8 Tempat Wisata di Binjai yang Populer dan Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Binjai
image by: tempatwisata.pro

Warta News – Tempat wisata di Binjai apa nih yang sudah Anda kunjungi? Atau jangan-jangan Anda belum pernah berkunjung ke kota yang terletak di Sumatera Utara nih?

Wah, jika Anda memiliki rencana untuk bepergian ke provinsi Sumatera Utama, sepertinya Anda perlu untuk menjadikan Binjai ini sebagai daftar kota yang wajib Anda kunjungi nantinya.

Di Binjai, ada banyak sekali destinasi wisata alam, sejarah dan wisata keluarga yang bisa melengkapi liburan Anda.

Jadi penasaran apa saja destinasi di kota Binjai yang bisa Anda kunjungi? Cek yuk daftarnya di bawah ini.

Tempat Wisata di Binjai Rekomendasi Untukmu

Binjai merupakan salah satu kota yang letaknya ada di Kabupaten Langkat. Kota ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang mempesona dan siap mengisi waktu tamasya Anda, apa saja ya tempat wisata di Binjai?

1. Batu Katak

Batu Katak
(Foto: Instagram [email protected]_app)

Nama wisata satu ini memang agak aneh ya, Batu Katak. Meski nama wisatanya aneh, namun tidak dengan suasana wisatanya, ya! Batu Katak adalah destinasi wisata pemandian alam yang memiliki aliran air sangat sejuk dan menyegarkan.

Banyak sekali wisatawan yang datang ke tempat wisata ini untuk mandi sekaligus merefresh penat.

Suasana alamnya yang masih sangat asri dan kualitas airnya yang begitu jernih membuat Pemandian Batu Katak banyak dikunjungi.

Untuk bisa mandi di tempat wisata ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5000 rupiah saja, lho! Murah sekali bukan?

2. Tangkahan Langkat

Tangkahan Langkat
(Foto: Instagram [email protected]_kelapahijau)

Masih bertema wisata yang sama, ada juga pemandian yang tidak kalah asyiknya untuk Anda kunjungi jika datang ke Binjai, yakni Tangkahan Langkat.

Ada yang mengatakan bahwa pemandian adalah surga tersembunyinya Sumatera. Wah, seperti apa sih keindahannya?

Ya, wisata Tangkahan Langkat ini disebut surga tersembunyinya provinsi Sumatera Utara karena keindahannya tersohor hingga ke turis mancanegara.

Air di pemandian ini juga masih jernih dan tempatnya pun bersih. Suasana alam di Tangkahan Langkat masih sangat natural, tidak heran jika udara di tempat wisata ini masih menyejukkan.

Selain menyajikan wisata pemandian, tempat wisata di Binjai satu ini juga menyajikan sebuah atraksi gajah yang seru.

Jika Anda ingin sekali naik gajah, tenang saja! Ada pemandunya yang bisa membantu Anda bereksplorasi dengan gajah-gajah di Tangkahan Langkat.

Menariknya, bagi Anda yang ingin menginap di tempat wisata ini, ada banyak sekali penginapan yang tersedia di sekitar Tangkahan Langkat.

3. Ovany Water Park

Ovany Water Park
(Foto: Instagram [email protected])

Kalau destinasi wisata ini, Anda juga bisa bermain-main dengan air, namun konsep wisatanya berbeda dengan 2 wisata sebelumnya, ya!

Meski mengajak Anda bermain air, Ovany Water Park ini merupakan wisata yang cocok untuk keluarga yang ingin menghabiskan liburan bersama.

Tempat wisata ini merupakan waterpark dengan kolam renang yang luas dan beberapa wahana permainan air yang mengasyikkan.

Hanya saja, wahana permainan di tempat wisata ini masih kurang begitu lengkap. Anda hanya bisa menemukan seluncuran air untuk bermain di kolam renang anak.

Nah, untuk bisa masuk ke Ovany Water Park, Anda bisa membayar tiket masuk sebesar 35.000 rupiah.

4. Air Terjun Jodoh Semelir

Air Terjun Jodoh Semelir
image by: https://www.pariwisatasumut.net/2014/11/air-terjun-jodoh-pamah-simelir-langkat.html

Mungkin Anda pernah tahu tentang Taman Nasional Gunung Leuser di Binjai, namun Anda mungkin tidak menyadari bahwa ada sebuah air terjun indah yang tersembunyi di taman nasional ini. Ya, nama air terjun yang sangat indah ini adalah Jodoh Semelir.

Untuk bisa menjelajahi tempat wisata di Binjai satu ini, Anda harus masuk terlebih dahulu ke dalam taman nasionalnya dan menjelajahi hutan.

Meski perjalanan untuk menemukan air terjun ini cukup menyulitkan, namun kesulitan dan kelelahan yang Anda rasakan akan langsung lunas terbayar setelah menyaksikan indahnya Air Terjun Jodoh Semelir ini.

Namun bagi wisatawan yang tidak terbiasa dengan hiking, sangat tidak disarankan untuk menjelajahi air terjun ini, ya!

Mengingat dengan medan perjalanannya yang cukup menyeramkan, maka ada baiknya jika Anda tidak datang ke tempat wisata ini jika belum terbiasa dengan hiking.

5. Air Terjun Pelaruga

Air Terjun Pelaruga 8 Tempat Wisata di Binjai yang Populer dan Wajib Anda Kunjungi
(Foto: Instagram [email protected]_2you)

Satu lagi nih wisata air terjun yang tidak kalah indahnya dengan Jodoh Semelir, yakni ada Pelaruga.

Dinamakan Pelaruga sendiri karena memang air terjun ini dikelola oleh sebuah komunitas wisata di desa Rumah Galuh, Langkat.

Jadi, komunitas ini membentuk pemandu alam dan dinamakan Pemandu Alam Rumah Galuh atau Pelaruga.

Sehingga jika Anda ingin sekali berkunjung ke tempat wisata ini, diwajibkan untuk menyewa pemandu yang sudah disediakan di objek wisata.

Tempat wisata di Binjai ini tidak hanya terkenal dengan keindahan air terjunnya saja, namun juga pemandiannya yang terkenal sangat jernih.

Bahkan, saking jernihnya air di pemandian wisata ini, ikan-ikan juga terlihat dengan jelas. Untuk bisa mandi di Air Terjun Pelaruga, Anda diwajibkan menggunakan pelampung. Tenang saja, harga pemandu dan pelampung sudah termasuk dengan paket wisata.

6. Air Terjun Siluman

Air Terjun Siluman
image by: awsimages.detik.net.id

Mendengar kata siluman, mungkin Anda jadi ngeri dan berpikir dua kali untuk datang ke tempat wisata ini.

Namun, tenang saja! Kata siluman pada penamaan air terjun ini tidak memiliki makna negatif terhadap kehadiran tempat wisata di Binjai satu ini, kok. Air Terjun Siluman memiliki sebuah pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Nah, dinamakan “Siluman” sendiri karena air yang mengalir di air terjun ini cukup aneh. Saat ini Anda mungkin melihat aliran airnya sangat deras, namun beberapa menit kemudian tidak ada air yang mengalir, hilang seperti siluman. Jadi, itulah asal muasal mengapa air terjun yang indah ini akhirnya dinamakan dengan Siluman.

7. Pulau Sembilan

Pulau Sembilan
image by: labuanbajotour.com

Jika Anda ingin menghabiskan liburan dengan menyaksikan wisata alam yang indah dan memukau, maka Anda bisa mengunjungi Pulau Sembilan.

Di pulau ini, Anda bisa melihat beragam tanaman mangrove yang hijau dan asri. Anda yang ingin sekali bermain pantai, Pulau Sembilan juga terdapat pantai dengan pasir putihnya yang sangat lembut.

Banyak yang menyebutkan bahwa sebenarnya Pulau Sembilan ini dijadikan sebagai wisata bahari utama di Binjai. Jadi, bagi Anda yang hendak ke Binjai, wisata Anda tidak akan lengkap tanpa bertamasya ke Pulau Sembilan ini.

8. Bukit Lawang

Bukit Lawang
image by: https://www.pariwisatasumut.net/2019/03/bukit-lawang-di-bahorok-sumatera-utara.html

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini berada di kawasan perbukitan atau tepatnya ada di Bahorok, Langkat.

Dari atas tempat wisata ini, Anda bisa menyaksikan keindahan kota Binjai dilengkapi dengan suasana alamnya yang begitu menenangkan.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan beberapa orang utan yang hidup di tempat wisata ini. Ya, tempat wisata Bukit Lawang sendiri dijadikan sebagai pos pengamatan untuk bisa menyaksikan orang utan khas Sumatera.

Jika Anda tertarik untuk melihat orang utan, Anda bisa mengunjungi pos pengamatannya, tidak jauh dari tempat pembayaran tiket masuk. Oh, iya! Harga tiket masuk ke Bukit Lawang juga sangat murah, yakni 5000 rupiah saja!

Dari 8 tempat wisata di Binjai, manakah yang paling ingin Anda kunjungi pertama kali ketika menginjakkan kaki di kota ini? Dan apa alasannya?