7 Aplikasi Pemotong Lagu Terbaik dan Kekinian Tahun Ini

Aplikasi Pemotong Lagu
image by: premiumbeat.com

Warta News – Aplikasi pemotong lagu terkadang dibutuhkan ketika Anda hanya menyukai bagian tertentu dari sebuah lagu. Dengan hasil potongan lagu tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai macam hal seperti menjadikannya nada notifikasi, backsound pada sebuah video, dan masih banyak lagi. Jadi Anda tidak harus memutar lagu secara full hanya untuk menunggu sampai bagian yang disukai dimulai.

Sebelum smartphone Android tenar dan banyak digunakan seperti saat ini, Anda perlu menggunakan aplikasi pemotong lagu yang ada di laptop atau PC.

Tentunya hal tersebut sangat ribet bukan? Mengingat Anda penggunaan PC ataupun laptop itu sendiri. Namun dengan smartphone Android yang semakin berkembang, kini Anda sudah bisa memanfaatkannya untuk memotong bagian lagu yang disukai.

Aplikasi Pemotong Lagu dan Penyambung Lagu di Android

Untuk memotong bagian dari sebuah lagi melalui smartphone Android, Anda tidak bisa melakukannya begitu saja. Tentunya Anda membutuhkan bantuan dari aplikasi-aplikasi yang diciptakan secara khusus untuk melakukannya.

Jika Anda masih bingung dengan aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk memotong lagu, maka tidak usah khawatir. Berikut beberapa aplikasi pemotong lagu favorit di Android.

1. AndroSound Audio Editor

AndroSound Audio Editor
image by: Goole Play

Aplikasi pemotong lagu favorit pertama yang direkomendasikan adalah AndroSound Audio Editor. AndroSound Audio Editor merupakan sebuah aplikasi Android yang diciptakan untuk melakukan pengeditan pada sebuah audio atau lagu. Pastinya aplikasi yang satu ini hadir dengan membawa banyak fitur untuk mengedit lagu, salah satunya berfungsi untuk memotong bagian dari sebuah lagu.

Kelebihan utama dari aplikasi ini, yakni ukurannya yang sangat kecil yakni hanya sebesar 1 MB saja. Jadi aplikasi bisa Anda gunakan pada berbagai macam versi perangkat Android. Selain itu, penggunaan dari AndroSound Audio Editor juga cukup mudah. Anda tidak perlu bingung tentang bagaimana cara untuk memotong lagu dengan menggunakan aplikasi yang satu ini.

2. MP3 Cutter and Ringtone Maker

Jika dilihat dari namanya saja, tentu Anda sudah langsung paham jika MP3 Cutter and Ringtone Maker merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk memotong lagu dan membuat nada dering. Sejak pertama kali diluncurkan beberapa tahun lalu, jumlah pengguna dari aplikasi sudah melebihi angka 5 juta. Hal ini juga membuat MP3 Cutter and Ringtone Maker menjadi salah satu aplikasi MP3 Cutter favorit.

Namun, sayangnya file audio yang bisa Anda potong menggunakan aplikasi ini hanya yang berformat MP3 saja. Meskipun begitu Anda tidak usah khawatir, karena saat ini rata-rata format yang digunakan untuk sebuah lagu adalah MP3. Dengan tampilan antarmukanya yang terbilang sederhana, Anda dapat menentukan bagian dari sebuah lagu yang diinginkan dengan cara yang sangat mudah.

3. Audio MP3 Cutter

Hampir sama seperti MP3 Cutter and Ringtone Maker, aplikasi yang bernama Audio MP3 Cutter ini akan memudahkan Anda dalam memotong bagian favorit dari sebuah lagu atau audio berformat MP3 dengan mudah. Aplikasi yang satu ini juga hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan mudah dipahami. Jadi meskipun Anda baru pertama kali membukanya, dijamin tidak akan bingung untuk menggunakannya.

Tidak hanya bisa Anda manfaatkan untuk memotong suatu bagian dari lagu, aplikasi Audio MP3 Cutter ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fitur yang mendukung untuk mengedit audio. Beberapa fitur tersebut di antaranya seperti Ringtone Setting, Merge Tool, Audio Mixing, dan masih banyak lagi fitur yang menarik untuk dicoba. Jadi selain memotong lagu, Anda dapat membuat hasil pemotongan menjadi lebih keren.

4. WavePad Free Audio Editor

Jika Anda merupakan penikmat software gratis dengan fitur yang lengkap, maka wajib untuk mencoba aplikasi WavePad Free Audio Editor. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengedit sebuah audio atau lagu, terutama memotong bagian tertentu. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda dapat membuat sebuah nada dering ataupun nada notifikasi dengan mudah.

Anda juga bisa membuat lagu yang diedit menjadi lebih keren dan unik dengan menggunakan beberapa fitur yang disediakan oleh WavePad Free Audio Editor ini seperti, editing echo, amplifying audio, noise cancellation, normalizing acoustics, dan yang lainnya. Sedangkan untuk format audio yang didukung, aplikasi ini mampu mendukung hampir semua jenis format audio, bahkan format wave atau AIFF.

5. Audio Cutter Merger Joiner & Mixer

Rekomendasi aplikasi pemotong lagu terbaik untuk Android yang selanjutnya adalah Audio Cutter Merger Joiner & Mixer. Aplikasi yang dibesut oleh developer AndroidRock ini, mampu memungkinkan Anda untuk memotong bagian dari sebuah lagu dan mengeditnya dengan cara yang sangat mudah dan simpel. Tentunya Anda perlu mencoba aplikasi ini untuk mengetahui segala kelebihan yang dimilikinya.

Di dalam aplikasi Audio Cutter Merger Joiner & Mixer ini, Anda akan menemukan berbagai macam fitur unik yang bisa membantu dalam menghasilkan potongan lagu yang keren. Anda juga bisa menggabungkan dua buah atau lebih lagu menjadi satu. Jadi Anda tidak perlu mendengarkan dua atau lebih file lagu, karena satu file saja sudah berisikan audio-audio yang Anda sukai di dalamnya.

6. Timbre

Timbre
image by: apkmagic.com.ar

Dengan hanya bermodalkan sebuah smartphone Android, Anda dapat menuangkan kreativitas yang dimiliki dalam pembuatan sebuah ringtone atau nada dering. Hal ini bisa Anda wujudkan dengan menggunakan bantuan dari sebuah aplikasi yang bernama Timbre. Aplikasi yang satu ini, akan membantu Anda untuk menghasilkan potongan lagu dengan gaya sendiri.

Selain memungkinkan para penggunanya untuk memotong bagian tertentu dari sebuah lagu, aplikasi Timbre ini juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan konversi dari video hingga menjadi audio. Untuk format audio yang didukung, Timbre telah memberikan kebebasan berupa banyaknya jenis format audio yang bisa Anda pilih pada tahapan ekspor file, mulai dari MP3 hingga format yang langka sekalipun.

7. Lexis Audio Editor

Aplikasi pemotong lagu favorit yang terakhir adalah Lexis Audio Editor. Perlu untuk Anda ketahui, bahwa Lexis Audio Editor sudah meraup lebih dari 20 ribu kali angka download yang ada pada Google Playstore.

Tentunya angka tersebut sudah bisa menandakan bahwa Lexis Audio Editor merupakan salah satu aplikasi favorit yang digunakan untuk melakukan pemotongan suatu bagian pada sebuah lagu.

Tidak hanya itu, developer Pamsys yang mengembangkan aplikasi ini juga memberikan beberapa fitur yang memungkinkan Anda untuk mengedit sebuah lagu.

Beberapa fitur tersebut seperti trim, delete, insert, silence, fade out, fade in, noise reduction, change tempo, normalizing, pitch, tempo, dan masih banyak lagi fitur menarik lain yang sangat menarik untuk Anda coba.

Dengan menggunakan beberapa aplikasi pemotong lagu favorit untuk perangkat Android di atas, tentunya Anda sudah tidak perlu kerepotan ketika ingin memotong suatu bagian dari sebuah lagu. Hanya dengan menggunakan smartphone Android yang biasa digunakan sehari-hari, Anda dapat membuat ringtone sendiri sesuai dengan keinginan.