4 Contoh Teks Ulasan Singkat, Novel, Buku dan Lagu

Contoh Teks Ulasan
image by: thewritelife.com

Warta News – Contoh teks ulasan merupakan bahasan yang cukup sering dicari oleh semua orang.

Pasalnya, saat Anda menguasai teknik penulisan teks ulasan, maka Anda bisa mengulas karya apapun.

Meski Anda bisa bebas memberikan ulasan pada sebuah karya, namun ada baiknya jika ulasan tersebut mengandung hal-hal yang membangun. Berikut beberapa contoh yang bisa Anda baca dan tiru.

Contoh Teks Ulasan Novel Laskar Pelangi

Contoh Teks Ulasan Novel Laskar Pelangi
image by: intipseleb.com

Novel berjudul Laskar Pelangi merupakan salah satu novel yang sangat menginspirasi. Novel ini ditulis oleh Andrea Hirata, penulis asal Bangka Belitung.

Pria yang lahir 24 Oktober 1967 ini telah berhasil merilis 3 sekuel Laskar Pelangi. Novel ini juga telah tayang di bioskop dengan judul yang sama pada tahun 2008, film ini menghadirkan anak-anak “polos” yang penuh inspirasi dan keceriaan.

Secara garis besar, novel ini menceritakan kisah anak-anak dari keluarga miskin di Bangka Belitung. Ada 10 anak yang berperan, mereka semua masih duduk di bangku SD dan SMP Muhammadyah setempat.

Anak-anak tersebut bernama Ikal, Sahara, Lintang, A Kiong, Mahar, Syahdan, Borek, Kucai, Harun, dan Trapani. Meski mereka miskin, namun mereka sangat bersemangat dalam bersekolah.

Dalam novel tersebut, diceritakan bahwa sekolah mereka juga sama-sama “miskin”. Gedung sekolah mereka sangat usang, bahkan terlihat hampir roboh.

Guru yang mengajar pun hanyalah orang-orang yang betul-betul berhati malaikat. Ali-alih mendapatkan gaji tinggi, bisa makan setiap hari saja mereka sudah bersyukur.

Novel ini sangat layak dibaca, karena berisi kisah-kisah inspiratif. Perjuangan anak-anak Belitong yang tidak patah semangat harus dicontoh oleh anak-anak yang lain.

Novel ini memberikan pelajaran baik, bahwa orang miskin yang katanya tidak ada masa depan, nyatanya mampu sukses di masa mendatang. Semua kesuksesan perlu diraih dengan penuh perjuangan, misalnya seperti tokoh Lintang.

Lintang adalah anak nelayan miskin yang akhirnya menjadi yatim karena ayahnya hilang saat berlayar. Lintang harus berjuang lebih keras untuk bisa bersekolah.

Setiap pagi dia harus bersepeda sejauh puluhan kilometer. Meski begitu, Lintang merupakan anak paling cerdas layaknya Einstein.

Kisah hidup Lintang sangat inspiratif, dan penulis mampu mencurahkannya penuh emosi di dalam novelnya.

Contoh Teks Ulasan Singkat

Contoh Teks Ulasan Singkat
image by: kompas.com

Ulasan berikut ditujukan untuk lagu yang sedang hits di kalangan anak muda, yaitu Los Dol ciptaan Denny Caknan.

Lagu ini dirilis sejak 20 Juni 2020, Denny Caknan adalah pencipta sekaligus penyanyi lagu ini. Hingga 9 September 2020, lagu ini telah mencapai 67,9 juta penonton di kanal Youtube. Video klip ini juga telah menuai 1.1 juta like dari penontonnya.

Lagu Los Dol adalah lagu berbahasa Jawa dengan aransemen musik dangdut modern. Lagu Los Dol menceritakan kisah 2 insan yang saling mencintai, namun si wanita masih sering berhubungan dengan mantannya.

Melihat kebiasaan ini, sang laki-laki tetap merasa tenang, santai, dan sama sekali tidak melarang. Kata “Los Dol” sendiri bisa diartikan sebagai “terserah”, meski bukan makna yang sebenarnya.

Lirik yang dituliskan oleh Denny Caknan juga sangat populer di masyarakat Jawa, apalagi dikemas secara asik dengan kisah cinta anak muda, dari sinilah lagu ini terkenal.

Cerita lagi ini juga dinilai sangat relevan dengan konflik anak muda jaman sekarang. Maka ketika ada anak muda yang mengalami masalah serupa, mereka akan memutar lagu ini atau sekedar menulis lirik lagunya di story IG maupun WA.

Selain dari segi lirik, lagu ini juga hadir dengan alunan musik yang ceria, yaitu kombinasi musik dangdut dan campur sari.

Hentakan gendangnya sangat asik sehingga membuat pendengarnya larut dan ikut bergoyang.

Lirik dan musik yang anti mainstream ini lah yang akhirnya mengantarkan lagu Los Dol sangat sukses dan begitu populer, tidak hanya di Jawa tapi juga seluruh Indonesia.

Contoh Teks Ulasan Buku

Contoh Teks Ulasan Buku
image by: entrepreneur.com

Ulasan ini ditulis berdasarkan sebuah buku karangan Ustadz Felix Siauw yang berjudul “Putusin Aja!”. Buku ini sudah terbit sejak 2003 lalu dengan jumlah halaman sebanyak 180 lembar.

Dari cover, buku ini sudah sangat menarik, yaitu dengan desain simpel berwarna cerah. Judulnya pun cukup membuat orang penasaran ingin membacanya lebih dalam.

Buku ini berisi tentang dakwah terkait larangan pacaran antara pria dan wanita. Buku ini sangat unik, tampilan setiap halamannya sangat “lucu”.

Dakwah yang disampaikan diilustrasikan dengan desain visual yang keren. Pemilihan kata-katanya pun sangat simpel dan mudah dipahami.

Jelas sangat berbeda dengan buku-buku religi lainnya yang hanya menampilkan tulisan saja sepanjang halaman.

Dakwah yang disampaikan juga dikemas dengan contoh-contoh nyata yang sangat mudah diterima dengan akal sehat. Dalil Al-Quran atau hadist menjadi lebih mudah dipahami.

Buku ini didesain dan dikemas sesuai target pasarnya, yaitu kalangan anak mudah yang notabene banyak dari mereka yang berpacaran. Tapi, buku ini juga berisi dakwah yang cukup keras dan terkesan mendoktrin.

Jika Anda memiliki pendapat lain terkait pacaran, mungkin akan sedikit bertentangan dengan buku ini.

Pasalnya dalam buku ini, Ustad Felix menyarankan lebih baik nikah mudah daripada pacaran.

Padahal di sisi lain, pernikahan adalah momen sakral dimana suami dan istri harus saling mengenal terlebih dulu. Meski terdapat sedikit perdebatan, secara umum buku ini sangat bagus dan layak dibaca.

Contoh Teks Ulasan Lagu

Contoh Teks Ulasan Lagu
image by: wallup.net

Lagu “Keke Bukan Boneka” ciptakan selebgram Kekeyi mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Lagu ini bahkan sempat trending di Youtube selama seminggu lebih.

Lagu ini cukup menarik diulas karena telah menimbulkan banyak “polemik”. Bicara kualitas, lagu ini sebenarnya sangat jauh dari kata sempurna. Kekeyi, pencipta sekaligus penyanyi lagu ini seolah hanya “main-main” saat menggarap lagu ini.

Liriknya pun sangat simpel dan mudah dihafalkan. Aransemen musiknya juga sangat simpel, namun enak didengar.

Lagu ini menjadi semakin ramai dibicarakan karena video klipnya yang lucu dan anti mainstream. Kekeyi didampingi beberapa penari dengan tema yang ngawur alias asal jadi.

Penampilan kekeyi yang lucu secara fisik juga turut menjadi perbincangan, mulai pujian hingga bullyan.

Lagu ini juga sedikit mengalami masalah karena salah satu bagian lagunya dinilai sangat mirip dengan lagu lain.

Disinggung soal hak cipta, Kekeyi pun merasa ketakutan. Lagu ini sebenarnya lagu “dolanan” yang sangat asik dinyanyikan, namun rasanya Kekeyi perlu belajar lebih dalam lagi urusan musik dan hak cipta.

Sebagai penonton, kita semua seharusnya mendukung, bukan malah mencibir atau membully.

Naskah diatas merupakan contoh teks ulasan terkait karya-karya seseorang. Anda juga bisa menulis ulasan pada karya lainnya, tidak harus dari buku ataupun lagu.

Jika ingin lebih kuat, Anda bahkan bisa mengulas kebijakan Pemerintah atau yang sejenisnya.

Namun ingat, jika ulasan cenderung negatif, sebaiknya Anda juga memberikan kritik atau saran yang sifatnya membangun.