8 Aplikasi Pembersih RAM Terbaik untuk Smartphone Android

Aplikasi Pembersih RAM
image by: systweak.com

Warta News – Aplikasi pembersih RAM menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kinerja HP Android.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan agar bisa bekerja secara optimal.

Selain itu, aplikasi pembersih RAM juga dapat digunakan untuk meminimalisir risiko masalah seperti, force close ataupun sebagainya yang sering terjadi untuk pengguna Andorid.

Pengoptimalan RAM menjadi masalah penting yang harus kamu lakukan secara berkala untuk menjaga kondisi HP.

Kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih RAM untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga tergolong sangat mudah dioperasikan oleh pengguna awam.

Aplikasi Pembersih RAM Terbaik

Berikut ini daftar aplikasi-aplikasi pembersih RAM terbaik yang bisa kamu pilih untuk HP Android.

1. Greenify

Greenify
image by: warta news

Aplikasi pertama yang cocok untuk HP Android kamu adalah Greenify. Aplikasi yang terkenal dengan logo daunnya ini memiliki fungsi sebagai hibernasi atau mematikan sementara semua aplikasi yang sedang berjalan di perangkat HP.

Hadirnya fitur hibernasi ini di aplikasi Greenify, membuat kapasitas RAM yang sebelumnya penuh menjadi lega kembali secara langsung.

Selain itu, aplikasi pembersih RAM ini juga akan melakukan optimalisasi secara berkala pada perangkat HP Android.

Kamu hanya perlu membiarkan aplikasi Greenify berjalan di latar belakang, maka otomatis aplikasi akan bekerja dengan sendiri.

Tentunya ini akan memudahkan penggunaan aplikasi tanpa perlu ribet dengan masalah pengoperasian untuk mengoptimalkan perangkat HP Android.

Tersedia dua mode yang bisa kamu jalankan melalui aplikasi Greenify, yakni mode root dan non root.

Pada mode root kamu akan mendapatkan fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan mode biasanya.

Adanya fitur lengkap ini membuat aplikasi bisa digunakan secara maksimal oleh setiap pengguna.

2. Clean Master

Clean Master
image by: warta news

Jika bicara masalah aplikasi utilities untuk perangkat HP Android, maka aplikasi Clean Master tidak boleh kamu lewatkan.

Memiliki banyak fitur menarik serta dapat kamu gunakan sebagai aplikasi pembersih RAM, membuat Clean Master menjadi pilihan terbaik.

Kamu juga dapat menggunakannya untuk menghapus beberapa file-file sampah yang ada di penyimpanan memori internal.

Tentunya ini bertujuan agar kinerja RAM yang ada di perangkat HP dapat bekerja dengan maksimal.

Tidak hanya itu saja, pengguna bisa mengoperasikan aplikasi ini secara mudah. Hal ini dikarenakan aplikasi memiliki user interface yang dapat dipahami dengan cepat oleh pengguna awam.

Kamu juga dapat mengunduh aplikasi Clean Master dengan gratis melalui Google Playstore.

3. CCleaner

CCleaner
image by: warta news

Aplikasi pembersih RAM selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah CCleaner. Memiliki fungsi optimasi yang beragam serta ringan untuk dipasang pada perangkat HP Android menjadikan aplikasi ini layak untuk kamu install.

Pasalnya, aplikasi utilities untuk sistem Android ini hanya berukuran sekitar 15 MB dan telah di unduh sebanyak 50 juta kali pada Google Playstore.

Pada dasarnya, aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengoptimalkan kinerja dari perangkat HP dengan cara membersihkan ruang memori yang ada di internal.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan fitur App Manager yang bisa memberikan informasi detail mengenai semua aplikasi yang terpasang serta berjalan pada startup atau service HP.

4. RAM Booster eXtreme Speed Free

RAM Booster eXtreme Speed Free
image by: warta news

RAM Booster eXtreme Speed Free merupakan aplikasi pembersih RAM yang cukup efektif untuk digunakan pada perangkat HP Android.

Cara kinerja dari aplikasi utilities ini cukup sederhana, pengguna hanya perlu menekan beberapa menu dan secara otomatis aplikasi akan menghentikan semua aplikasi yang berjalan di background service secara manual.

Meski memiliki jumlah unduh yang sedikit dibandingkan dengan aplikasi utilities sebelumnya, RAM Booster eXtreme Speed Free tetap mendapatkan feedback yang cukup positif dari banyak pengguna.

Sebagai informasi tambahan untuk pengguna, aplikasi ini memiliki ciri khas dengan warna hitam dominan untuk keseluruhan tampilan. Tentunya pemilihan warna ini terasa kurang user friendly untuk sebagian pengguna.

5. Power Clean

Power Clean
image by: warta news

Aplikasi pembersih RAM selanjutnya yang layak untuk kamu install di perangkat HP Android adalah Power Clean.

Telah diunduh sebanyak 100 juta kali oleh pengguna Google Playstore menjadikan aplikasi ini bisa kamu andalkan untuk meningkatkan kinerja HP.

Pasalnya, Power Clean memungkinkan pengguna untuk membersihkan junk file yang ada di penyimpanan internal dan eksternal.

Power Clean juga memiliki fitur end task yang bisa menghentikan semua aplikasi berjalan pada perangkat HP Android kamu.

Hal ini sangat berguna untuk melegakan ruang RAM agar bisa bekerja secara optimal. Terdapat fitur penting lainnya yang bisa kamu dapatkan melalui aplikasi Power Clean, yakni fitur hibernasi yang bisa memberhentikan semua aplikasi terpilih secara manual.

6. AVG Cleaner

AVG Cleaner
image by: warta news

AVG merupakan aplikasi anti virus terbaik yang sering kamu temukan di perangkat PC ataupun laptop.

Namun, pada versi ini pihak developer secara khusus membuat aplikasi pembersih RAM untuk perangkat Andaroid yang dinamakan AVG Cleaner.

Adanya aplikasi utilities ini dapat kamu gunakan untuk menghapus file-file sampah serta memberhentikan semua aplikasi yang sedang berjalan di perangkat HP.

Cara ini bisa kamu lakukan secara manual agar dapat menentukan aplikasi yang ingin diberhentikan.

Hal ini bertujuan agar aplikasi seperti pesan ataupun aplikasi penting lainnya tetap berjalan dengan baik.

Tentunya kamu masih bisa mendapatkan notifikasi tanpa perlu membuka aplikasi tersebut. Selain itu, AVG Cleaner juga memiliki kelebihan pada ukuran file aplikasi yang tergolong cukup kecil dan ringan.

7. Avast Cleanup

Avast Cleanup
image by: warta news

Avast Cleanup adalah aplikasi pembersih RAM berikutnya yang dapat kamu pilih. Berawal sebagai software anti virus untuk perangkat PC, membuat pihak developer juga melakukan ekspansi pada pengguna perangkat HP pintar.

Pada sisi tampilan, aplikasi ini memiliki interface yang hampir mirip dengan aplikasi AVG Cleaner. Tidak hanya itu, cara kerja yang dilakukan juga tergolong sama dengan AVG.

Bedanya kamu diizinkan untuk mengubah tampilan tema aplikasi sesuai dengan keinginan agar tidak bosan dengan tampilan tersebut.

Selain itu, terdapat fitur lainnya yang menjadi keunggulan serta daya tarik tersendiri bagi pengguna.

Aplikasi ini juga memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan AVG Cleaner, yakni berukuran sekitar 14 MB.

8. 360 Security – Antivirus & Booster

360 Security – Antivirus & Booster
image by: warta news

Daftar aplikasi pembersih RAM terakhir yang wajib untuk kamu pasang adalah 360 Security.

Telah dipercaya lebih dari 200 juta pengguna Android menjadikan aplikasi ini layak untuk dipertimbangkan.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membersihkan RAM agar dapat meningkatkan kinerja perangkat HP dari sebelumnya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melindungi HP dari serangan virus seperti Trojan ataupun sebagainya yang dianggap sangat berbahaya untuk keamanan perangkat.

Hal ini tentunya bisa membuat perangkat HP kamu jauh lebih aman dari sebelumnya. Kelebihan lainnya yang bisa kamu dapatkan, yakni memiliki animasi yang colorful serta dukungan bahasa yang cukup lengkap.

Tersedia banyak aplikasi pembersih RAM yang bisa kamu unduh melalui Google Playstore. Namun, sebagian dari aplikasi ini memiliki tampilan iklan yang dapat menganggung kenyamanan pengguna.

Selain itu, kinerja yang dihasilkan juga belum tentu terjamin. Hal ini membuat kamu bisa memilih aplikasi pembersih RAM yang telah direkomendasikan pada ulasan di atas.