12 Tempat Wisata di Lampung yang Indah untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Lampung
(Foto: Instagram [email protected]_geh)

Warta News – Tempat wisata di Lampung memang ada banyak sekali dan bermacam-macam jenisnya.

Provinsi Lampung sendiri memiliki banyak tempat wisata yang ditawarkan, mulai dari wisata bahari hingga taman nasional.

Secara geografis Provinsi Lampung terletak di ujung selatan Pulau Sumatera dan tidak terlalu jauh dari Jakarta.

Anda hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk menyeberang dari Pelabuhan Merak di Jawa menuju Pelabuhan Bakauheni di Sumatera.

Tempat Wisata di Lampung Rekomendasi Untukmu

Jadi, tidak heran jika Lampung menjadi salah satu destinasi utama para wisatawan dari luar kota. Penasaran ada wisata apa saja yang bisa ditemukan di Lampung?

1. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih
image by: infolpg.com

Pantai Pasir Putih adalah tempat wisata di Lampung yang paling populer dan terletak 15-20 kilometer dari Bandar Lampung.

Pantai ini merupakan tujuan yang paling banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang memang dekatan dengan ibu kota provinsi.

Seperti namanya, tempat ini memberikan pemandangan laut berwarna kebiruan dan pantai berpasir putih.

Pantai ini biasanya ramai dikunjungi orang pada akhir pekan atau saat libur nasional, sehingga jika libur tiba, diperkirakan akan lebih banyak pengunjung yang datang selama musim liburan ini.

2. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan
(Foto: Instagram [email protected])

Teluk Kiluan adalah juga menjadi salah satu tujuan paling terkenal di Lampung karena menawarkan pengalaman unik kepada pengunjungnya yang datang.

Apa sih keunikan wisata ini? Ya, di Teluk Kiluan ini, Anda bisa menyaksikan lumba-lumba berenang bebas di lautan.

Sayangnya, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata ini jika ingin menyaksikan atraksi lumba-lumba.

Nah, waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba di Teluk Kiluan sendiri adalah antara bulan April hingga September, atau saat musim kemarau.

3. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas
(Foto: Instagram [email protected]__saputra)

Siapa sih yang tidak mengenal Taman Nasional Way Kambas yang merupakan taman nasional terkenal di Indonesia?

Taman ini fokus pada pelestarian dan pelatihan gajah. Selain gajah, tempat wisata di Lampung ini juga menjadi rumah bagi beberapa satwa langka, seperti harimau Sumatera dan badak Sumatera.

Lokasi wisata ini hanya berjarak dua jam perjalanan dari pusat kota Bandar Lampung. Untuk mencapai taman nasional ini, Anda harus memiliki izin dari gerbang masuk.

Nantinya, di taman ini, Anda akan melihat berbagai pertunjukan gajah seperti sepak bola gajah, pengalaman menunggang gajah, dan aktivitas lainnya. Cocok sekali mengajak keluarga ke taman nasional Lampung ini.

4. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang
(Foto: Instagram [email protected])

Bisa dibilang Pulau Pahawang ini adalah surganya wisatawan yang hobi snorkeling. Ya, bagi para Anda yang suka snorkling, Pulau Pahawang ini adalah wisata yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya.

Di Pulau Pahawang ini, Anda bisa menyaksikan aneka jenis karang warna-warni yang indah dan juga berbagai makhluk lautnya yang lucu. Oh, ya pulau ini terbagi menjadi dua wilayah ya, Pahawang besar dan Pahawang kecil.

5. Menara Siger

menara siger
(Foto: Instagram [email protected])

Menara Siger adalah tempat wisata di Lampung berupa sebuah bangunan berwarna kuning yang berdiri di atas bukit yang menjadi ikonnya kota Lampung. Menara ini menandai titik nol di Sumatera bagian selatan.

Untuk memasuki situs wisata ini, Anda perlu membayar sedikit biaya untuk tiket parkir dan tiket masuk. Baru setelah itu, Anda bisa bebas berburu spot foto yang unik di Menara Siger ini.

6. Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu
(Foto: Instagram [email protected])

Terletak di Way Kanan, Air Terjun Putri Malu merupakan tempat wisata di Lampung yang kurang terkenal, padahal pemandangan di air terjun ini indah sekali.

Dinamakan Putri Malu karena berasal dari bentuk air terjunnya yang terlihat bengkok sehingga terlihat pemalu.

Air terjun ini bisa dibilang sangat tinggi, mencapai hingga 80 meter. Air Terjun Putri Malu ini sering sekali dikunjungi oleh para pecinta alam yang suka berenang dan juga hunting foto.

7. Gunung Krakatau

gunung krakatau
image by: wisato.id

Gunung Krakatau berada di Selat Sunda, dan menjadi sebuah wisata vulkanik yang menawarkan pemandangan gunung lautan yang megah.

Destinasi wisata Gunung Krakatau sendiri ini paling terkenal dengan letusannya pada tahun 1883 dan kini menjadi kawasan pelestarian alam. Untuk mengunjunginya, Anda perlu meminta izin dari Balai Konservasi Lampung.

8. Taman Wisata Lembah Hijau

Lembah Hijau
(Foto: Instagram [email protected])

Dengan lahan seluas 30 hektar, Taman Wisata Lembah Hijau adalah salah satu tempat wisata di Lampung yang sangat direkomendasikan jika Anda mengunjungi provinsi ini.

Destinasi wisata ini terdiri dari taman rekreasi, taman air, dan kebun binatang mini yang cocok sekali dikunjungi bersama keluarga.

Untuk masuk ke Taman Wisata Lembah Hijau, Anda hanya perlu membayar biaya masuk Rp 10.000 saja lho.

Hanya saja untuk masuk ke taman air atau kebun binatang mininya, Anda perlu membayar lagi Rp 35.000.

9. Pantai Tanjung Setia

pantai tanjung setia
(Foto: Instagram [email protected]_)

Pantai Tanjung Setia menjadi alternatif tempat wisata di Lampung yang bagus untuk para peselancar.

Berada di sisi barat Lampung, pantai ini dikatakan memiliki salah satu ombak terbaik di dunia. Jadi bagi Anda yang hobi berselancar, datanglah ke pantai ini.

Hanya saja, lokasi pantai ini terbilang cukup jauh, mencapai 270 kilometer dari Bandar Lampung atau sekitar enam jam perjalanan dengan menggunakan mobil.

10. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo
(Foto: Instagram [email protected]_75)

Anda yang mencari destinasi wisata sejarah, datang saja ke Taman Purbakala Pugung Raharjo. Sesuai dengan nama wisatanya, tempat wisata di Lampung ini terletak di Desa Pugung Raharjo, atau 52 kilometer dari Bandar Lampung.

Nah, taman purbakala ini menyimpan berbagai peninggalan bersejarah dari masa lalu, seperti makam dan altar batu. Anda yang suka dengan wisata sejarah, taman ini cocok sekali untuk Anda kunjungi.

11. Bukit Klutum

Bukit Klutum
(Foto: Instagram [email protected])

Bukit Klutum adalah destinasi wisata yang bisa Anda temukan di Kota Bandar Lampung. Awalnya bukit ini adalah hutan kota, hanya saja hutan ini telah rusak akibat penambangan.

Hingga kemudian hutan kota ini berubah menjadi sebuah bukit dan dinamakan Bukit Klutum.

Di Bukit Klutum ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan kota yang luar biasa megah dan indah.

Wisata yang berada di Tanjung Karang Timur ini juga mudah sekali untuk diakses karena hanya berjarak 12 menit saja lho, dari bandara.

Untuk mengunjungi Bukit Klutum, Anda harus berhati-hati ya karena medannya yang cukup tinggi.

12. Alam Mawai

Alam Mawai
image by: bukalapak.com

Alam Wawai adalah sebuah tempat wisata di Lampung yang menawarkan fasilitas camping ground dan amphitheatre.

Jadi, buat Anda yang ingin sekali berkemah bersama teman-teman, datang saja ke Alam Mawai ini karena wisatanya sangatlah menarik untuk dikunjungi.

Jika Anda tidak membawa tenda, tenang saja! Wisata Alam Mawai menawarkan fasilitas sewa tenda yang bisa Anda manfaatkan untuk bermalam bersama teman-teman.

Selain cocok untuk dijadikan sebagai berkemah, Alam Wawai ini juga wisata yang menarik jika Anda ingin melihat kota Bandar Lampung dari atas.

Kira-kira, dari sekian tempat wisata di Lampung, manakah wisata yang paling menarik minat Anda untuk mengunjunginya?