10+ Tempat Wisata di Padang nan Indah dan Keren Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Padang
(Foto: Instagram [email protected])

Warta News – Tempat wisata di Padang kini menjadi semakin banyak dan populer di mata para wisatawan.

Bahkan, tempat-tempat wisata tersebut tidak hanya ramai oleh wisatawan lokal saja, banyak juga turis asing yang menyempatkan diri mampir ke Kota Padang.

Nah, jika Anda tertarik untuk mengeksplor Kota Padang, simak rekomendasi tempat wisata berikut ini.

11 Rekomendasi Tempat Wisata di Padang Rekomendasi Untukmu

Berikut ini adalah beberapa pesona tempat wisata yang menarik untuk dinikmati saat Anda berkunjung ke Padang.

1. Air Terjun Tiga Tingkat

Air Terjun Tiga Tingkat
image by: https://thesagescontemplations.blogspot.com/2016/09/curug-cigangsa-air-terjun-tiga-tingkat.html

Air terjun tiga tingkat merupakan wisata alam yang cukup terkenal seantero Padang. Ya, apalagi kalau bukan karena keindahan alamnya yang masih sangat asri dan sejuk. Lokasinya berada di Desa Cendikar, dan berada di wilayah hutan.

Meski sudah terkenal, namun ternyata tidak semua orang “mampu” datang ke lokasi ini. Hal ini karena medan yang ditempuh sangat terjal dan perlu perjuangan tinggi untuk bisa sampai ke lokasi. Air terjun ini akan lebih cocok untuk Anda yang sangat suka tantangan, termasuk berpetualang di hutan.

2. Pantai Air Manih

Pantai Air Manih
image by: dictio.id

Setelah berwisata di wilayah hutan, mari menuju ke wilayah pantai. Padang memiliki pesona pantai yang begitu menawan, salah satunya yaitu Pantai Aie Manih atau pantai air manis. Pasti Anda sudah tidak asing dengan legenda Malin Kundang bukan? Nah, disinilah legenda itu muncul.

Masyarakat setempat sangat percaya, bahwa batu yang berbentuk mirip orang bersujud di lokasi bibir pantai ini adalah Malin Kundang.

Batu Malin Kundang memang sudah sejak lama menjadi daya tarik paling spesial di pantai ini. Namun jangan salah, pemandangan pantainya juga tetap menawan.

3. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
image by: liputan6.com

Tempat wisata di Padang selanjutnya yaitu Pantai Nirwana. Pantai ini cukup dekat dengan Pelabuhan Teluk Bayur, tepatnya berada sekitar 14 kilometer di sisi selatan Kota Padang.

Pantai ini cukup digemari wisatawan karena lokasinya mudah dijangkau oleh berbagai jenis kendaraan.

Sangat cocok bagi Anda yang ingin mengajak keluarga dan anak-anak untuk berlibur. Timing yang tepat berkunjung di Pantai ini adalah sore hari.

Sembari menyaksikan pesona sunset dan gemerlap lampu sorot dari Teluk Bayur saat hari mulai gelap.

4. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak
image by: ksmtour.com

Masih berbau nuansa pantai, tempat wisata recommended selanjutnya yaitu Pantai Pasir Jambak. Pantai ini cukup dekat dengan pusat kota, Anda hanya butuh waktu sekitar setengah jam saja dengan mengendarai motor roda dua.

Pantai ini disebut-sebut memiliki nuansa yang romantis, terutama saat panorama sunset mulai tiba. Maka tidak heran jika kebanyakan pengunjung pantai ini adalah muda-mudi.

Tapi, pantai tetap asik kok untuk Anda yang sudah berkeluarga, malah akan membuat semakin harmonis bukan?

5. Lembah Anai

Lembah Anai
(Foto: Instagram [email protected])

Masih tentang wisata alam, Kota Padang juga memiliki surga menawan di Lembah Anai. Daya tarik Lembah Anai disini yaitu adanya 3 buah air terjun yang sangat menakjubkan.

Bagaimana tidak, salah satu air terjunnya bahkan memiliki ketinggian hingga 35 meter, fantastis bukan?

Lembah ini bertempat di pinggir jalan trans Sumatera, cukup strategis untuk dijadikan tempat wisata.

Meski mudah dijangkau, tapi lokasi ini cukup jauh jika Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Padang. Setidaknya butuh waktu 2 jam untuk bisa menemukan surga di Padang ini.

6. Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik
image by: koropak.co.id

Sitinjau Lauik merupakan sebuah tempat yang memiliki ketinggian sekitar 1000 mdpl. Tempat ini sering dikenal dengan sebutan Padang Scenic Point. Saat Anda berada di atas Sitinjau Lauik, Anda bisa melihat luasnya Samudera Hindia.

Pemandangan luasnya lautan semakin memukau dengan pesona hijau hutan-hutan di bawah Sitinjau Lauik.

Bisa Anda bayangkan perpaduan warna biru dan hijau di alam luas? Dijamin akan membuat pikiran Anda fresh kembali.

7. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya
image by: https://plesirankotatua.blogspot.com/2017/01/jembatan-siti-nurbaya.html

Bukan hanya pantai dan air terjun saja, Padang juga memiliki jembatan yang cukup ikonik. Tempat wisata di Padang satu ini memang sedikit unik dibanding lainnya.

Salah satu yang menjadi daya tarik yaitu cerita yang melatar belakangi penamaan “Siti Nurbaya”.

Ya, tempat tersebut memang menjadi latar tempat kisah Siti Nurbaya yang populer lewat novel klasik.

Namun tidak hanya itu saja, jembatan ini juga menawarkan panorama yang tidak kalah indahnya.

Terutama saat malam hari, gemerlap lampu-lampu seolah berubah menjadi “kunang-kunang”.

8. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman
image by: upload.wikimedia.org

Sudah segar kembali setelah berwisata di alam? Saatnya menuju tempat wisata yang edukatif, salah satunya yaitu Museum Adityawarman.

Museum yang telah berdiri kokoh sejak tahun 1974 ini juga menjadi salah satu ikon paling terkenal dari Kota Padang.

Museum ini sangat cocok dikunjungi oleh anak-anak atau pelajar. Tujuannya jelas agar mereka bisa mengenal lebih dekat tentang sejarah.

Pasalnya disana terdapat banyak benda-benda bersejarah yang memiliki latar belakang cerita yang berbeda-beda. Seru sekali bukan belajar sejarah sambil berwisata?

9. Miniatur Makkah

miniatur makkah padang
image by: ksmtour.com

Rupanya Kota Padang juga menawarkan tempat wisata yang religius. Tempat wisata di Padang yang satu ini cukup menarik untuk dikunjungi, yakni Miniatur Makkah.

Apa saja isinya? Sesuai namanya, jelas bahwa tempat ini merupakan “duplikat” Kota Mekkah tapi dalam bentuk lebih kecil.

Tempat ini mulai dibangun sejak 2010 dan berlokasi di Lubuk Minturun. Tempat ini sering digunakan sebagai tempat latihan haji bagi para calon jamaah haji.

Eits tunggu dulu, meski termasuk wisata religi, di dalamnya ada koleksi beberapa binatang, loh! Cocok untuk dikunjungi anak-anak.

10. Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan
image by: https://udaindra.blogspot.com/2016/07/alam-minangkabau-hoping-island-pulau.html

Ingin berwisata yang lebih menantang? Mungkin snorkeling salah satu jawabannya. Salah satu tempat yang cocok untuk snorkeling yaitu di perairan Pulau Pamutusan.

Pulau kecil ini mulai dikenal luas oleh wisatawan, baik lokal maupun asing. Selain daratannya yang indah, Pulau ini juga punya sederet pantai.

Pantai-pantai di Pulau Pamutusan memang seolah tiada duanya. Tidak hanya pesona daratnya saja, pesona bawah air nya juga tidak kalah, loh!

Anda bisa snorkeling dengan melihat keindahan terumbu karang yang sangat alami serta ikan-ikan lucu di dalamnya.

11. Danau Biru

Danau Biru
image by: federaloil.co.id

Tempat wisata di Padang berikutnya yang juga cukup segar disinggahi yaitu Danau Biru. Danau ini sebenarnya merupakan bekas galian tambang.

Namun karena cukup dalam, maka tempat ini mampu menampung air yang cukup banyak dan terbentuklah sebuah danau.

Tempat ini mulai menjadi tempat wisata karena ternyata air yang ada di dalamnya berwarna biru cerah yang sangat mempesona.

Pesonanya semakin indah karena di sekitarnya dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Wah sungguh tempat yang pas untuk menenangkan diri ya?

Sudah menentukan pilihan tempat wisata mana dulu yang akan dikunjungi? Apapun tempat wisata di Padang pilihan Anda, pastikan Anda merencanakan perjalanan dengan baik ya!

Jangan lupa ajak keluarga atau sahabat agar wisata Anda lebih seru dan menyenangkan. Satu lagi, jika Anda berasal dari luar kota, pastikan selalu menjaga adab terhadap lingkungan sekitar. Selamat berlibur di Padang!