9 Tempat Wisata di Bukittinggi Populer yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Bukittinggi
image by: [email protected]

Warta News – Tempat wisata di Bukittinggi mana saja nih yang sudah Anda kunjungi? Atau jangan-jangan belum ada satupun tempat wisata yang Anda kunjungi di kota ini?

Wah, jika Anda hendak berkunjung ke Bukittinggi namun belum tahu destinasi mana saja untuk dikunjungi, tenang saja! Di bawah ini ada beberapa rekomendasi destinasi wisata yang tepat untuk tujuan Anda berwisata, mana saja?

9 Rekomendasi Tempat Wisata di Bukittinggi Untukmu

Kota Bukittinggi adalah tempat yang sempurna untuk tujuan wisata ketika Anda mengunjungi provinsi Sumatera Barat.

Lokasi kota ini cukup strategis karena berada di tengah kota sehingga memungkinkan Anda untuk menjangkau banyak tempat wisata di Sumatera Barat.

Bukittinggi juga menjadi salah satu tempat favorit orang-orang untuk berwisata rekreasi karena mudahnya menemukan akomodasi di tempat ini.

Anda bisa mudah bepergian dari satu tempat ke tempat lain karena kota ini sudah dilengkapi dengan transportasi umum yang super lengkap. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Bukittinggi:

1. Danau Maninjau

Danau Maninjau
image by: [email protected]

Danau Maninjau merupakan kawasan danau yang dikelilingi dengan kawah besar dan ada pemukiman desa di sekitarnya.

Danau ini terbentuk akibat letusan gunung berapi sekitar 52.000 tahun lalu. Luas danau ini mencapai 99,5 km dengan kedalaman rata-rata 105-165 meter.

Danau Maninjau juga dekat objek wisata populer seperti sungai Antokan yang terletak di sisi barat danau.

Selain bisa menyaksikan keindahan danau dan kawahnya, Anda bisa menikmati aktivitas lainnya seperti trekking, paralayang, bersepeda atau berenang di sini. Nah, untuk masuk ke danau ini tidak dipungut biaya, ya! Gratis!

2. Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung
image by: Yozi A Pranata

Istana Basa Pagaruyung merupakan destinasi wisata sejarah yang menjadi ikonnya provinsi Sumatera Barat.

Istana ini berbentuk rumah gadang khas Padang dengan konstruksi bangunan terbuat dari kayu seluruhnya.

Adapula berbagai ukiran-ukiran yang indah di rumah khas provinsi Sumatera Barat ini. Jika Anda sering makan nasi Padang, pasti tidak asing dengan konsep rumah gadang ala Padang ini.

Nah, meski memiliki konstruksi rumah gadang, Istana Basa Pagaruyung tentunya sangat mewah dan luas, ya! Sebagaimana namanya, istana!

Objek wisata sejarah ini mempunyai 5 susun atap dan terdiri dari 3 lantai. Sebelum bagus dan mewah, istana ini ternyata pernah mengalami kebakaran pada tahun 2007. Untungnya, Istana Basa Pagaruyung bisa kembali direnovasi dan bisa dikunjungi kembali.

3. Puncak Lawang

Puncak Lawang
image by: [email protected]

Puncak Lawang merupakan sebuah bukit yang dikelilingi oleh pohon pinus. Di tempat wisata ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan dari ketinggian yang sangat indah.

Pemandangan dari Puncak Lawang sangat spektakuler dan Anda tidak boleh melewatkan waktu untuk memotretnya.

Di tempat wisata ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan Danau Maninjau yang sangat mempesona.

Sambil menikmati pemandangan dari atas bukit, Anda bisa memesan kopi atau camilan khas Bukittinggi.

Perjalanan wisata Anda tidak akan terlupakan ketika sudah mengunjungi wisata populer di kota Bukittingi ini.

4. Jam Gadang

Jam Gadang
image by: [email protected]

Sama halnya dengan Istana Basa Pagaruyung, Jam Gadang juga bisa dibilang merupakan ikonnya kota Bukittinggi.

Dinamakan dengan Jam Gadang karena memang jam yang berada di pusat kota Bukittinggi memiliki ukuran yang sangat besar. Ya, gadang dalam Bahasa Indonesia artinya adalah besar.

Jadi, jangan heran jika ketika mengunjungi tempat wisata ikonik ini Anda menyaksikan jam dengan ukuran raksasa.

Hal ini dikarenakan Jam Gadang memiliki tinggi hingga 26 meter. Jam ini sudah lama dibangun di kota Bukittingi, sekitar tahun 1826.

Jam raksasa ini merupakan hadiah yang diberikan oleh Ratu Belanda untuk pemerintah saat itu.

Jika di Paris ada Menara Eiffel yang wajib untuk dikunjungi, maka di Bukittingi memiliki Jam Gadang yang juga tidak kalah wajibnya untuk Anda kunjungi jika berada di kota ini.

5. Museum Kediaman Mohammad Hatta

Museum Kediaman Mohammad
image by: upload.wikimedia.org

Tempat wisata di Bukittinggi yang juga tidak boleh Anda lewatkan selanjutnya adalah kediaman Mohammad Hatta.

Sebagai bangsa Indonesia yang mencintai sejarah, Anda pastinya tidak asing dengan wakil presiden Republik Indonesia ini bukan?

Ya, Mohammad Hatta adalah warga asli Bukittinggi karena ia lahir di kota ini. Kediamannya di Bukittinggi direnovasi menjadi sebuah museum untuk mengenang bagaimana perjuangan beliau dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini.

Museum ini memiliki dua lantai dan diisi dengan beberapa artefak miliki wakil presiden pertama Indonesia ini. Untuk bisa masuk ke rumah bersejarah ini, Anda tidak akan dikenakan biaya masuk, kok!

6. Lembah Ngarai Sianok

Lembah Ngarai Sianok 9 Tempat Wisata di Bukittinggi Populer yang Wajib Anda Kunjungi
image by: pegipegi.com

Lembah Ngarai Sianok merupakan tempat wisata di Bukittinggi yang sangat populer karena keindahannya.

Di destinasi wisata ini, Anda akan menyaksikan pemandangan yang sangat mempesona dan membuat Anda sangat terkagum-kagum.

Di Lembah Ngarai Sianok, Anda bisa menyaksikan sungai yang mengalir dan juga tebing-tebing curam yang indah.

Sejenak, Anda akan terbuai menyaksikan atmosfir alam yang luar biasa ketika mengunjungi Lembah Ngarai Sianok.

Oh ya, di tempat wisata alam ini juga terdapat satwa-satwa liar yang berkeliaran, lho! Tidak perlu takut karena satwa liar ini tidak buas!

Beberapa satwa yang bisa Anda jumpai di Lembah Ngarai Sianok adalah babi hutan, monyet, siamang, burung, rusa dan masih banyak lagi.

7. Bukik Takuruang

Bukik Takuruang
image by: winnyradc.files.wordpress.com

Bukik Takuruang merupakan tempat wisata di Bukittinggi yang hits dan viral belakangan ini. Bukik Takuruang merupakan hidden gem-nya kota Bukittinggi.

Sesuai dengan namanya jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, Bukik Takuruang berarti bukit yang tersembunyi.

Di destinasi wisata alam ini, Anda bisa menyaksikan panorama yang sangat menakjubkan dan ada banyak sekali spot foto yang indah untuk hunting foto.

Anda yang suka sekali mencari spot foto instagrammable, Bukik Takuruang adalah destinasi wisata yang sangat cocok untuk And kunjungi.

8. Janjang Saribu

Janjang Saribu
image by: https://jejak-kenzie.blogspot.com/2019/03/janjang-saribu-bukittinggi.html

Mau cari spot foto yang instagrammable di Bukittinggi selain Bukik Takuruang? Tenang! Masih ada lagi spot wisata lainnya yang tidak kalah unik dan mempesona dari Bukik Takuruang, namanya Janjang Saribu.

Nah, tempat wisata ini jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah tangga seribu. Ikon dari tempat wisata ini adalah tangganya yang sangat panjang namun unik, cocok untuk dijadikan spot foto.

Jika disaksikan dari jauh, sekilas Janjang Saribu ini hampir mirip dengan destinasi wisata di negeri Tirai Bambu, yakni Great Wall.

9. Kebun Binatang Bukittinggi

Kebun Binatang Bukittinggi
image by: inioke.com

Bagi Anda yang berwisata membawa keluarga, terutama anak-anak, Anda bisa mengunjungi Kebun Binatang Bukittinggi. Kebun binatang ini sebenarnya mempunyai nama Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan.

Namun, masyarakat sekitar lebih suka menyebutnya Kebun Binatang Bukittinggi karena lebih singkat dan mudah untuk diucapkan.

Tempat wisata di Bukittinggi satu ini mempunyai kolekso hewan yang cukup banyak. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan sebuah rumah adat khas Padang yang sangat menarik.

Jika Anda berencana untuk datang ke Bukittinggi, jangan lupakan 9 destinasi wisata terpopuler yang ada di atas.

Banyak orang yang mengunjungi tempat wisata di Bukittinggi ini karena keindahannya dan keunikannya. Jadi, jangan sampai dilewatkan, ya!