4 Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya Lengkap

Contoh Teks Negosiasi
image by: smallbizdaily.com

Warta News – Contoh teks negosiasi sangat penting dikuasai oleh semua orang, baik dari kalangan siswa, mahasiswa, pekerja, hingga orang umum.

Negosiasi merupakan sebuah kegiatan tawar-menawar terhadap suatu hal demi mencapai kesepakatan bersama.

Negosiasi sering muncul dalam praktik jual beli, atau dalam lingkup bisnis. Jika Anda masih kurang paham, silahkan simak contohnya di bawah ini.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli
image by: perpetos.com

Berikut adalah contoh teks negosiasi yang berkaitan dengan jual beli, penjual dan pembeli terlibat percakapan tawar-menawar untuk menentukan harga yang pas.

Pembeli : “Baju gamis ini berapaan, Pak?”

Penjual : “Oh yang ini harganya 120 ribu.”

Pembeli : “Apakah ada warna lainnya tapi dengan model yang sama?”

Penjual : “Ada, tunggu sebentar ya saya ambilkan.”

Pembeli : “Baik, Pak.”

Beberapa saat kemudian.

Penjual : “Warna lain tinggal ungu dan kuning. Harganya masih sama 120 ribu rupiah.”

Pembeli : “Wah bagus sekali, tapi sayangnya harga ini masih agak kemahalan menurut saya. Apa boleh saya menawarnya?”

Penjual : “boleh saja.”

Pembeli : “85 ribu boleh Pak?

Penjual : “85 ribu itu murah, Mbak. Saya ga bisa balik modal, gimana kalau 110 ribu?”

Pembeli : “Wah masih agak kemahalan Pak, ya sudah pak jika tidak boleh saya cari di toko lain saja.”

Penjual : “Eh tunggu dulu Mbak, bagaimana kalau 100 ribu Mbak, biar saya juga masih dapat untung.”

Pembeli : “Oke baik Pak, 100 ribu. Saya ambil yang warna kuning ya.”

Penjual : “Iya Mbak, saya bungkus dulu. Ini bajunya, terima kasih,”
Pembeli : “Sama-sama.”

Contoh Teks Negosiasi di Sekolah

Contoh Teks Negosiasi di Sekolah 4 Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya Lengkap
image by: inquirer.com

Negosiasi juga bisa diterapkan dalam lingkungan sekolah, misalnya dalam percakapan antara murid dan guru dalam menyelesaikan tugas. Berikut contohnya:

Guru : “Tugas individu ini harus selesai dalam waktu 3 hari.”

Murid : “Maaf, Bu. Tapi tugas ini cukup sulit dan butuh banyak sumber. Belum lagi ditambah observasi yang mungkin butuh waktu lebih dari 2 hari. Jika boleh kami minta waktunya diperpanjang lagi, Bu.”

Guru : “Oke tambah 1 hari, berarti menjadi 4 hari. Dalam 4 hari tugas harus selesai dan segera dikumpulkan di meja saya.”

Murid : “Apa tidak sebaiknya 1 minggu saja, Bu? Setelah observasi, kami juga butuh waktu untuk analis dan evaluasi data-datanya. Kami juga butuh waktu untuk mencari buku-buku yang relevan dengan tema ini.”

Guru : “Baik, jika itu alasan kalian. Maka waktu pengerjaan tugas saya perpanjang menjadi 1 minggu. Namun kalian harus mengumpulkan tepat waktu di meja saya.”
Murid : “Baik, Bu. Terima kasih pengertiannya.”

Contoh Teks Negosiasi Singkat

Contoh Teks Negosiasi Singkat
image by: trainingindustry.com

Negosiasi sebenarnya tidak selalu harus panjang lebar. Percakapan negosiasi juga bisa dilakukan dengan singkat dan cepat sesuai tema yang dibahas. Berikut contoh teks negosiasi singkat:

Ani : “Eh, Tita. Nanti sore kita pergi jalan-jalan yuk, katanya di dekat kompleks ada taman baru yang keren buat foto-foto.”

Tita : “Wah, sorry An, nanti sore aku udah ada janji sama temen sekelas mau ngerjain tugas. Maaf ya ga bisa nemenin kamu jalan-jalan ke taman baru. Gimana kalau lusa?”

Ani : “Lusa? Kalau lusa gantian aku yang ga bisa. Lusa aku mau diajak pergi sama Tanteku, katanya sih mau ke rumah temennya gitu.”

Tita : “Oh, jadi kapan dong? Hmm, gimana kalau hari sabtu sore?”

Ani : “Nah, iya hari itu aku ga ada jadwal kemana-kemana, jadi kita bisa pergi bareng ke taman baru dekat kompleks.”

Tita : “Oke, tapi aku ajak adikku sekalian boleh ya, biar makin rame.”

Ani : “Tentu saja!”

Contoh Teks Negosiasi antara Karyawan dan Pengusaha

Contoh Teks Negosiasi antara Karyawan dan Pengusaha
image by: incimages.com

Selain dalam konteks jual beli, negosiasi juga sangat umum digunakan dalam lingkup kerja, misalnya antara karyawan dan bosnya.

Contohnya dalam rangka negosiasi gaji atau naik jabatan, karyawan boleh menego nominal gaji bersama HRD. Berikut contoh percakapannya:

Karyawan : “Selamat pagi, Pak”

HRD : “Selamat pagi, silahkan duduk.”

HRD : “Jadi gini, saya mendapatkan perintah langsung dari Direktur utama bahwa Anda dipilih untuk mengisi posisi Manager.

Seperti yang Anda tahu, posisi Manager di perusahaan ini sudah 2 minggu kosong, dan harus segera diisi kembali agar proses produksi berjalan lancar kembali.”

Karyawan : “Wah benarkah, Pak? Tapi, bagaimana dengan posisi saya sekarang Pak? Jika saya pindah, apakah akan kosong atau akan ada penggantinya?”

HRD : “Posisi Anda saat ini akan diganti oleh karyawan baru, dan kami sudah melakukan proses seleksi.

Ini adalah surat keputusan bahwa Anda akan dipindah posisi menjadi Manager, silahkan baca baik-baik terlebih dulu, jika ada hal yang belum jelas bisa ditanyakan.”

Karyawan : “Baik pak, saya sudah membacanya sampai selesai. Tapi mohon maaf Pak, di surat ini ditulis bahwa saya akan mendapatkan gaji sebesar 2,5 juta rupiah, apakah boleh saya menegonya Pak?”

HRD : “Betul, nantinya Anda akan mendapatkan gaji tersebut.”

Karyawan : “Mohon maaf, Pak. Bukan maksud saya menolak atau bagaimana, gaji saya sekarang sudah 2,3 juta, jika saat menjadi Manager gaji saya hanya selisih 200 ribu, lebih baik saya tetap berada di posisi sekarang saja.

Mengingat, tanggung jawab seorang Manager jauh lebih besar, maka saya kurang berkenan jika gaji yang ditawarkan hanya 2,5 juta.”

HRD : “Oh, begitu. Jadi kira-kira Anda ingin gaji berapa? Biar nanti saya sampaikan kepada Direktur utama untuk persetujuan lebih lanjut.”

Karyawan : “Saya ingin gaji saya diatas 3 juta, Pak.”

HRD : “Bisa berikan alasan Anda mengapa 3 juta itu pantas untuk Anda?”
Karyawan : “Pertama, tugas dan tanggung jawab seorang Manager itu berat, Pak.

Kedua, saya merasa sudah 8 tahun berada di perusahaan ini, meski saya hanya lulusan SMK, tapi saya berani bersaing dengan yang lain berdasarkan pengalaman yang saya punya.

Saya sudah mengetahui seluk beluk perusahaan ini, mulai dari masalah di bagian produksi hingga management.”

HRD : “Oke, baik. Jika permintaan Anda disetujui, kira-kira apa yang akan Anda lakukan pertama kali setelah menjadi Manager?”

Karyawan : “Jika saya menjadi Manager, saya akan rubah sistem kerjanya, Pak. Saya merasa sistem kerja di perusahaan ini masih belum efektif, terlalu ribet secara administrasi tapi minim produksi. Saya ingin merubah sistem menjadi lebih sederhana, tapi tetap efektif dan produktif.”

HRD : “Oke, baik. Saya kan sampaikan terlebih dulu kepada Direktur, jika ada keputusan lebih lanjut Anda akan saya kabari kembali.”
Karyawan : “Baik, Pak. Terima kasih.”

Meski terlihat simpel, negosiasi sangat perlu untuk dikuasai. Contoh teks negosiasi di atas hanyalah contoh kecil yang sering terjadi di dunia nyata.

Bisa jadi, Anda akan menemui situasi lain yang juga membutuhkan negosiasi.