4 Contoh Teks Persuasif Beserta Strukturnya Lengkap

image by: images.squarespace-cdn.com

Warta News – Contoh teks persuasif kini semakin banyak dicari agar bisa dipelajari oleh banyak orang.

Persuasif sendiri berarti ajakan, maka teks persuasif adalah naskah yang berisi ajakan untuk melakukan sesuatu.

Teks persuasif bisa digunakan dalam semua tema, misalnya tentang kesehatan, lingkungan, dan pendidikan.

Teks persuasif juga bisa digunakan untuk membahas isu terhangat, misalnya tentang Covid 19. Berikut adalah beberapa contoh teks persuasif yang bisa Anda pelajari. Sehingga Anda bisa menulis teks persuasif sendiri untuk berbagai kebutuhan.

Contoh Teks Persuasif Tentang Bencana Alam

Contoh Teks Persuasif Tentang Bencana Alam
image by: abc.net.au

Indonesia termasuk negara yang paling berpotensi mengalami berbagai bencana alam. Pasalnya, Indonesia memiliki sederet gunung berapi.

Selain itu, Indonesia juga diapit oleh 2 samudra besar, yaitu Hindia dan Pasifik. Secara geografis, Indonesia cukup rentan terjadi bencana alam, terutama gunung meletus, gempa bumi, dan tsunami.

Namun ternyata, bencana alam yang terjadi di Indonesia justru lebih dari 3 macam tersebut. Bencana paling sering terjadi yaitu banjir, tanah longsor, serta kebakaran hutan.

Tentu kita semua bisa menilai dengan mudah, bencana ini rasanya bukan karena alam, tapi karena ulah manusia sendiri. Coba kita bandingkan, gunung meletus dan gempa bumi tidak terjadi setiap tahun.

Berbeda dengan banjir, bencana ini akan muncul rutin setiap tahun. Jadi, yang salah alamnya atau manusianya? Rasanya tidak etis jika kita menyalahkan alam, padahal kita juga “numpang” hidup diatasnya.

Banjir yang rutin melanda jelas disebabkan karena kesalahan manusia itu sendiri. Misalnya, membuang sampah di sungai, penebangan liar, hingga pembangunan gedung secara besar-besaran.

Alam hanya bereaksi atas aksi kita sebagai manusia. Melihat hal ini, hendaknya kita harus berubah, mulai sekarang.

Jika kita tidak bisa merubah orang lain, setidaknya kita mulai merubah perilaku kita sendiri. Semua bisa dilakukan dengan hal paling kecil. Misalnya dengan membuang sampah di tempatnya serta menanam 1 pohon di setiap rumah.

Usaha ini juga perlu dukungan dari Pemerintah. Pemerintah bertugas mengawasi aksi-aksi ilegal yang bisa menyebabkan banjir.

Misalnya penebangan pohon liar, atau proyek-proyek pembangunan gedung, baik rumah maupun industri. Semua pihak harus saling bersinergi dalam menangani masalah ini.

Contoh Teks Persuasif Tentang Kesehatan

Contoh Teks Persuasif Tentang Kesehatan
image by: expatica.com

Dunia memang tidak sebersih dulu, bahkan udara dan air yang katanya paling murni pun kini sudah mulai terkontaminasi oleh polusi.

Jaman dulu, orang sakit bisa mudah sembuh hanya karena minum jamu. Tapi sekarang, jika ingin cepat sembuh dari sakit, maka obat lah solusinya. Obat kimia memang baik, tapi hanya untuk sementara saja.

Obat kimia sangat tidak disarankan untuk jangka panjang. Penggunaan obat kimia dalam waktu yang lama justru akan merusak kesehatan ginjal dan organ dalam lainnya.

Namun rupanya, obat kimia malah semakin laris manis dipasaran dibandingkan dengan jamu atau obat herbal. Banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya yaitu soal kepraktisan.

Obat kimia dirasa sangat praktis, cukup diminum dengan air, selesai. Sedangkan jamu atau obat herbal, harus diracik terlebih dulu, bisa direbus, ditumbuk, atau yang lainnya.

Obat herbal pun cukup sulit didapatkan, meskipun sebenarnya tanaman herbal tumbuh subur di sekitar kita. Namun, kita beralasan “ribet” jika harus mencari dan memetiknya.

Jika kita mau belajar lebih dalam tentang obat herbal, sebenarnya mudah-mudah saja. Tidak perlu yang sulit-sulit, cukup sediakan aneka rimpang yang dijual bebas di pasar.

Misalnya, jahe, kunyit, temulawak, dan kawan-kawannya. Mungkin rimpang dan rempah-rempah tersebut lebih terkenal sebagai bumbu, bukan obat. Padahal, semua bisa dijadikan obat asal dengan racikan yang benar.

Misalnya saja jahe, tanaman alami ini mampu mengobati masuk angin dan pusing, bahkan saat Anda merasa mual sekalipun.

Caranya meraciknya mudah, cukup kupas dan bersihkan, kemudian rebus sebentar atau langsung diseduh dengan air hangat. Jika ingin lebih manis, bisa tambahkan gula aren atau madu, mudah bukan?

Cara simpel ini bisa digunakan juga untuk menjaga kesehatan tubuh, dan tentunya sangat aman dikonsumsi setiap hari.

Anda tidak perlu khawatir akan kesehatan ginjal Anda, semua produk alami tidak memberikan efek samping seperti halnya obat kimia.

Mari kita mulai budayakan kembali minum obat herbal setiap hari, sediakan produk-produk alami di dapur Anda, minimal jahe dan kunyit.

Contoh Teks Persuasif Tentang Lingkungan

Contoh Teks Persuasif Tentang Lingkungan
image by: orissapost.com

Menjaga lingkungan sejatinya adalah tugas kita semua, bukan tugas pemimpin saja. Namun banyak dari kita yang tidak peduli terhadap lingkungan, namun sangat gencar menyalahkan pemimpin.

Contohnya adalah banjir di Jakarta, setiap tahun Jakarta pasti akan mengalami bencana banjir. Siapapun pemimpinnya, maka dia harus bersiap menuai “serangan” dari warganya sendiri.

Warga Jakarta selalu menyalahkan pemimpin atas bencana banjir yang rutin menimpa mereka. Kata mereka, pemimpin atau pemerintah tidak mampu menangani banjir.

Padahal sebelum pemimpin tersebut menjabat, banjir sudah lebih dulu ada sejak dulu. Lalu, ini salah pemimpin atau salah warganya? Tentu bukan hal etis untuk mencari siapa yang salah dan siapa yang benar.

Banjir adalah bencana bersama, dampak negatifnya pun dirasakan bersama. Saat banjir, semua sektor akan lumpuh sementara, khususnya ekonomi.

Bagaimana tidak, banjir tentu membuat toko-toko tutup sementara. Pasokan logistik juga akan terhambat karena jalanan tergenang air dan tidak bisa dilalui. Para pekerja juga tidak bisa bekerja untuk sementara.

Banyak warga yang merasa dirugikan oleh bencana banjir. Namun tidak pantas rasanya jika hanya menyalahkan pemimpin tanpa bergerak sendiri.

Pencegahan banjir seharusnya menjadi tanggung jawab bersama, mulai dari warga, pemimpin desa hingga Gubernur.

Cara termudah untuk mencegah banjir adalah dengan tidak membuang sampah di sungai dan mulailah menanam pohon di halaman rumah.

Contoh Teks Persuasif Tentang Pendidikan

Contoh Teks Persuasif Pendidikan
image by: columbia.edu

Pendidikan adalah hal paling penting untuk setiap orang. Saat ini sudah banyak lembaga sekolah yang semakin berkualitas dan penuh inovasi, baik secara formal maupun informal.

Orang tua bisa bebas memilih sekolah mana yang tepat untuk anaknya. Namun tahukah Anda para orang tua, bahwa pendidikan tidak hanya tentang sekolah saja?

Selain pendidikan akademik, anak juga sangat perlu menerima pendidikan karakter. Pendidikan karakter bisa dilakukan oleh siapapun, salah satu yang paling berpengaruh adalah dari orang tuanya sendiri.

Pendidikan karakter sangat penting, karena bisa membentuk kepribadian yang mulia bagi anak. Hal ini tentu sangat bermanfaat saat anak mulai tumbuh dan hidup di tengah masyarakat.

Orang tua tidak harus bersekolah tinggi-tinggi untuk bisa menerapkan pendidikan karakter untuk anak-anaknya. Kuncinya hanya disiplin dan konsisten.

Orang tua harus disiplin dan konsisten dalam mendidik anak terkait perilaku-perilaku yang positif.

Namun ingat, orang tua tidak hanya bertugas “mengajari” saja, namun juga bertugas menjadi contoh teladan bagi anak-anaknya.

Naskah diatas hanyalah sebagai contoh teks persuasif secara singkat. Anda bisa membuatnya lebih panjang dan detail, sesuai dengan tema yang diangkat.

Pastikan di dalamnya mengandung ajakan-ajakan untuk melakukan hal-hal baik. Jangan lupa untuk menjelaskan alasan secara rinci mengapa pembaca perlu mengikuti ajakan-ajakan tersebut.