itu, stadion ini juga sering menjadi tuan rumah dari event-event penting.

8. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah
(Foto: Instagram [email protected])

Tempat wisata di Palembang selanjutnya yang bisa Anda telusuri adalah Lematang Indah Waterfall.

Air terjun ini menjadi destinasi wisata Palembang yang sangat populer karena keindahan dan keasriannya.

Apalagi ketinggian air terjunnya hanya sekitar 40 meter saja. Anda yang suka dengan wisata alam, sangat disarankan untuk mengunjungi wisata satu ini.

Sepanjang perjalanan menuju Lematang Indah, Anda akan disuguhi dengan panorama yang sungguh menakjubkan.

Hanya saja, Anda perlu berhati-hati ketika datang ke wisata ini mengingat tangga untuk menuju ke air terjunnya sangat licin.

Oh ya, untuk masuk ke air terjun Palembang ini, Anda hanya akan dikenai tarif 5.000 rupiah saja, lho!

9. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho
(Foto: Instagram [email protected])

Masjid Cheng Ho merupakan salah satu tempat ibadah yang terbilang unik di Indonesia karena bangunannya merupakan akulturasi dari Islam dan Tionghoa.

Selain digunakan untuk sarana beribadah, Masjid Cheng Ho ini juga dikenal sebagai tempat wisata di Palembang yang paling populer.

Masjid ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik saja, namun juga wisatawan dari berbagai macam negara.

Buat Anda yang mungkin sedang di Sumatera Selatan dan bingung mencari daftar tempat wisata di Palembang, semoga daftar di atas bisa membantu kebingungan Anda semua, ya!