10 Tempat Wisata di Banyuwangi Populer yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Banyuwangi
(Foto: Instagram [email protected])

Warta News – Tempat wisata di Banyuwangi sedang menjadi perbincangan banyak orang saat ini.

Khususnya bagi mereka yang senang menjelajah tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia.

Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur kini sudah menjadi tempat yang sangat terkenal. Banyak sekali destinasi wisata yang keren, yang harus Anda kunjungi dengan orang-orang terdekat.

Beberapa tempat wisata yang ada di Banyuwangi ini bisa menjadi tempat liburan yang nyaman dan seru.

Ada banyak pilihan destinasi wisata atau liburan yang bisa Anda pilih di sana. Kota Banyuwangi berbatasan langsung dengan Kota Situbondo yang tidak jauh dari Pulau Bali.

Banyuwangi juga menjadi salah satu wilayah yang ada di Jawa Timur yang sedang naik daun karena tempat-tempat wisatanya.

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Harus Dikunjungi

Objek wisata yang ada di Banyuwangi ini sangat bervariasi, ada yang berupa objek wisata alam, wisata kuliner, pantai, pegunungan dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa pilihan tempat wisata di Banyuwangi yang harus Anda kunjungi:

1. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah
(Foto: Instagram [email protected])

Salah satu destinasi wisata pantai yang paling terkenal di Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah. Sama dengan namanya, pantai ini keunikan tersendiri yaitu warna tanah di bibir pantainya yang berwarna merah. Itulah sebabnya pantai ini dinamakan Pulau Merah.

Keindahan pantainya sangat eksotis, lengkap dengan hijaunya alam yang ada di sekitarnya, pemandangannya yang sangat cantik, dan pasir pantainya yang putih dan bersih.

Jika air pantai sedang surut, Anda bisa berjalan-jalan di bukit yang lokasinya tak jauh dari pantai. Bukit nan indah itu tertutup oleh pepohonan dan semak-semaknya yang berwarna hijau.

Namun, Anda akan melihat semburat merah saat senja tiba dari bukit tersebut. Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Pesanggaran yang dekat dengan sebuah Pura bernama Tawang Alun.

2. Teluk Hijau atau Green Bay

Teluk Hijau
(Foto: Instagram [email protected])

Objek wisata pantai lainnya di Banyuwangi yang juga bisa Anda kunjungi adalah Teluk Hijau atau disebut dengan Green Bay.

Keunggulan dari Teluk Hijau ini adalah pantai yang warnanya sangat jernih dan kehijauan. Pantai yang satu ini termasuk ke dalam Taman Nasional Meru Betiri dengan hamparan pasir putihnya yang lembut.

Teluk Hijau ini juga dikelilingi oleh hutan tropis dengan keindahan yang menakjubkan. Berbagai jenis kegiatan bisa Anda lakukan di sini, diantaranya yaitu snorkeling, memancing, bermain pasir di bibir pantai atau berenang saja.

3. Pantai Watu Dodol

watu dodol
(Foto: Instagram [email protected])

Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia arti pantai ini dinamakan Batu Dodol. Lokasinya mudah ditemukan dan aksesnya juga mudah, jika Anda pergi dari Pelabuhan Ketapang.

Lokasi Pantai Watu Dodol memiliki ciri khas unik, yaitu adanya bongkahan batu yang sangat besar serta Patung Gandrung, yang merupakan salah satu penari khas Banyuwangi.

4. Kawah Ijen

kawah ijen
(Foto: Instagram [email protected]_trips_holiday)

Destinasi favorit para wisatawan di Banyuwangi berikutnya adalah Kawah Ijen. Kawah ini merupakan salah satu fenomena terbaik dan menarik di Banyuwangi. Pemandangan indah di Kawah Ijen ini berupa Blue Fire atau Api Biru.

Kawah Ijen dikelilingi oleh dinding kaldera, yang dimana keindahannya akan membuat setiap orang yang melihatnya takjub. Keunikan dari kawah ini adalah api biru yang ada di sana memang berwarna biru.

Warnanya akan semakin memukau saat hari sudah gelap. Anda bisa datang ke Kawah Ijen dini hari jika ingin melihat bagaimana indahnya si api biru tersebut.

5. Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo
(Foto: Instagram [email protected])

Ingin merasakan langsung keindahan dan kesejukan tempat wisata di Banyuwangi lainnya yang bernuansa alam? Anda bisa datang langsung ke Air Terjun Kalibendo.

Pemandangan di sekitarnya sangat indah dan menenangkan. Airnya sangat jernih, air pada sungainya juga dingin dan menyejukkan. Anda bisa datang ke air terjun ini dengan melewati Kampung Anyar Glagah.

Anda bisa melihat keindahan perkebunan teh, cengkeh, dan perkebunan kopi yang membuat mata Anda semakin sejuk. Suasana pedesaan di sekitarnya juga sangat menenangkan jiwa.

6. Air Terjun Lider

Air Terjun Lider
(Foto: Instagram [email protected]_)

Objek wisata alam lainnya yang juga bisa Anda kunjungi adalah Air Terjun Lider. Lokasinya berada di Desa Sumber Arum Kecamatan Songgon.

Untuk sampai ke air terjun ini memang diperlukan medan yang cukup sulit. Namun, pemandangan indahnya yang sangat luar biasa ini akan mengobati rasa lelah Anda untuk sampai di sana.

Sebelum sampai di air terjun, Anda akan melewati perkebunan, dan tujuh buah sungai yang berada di dalam hutan.

Sayangnya, tak ada penjual makanan di sekitar tempat wisata alam tersebut. Maka Anda harus membawa perbekalan makanan yang mencukupi.

7. Kali Klatak

Kali Klatak
(Foto: Instagram [email protected]_adi)

Tempat wisata di Banyuwangi lainnya yang juga direkomendasikan untuk Anda adalah Kali Klatak.

Agrowisata yang satu ini sudah ada di Banyuwangi sejak zaman penjajahan Belanda. Namun sekarang sudah menjadi milik pribumi atau warga Indonesia.

Lokasi Kali Klatak ini berada di lereng gunung dengan ketinggian 450 m dari atas permukaan laut.

Tanahnya subur dan cocok untuk menanam apa saja. Hasil perkebunan yang bisa Anda lihat di sana beragam, yaitu berupa karet, buah-buahan, kopi, rempah-rempah, kelapa, coklat dan masih banyak lagi.

8. Pemandian Taman Suruh

Pemandian Taman Suruh
image by: ngelencerbanyuwangi.com

Wisata pemandian ini berada di Desa Taman Suruh Kecamatan Glagah. Tempat pemandian di Banyuwangi ini memiliki luas sekitar 3,5 hektar.

Tadinya kawasan ini kosong dan juga tandus, tetapi di sana terdapat mata air yang dingin yang kemudian dibangun menjadi kawasan pemandian umum keluarga.

9. Taman Nasional Baluran

taman nasional baluran
(Foto: Instagram [email protected]_bonham)

Masih ada lagi tempat wisata di Banyuwangi yang harus Anda kunjungi, yaitu objek wisata alam yang sangat menarik bernama Cagar Alam Baluran.

Objek wisata alam yang satu ini khusus untuk wilayah konservasi berbagai macam hewan dan tumbuhan. Keunikan dan keindahannya terletak pada padang sabana dengan beraneka jenis hewan liar.

Anda bisa melihat dan menikmati keindahan serta hewan-hewan liar tersebut dari atas menara pengawas. Anda bisa melihat secara langsung bagaimana aktivitas seluruh hewan liar yang hidup di sana.

10. Tempat Wisata Kuliner di Banyuwangi

Sajian kuliner apa saja sih yang rasanya lezat dan khas di Banyuwangi? Tentu ada banyak tempat wisata kuliner di sana yang bisa Anda coba.

Salah satunya adalah Kombong Bebek Kobong. Anda bisa menikmati berbagai jenis menu lainnya selain menu bebek kobong di sana. Misalnya menu ayam kobong, gurame kobong, usus kobong dan sebagainya.

Jika ingin menikmati sajian kuliner bebek kobong ini, langsung saja datang ke Lesehan Bebek Kobong yang berada di wilayah Katamso.

Rasanya sungguh lezat dan sangat khas. Tak heran jika banyak orang yang sengaja makan di sana saat berada di Kota Banyuwangi.

Masih banyak lagi pilihan tempat wisata di Banyuwangi lainnya yang wajib Anda kunjungi. Terutama wisata pantainya yang jumlahnya juga sangat banyak dan tentu saja menawarkan keindahan yang luar biasa.