11 Tempat Wisata di Mojokerto Populer yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Mojokerto
image by: jawapos

Warta News – Tempat wisata di Mojokerto mana yang sudah pernah Anda kunjungi? Jika Anda seorang traveller harusnya sudah hafal tempat-tempat wisata disana.

Tapi jika Anda bukan traveller tapi ingin merencanakan perjalanan wisata, sebaiknya simak dulu artikel ini. Berikut ini beberapa tempat wisata yang sayang jika tidak dikunjungi.

11 Rekomendasi Tempat Wisata di Mojokerto

Mojokerto merupakan sebuah kabuoaten di Jawa Timur. Meski tidak sebesar Surabaya atau Malang, namun ternyata kota ini menyimpan banyak surga yang patut untuk Anda kunjungi.

Selain wisata alam, Mojokerto juga kaya akan tempat wisata berupa bangunan-bangunan sejarah. Berikut rekomendasinya:

1. Kolam Segaran

Kolam Segaran
(Foto: Instagram [email protected]_ady)

Kolam ini berlokasi di Kecamatan Trowulan. Kolam ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit yang masih kokoh.

Kolam ini berukuran 325 x 175 meter, dengan kedalaman hampir 3 meter. Banyak pakar yang berpendapat bahwa dulunya kolam ini digunakan untuk irigasi.

Objek wisata ini cukup ramai dikunjungi, namun karena ini kolam alami maka kondisi air tidak selalu baik.

Terkadang kolam ini menjadi kering akibat musim kemarau. Jadi, sebelum Anda datang sebaiknya pastikan dulu bahwa kolam ini ada airnya agar wisata Anda semakin menyenangkan.

2. Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang
(Foto: Instagram [email protected])

Masih berlokasi di Kecamatan Trowulan, tempat wisata berikutnya yaitu Candi Wringin Lawang.

Candi ini juga termasuk salah satu dari peninggalan Kerajaan Majapahit. Candi ini disebut juga sebagai pintu gerbang menuju singgasana Kerajaan Majapahit.

Candi ini terbuat dari batu bata merah di seluruh sisi-sisinya. Pondasi bawahnya berbentuk persegi, kemudian atapnya berbentuk seperti piramida bersusun.

Kata Wringin Lawang sendiri berarti “pintu beringin”, konon dulunya ada pohon beringin di sebelah gapura ini.

3. Museum Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3)

Museum Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala
image by: ksmtour.com

Masih berkaitan dengan sejarah, tempat wisata selanjutnya yaitu Museum Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala.

Tempat wisata ini cocok untuk dijadikan wisata edukasi, khususnya bagi anak-anak. Museum ini berisi benda-benda bersejarah peninggalan masa Kerajaan zaman dulu.

Selain benda-benda kecil, di dalam Museum juga banyak terdapat arca-arca yang sangat bersejarah. Meski menarik untuk dikunjungi, namun sayangnya pengelola Museum ini tidak mengijinkan pengunjungnya memotret apapun di dalam Museum.

4. Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu
(Foto: Instagram [email protected])

Masih di wilayah yang sama yaitu Trowulan, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata Candi Bajang Ratu.

Candi ini dibangun dengan material bata merah, dimensi ukurannya yaitu 11,5 x 10,5 x 16,5 meter. Lorong pintu untuk jalan masuk memiliki lebar 1,4 meter.

Candi ini berada di tengah taman hijau yang sangat asri, maka tidak heran jika tempat wisata ini cukup ramai dipadati pengunjung.

Selain untuk rekreasi, Candi Bajang Batu yang berbentuk gapura ini juga difungsikan sebagai pintu masuk para peziarah.

5. Candi Brahu

Candi Brahu
(Foto: Instagram [email protected]_)

Candi Brahu juga termasuk salah satu tempat wisata di Mojokerto yang harus Anda kunjungi. Candi ini disebut sebagai candi tertua yang ada di sekitar wilayah Trowulan.

Candi yang berdiri kokoh ini bukanlah bentuk utuh atau asli, hal ini karena candi ini sudah beberapa kali mengalami restorasi.

Dimensi ukuran candi ini yaitu sekitar 20 meter untuk tingginya, dan 22,5 x 18 meter untul luasnya.

Anda cukup membayar tiket masuk sebesar 3000 rupiah saja untuk bisa menikmati eksotisnya Candi yang bercorak agama Budha ini.

6. Candi Tikus

candi tikus
candi tikus (Foto: Instagram [email protected])

Candi yang satu ini juga merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Penamaan “Tikus” berawal dari tahun 1914, saat itu warga setempat sering mengalami gagal panen akibat serangan tikus. Rupanya tikus-tikus tersebut bersarang di sebuah gundukan di bawah tanah.

Setelah warga setempat tahu markas tikus tersebut, maka gundukan pun dibongkar. Namun ternyata, di dalam gundukan tanah justru ada Candi yang berdiri kokoh.

Konon, Candi ini dulunya difungsikan sebagai tempat pemandian dan upacara adat. Hal ini dilihat dari bentuk Candi yang mirip kolam.

7. Makam Troloyo

Makam Troloyo
image by: jurnalmojo.com

Makam Troloyo terletak di Trowulan, tepatnya di Kompleks Pemakaman Desa Sentonorejo. Tempat ini memiliki istilah lain yaitu Kooboran Plataharan, istilah ini dikutip dari buku “Live in Java” karangan William Barrington d’Almeida. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi peziarah muslim.

Pasalnya di dalamnya terdapat makam ulama besar, yaitu kakek dari Walisongo. Meski termasuk pemakaman muslim sejak zaman Majapahit, namun makam ini hanya diperuntukkan orang muslim yang masih memiliki silsilah dengan Majapahit.

8. Mahavihara Majapahit (Patung Budha Tidur)

Mahavihara Majapahit
image by: http://faidanovian.blogspot.com/2016/08/mahaviara-majapahit.html

Tempat wisata di Mojokerto lainnya yang tidak kalah menarik yaitu Patung Budha Tidur dengan warna kuning emas yang mewah.

Patung ini diklaim sebagai patung Budha terbesar ketiga di wilayah Asia Tenggara. Lokasi patung ini ada di dalam kompleks Mahavihara Majapahit.

Patung ini juga dikelilingi taman yang indah, jadi sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang menarik.

Tiket masuknya cukup murah, yaitu 5.000 untuk desa, dan 3.000 rupiah untuk anak-anak. Meski setiap hari buka, namun saat ada acara keagamaan tempat ini akan ditutup untuk umum.

9. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung
image by: travelspromo.com

Setelah puas mengunjungi situs bersejarah, saatnya Anda melepas penat dengan mengunjungi tempat wisata alam, salah satunya yaitu Air Terjun Dlundung.

Air terjun ini berada di wilayah pegunungan, sehingga masih dipenuhi suasana sejuk khas alam.

Saat pagi hari, lokasi ini sering dipenuhi kabut yang cukup dingin. Pesona air terjun yang indah ini bisa Anda nikmati dengan harga tiket masuk sebesar sekitar 10 ribu hingga 13 ribu rupiah.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendirikan perkemahan dengan membayar 18 ribu rupiah kepada pengelola.

10. Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Canggu
image by: https://www.pikniktoday.com/2019/07/air-terjun-coban-canggu.html

Ada lagi tempat wisata di Mojokerto berupa air terjun, yaitu Coban Canggu. Air terjun ini mengalir deras dengan sangat mempesona, ketinggiannya mencapai 80 meter. Kolam di bawahnya juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat pemandian.

Air terjun ini masih berjarak sekitar 600 meter dari pintu masuk atau tempat parkir. Namun beruntung, jalan menuju lokasi sudah berbentuk tangga, sehingga sudah lebih mudah untuk dilalui. Tiket masuknya cukup murah yaitu 7000 untuk hari biasa, dan bisa mencapai 10 ribu saat hari raya.

11. Api Abadi Bekucuk

Api Abadi Bekucuk
image by: idntimes.com

Sesuai namanya, “Api Abadi” merupakan api yang tidak pernah padam. Bahkan, api ini disebut-sebut sudah ada sejak masa Kerajaan Majapahit.

Warga setempat percaya, disinilah tempat dimana rakyat Majapahit menempa berbagai senjata.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi lokasi ini yaitu saat hari mulai gelap. Api akan semakin terlihat jelas pada malam hari.

Lokasi api ini juga dekat dengan makam kuno. Makam tersebut dianggap keramat oleh warga setempat.

Mengunjungi berbagai tempat wisata di Mojokerto tentu tidak hanya membuat pikiran Anda kembali fresh.

Lebih dari itu, wawasan Anda akan semakin bertambah karena telah mengetahui sejarah-sejarah besar di Indonesia, khususnya di wilayah Mojokerto.

Jangan lupa ajak keluarga dan anak-anak agar mereka tidak lupa dengan “nenek moyang” yang sangat berjaya pada masanya.