4 Contoh Teks Inspiratif Singkat Beserta Strukturnya Lengkap

Contoh Teks Inspiratif
image by: quillette.com

Warta News – Contoh teks inspiratif merupakan topik paling dicari oleh para siswa, khususnya siswa SMP dan SMA yang sering mendapat tugas dari gurunya.

Jika Anda juga termasuk orang yang sedang mencari topik ini, maka sangat tepat Anda membuka artikel ini.

Teks inspiratif merupakan sebuah karangan yang bisa memberikan inspirasi atau menggugah semangat kepada siapapun yang membacanya. Cerita atau karangan inspiratif bisa berisi kisah nyata maupun fiksi.

Berikut contoh-contohnya yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi.

Contoh Teks Inspiratif Tentang Ibu

Contoh Teks Inspiratif Tentang Ibu
image by: heysigmund.com

Sosok malaikat yang ada di bumi ini mungkin hanya pantas disematkan untuk Ibu. Sosok yang tidak pernah putus dalam mencintai anak-anaknya.

Meski kadang, Ibu sama sekali tidak mendapatkan balasan yang setimpal dari anak-anaknya.

Seperti kisah berikut, seorang Ibu yang terus menyayangi anaknya meski anaknya selalu bersikap tidak baik kepada Ibunya.

Ibu Suminah, tinggal bersama anak tunggalnya di rumah kecil di Desa Plantaran. Anaknya bernama Fadil, dia berumur 17 tahun dan sedang duduk di bangku SMA kelas 12.

Ibu Suminah adalah seorang janda, setiap hari beliau bekerja menjual sayur berkeliling di sekitar kompleks.

Pendapatan per harinya hanya cukup untuk makan sehari-hari, bahkan kadang tidak mendapatkan untung sama sekali dari jualannya.

Tujuan utama Ibu Suminah bekerja hanya satu, yaitu bisa menyekolahkan Fadil, anaknya. Namun sebaliknya, Fadil adalah anak yang nakal, suka membolos, dan selalu berkata kasar pada Ibunya.

Ibu Suminah sudah sering mendapatkan panggilan dari pihak sekolah akibat perilaku nakal anaknya. Setiap malam Ibu Suminah selalu berdoa sambil menangis, hanya Tuhan lah tempat mengadu bagi beliau.

Doa harapannya tidak pernah berubah, beliau ingin Fadil menjadi anak yang berperilaku baik.

Ibu Suminah terus berjuang seorang diri, di samping itu Ibu Suminah juga selalu menyiapkan keperluan Fadil.

Mulai dari menyiapkan sarapan, mencuci dan menyetrika baju sekolah, dan sebagainya. Namun Fadil masih tetap sama, hatinya belum tersentuh sedikit pun, dia tetap kasar kepada Ibunya.

Perjuangan Ibu Suminah memang patut ditiru. Sebagai seorang Ibu, beliau sadar bahwa ucapannya akan selalu menjadi doa, maka beliau tidak pernah berucap kasar, apalagi sumpah serapah kepada anaknya.

Mulutnya hanya digunakan untuk berbicara yang baik, berdoa, serta memberikan perhatian kepada anaknya. Kesabarannya dalam membesarkan anak memang pantas dijadikan inspirasi.

Contoh Teks Inspiratif Tentang Ayah

Contoh Teks Inspiratif Tentang Ayah
image by: onecms.io

Salah satu pahlawan keluarga yang tidak pernah menyerah adalah Ayah. Berkat keringatnya, istri dan anak-anaknya bisa tidur nyenyak dan makan enak.

Ya, begitulah semua Ayah, termasuk Ayahku. Ayahku memang bukan orang pintar yang bisa bekerja di kantoran atau menjadi pejabat elit.

Ayahku hanya tukang becak, pekerjaanya mungkin akan dianggap remeh oleh semua orang.

Namun aku berani bersumpah, Ayahku tidak seremeh itu. Ayahku hebat, kuat, bahkan lebih dari yang kalian kira.

Kasih sayangnya memang tidak selalu terlihat secara kasat mata, tapi cintanya selalu berhasil merasuk ke dalam jiwa kami, anak-anaknya.

Ayah selalu giat bekerja, selain untuk mencari nafkah, semua ini juga dilakukan untuk menunjukkan pada kami perihal tanggung jawab.

Aku adalah anak sulung, meski usiaku sudah 17 tahun, tapi Ayah selalu melarangku saat aku ingin mulai bekerja. Kata Ayah, aku harus selesaikan dulu sekolahku, baru boleh bekerja.

Padahal, aku hanya ingin membantu Ayah agar bebannya sedikit lebih ringan. Ayah kembali menegaskan, tugasku adalah belajar bukan bekerja. Sejak saat itu rasanya tidak sabar ingin segera lulus dan ikut Ayah bekerja.

Hingga akhirnya aku lulus SMK, saatnya aku bekerja. Tapi ternyata Ayah masih belum mengijinkan aku bekerja.

Sebagai gantinya, Ayah menyuruhku untuk mencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

Awalnya aku sama sekali tidak berniat untuk kuliah, tapi demi Ayah aku pun mencari beasiswa. Sekarang, aku telah meraih beasiswa kuliah di Universitas Indonesia, dan ini semua untuk Ayah.

Contoh Teks Inspiratif Pengalaman Pribadi

Contoh Teks Inspiratif Pengalaman Pribadi
image by: medium.com

Aku adalah anak berkebutuhan khusus, aku tidak bisa membaca tulisan. Kata seorang dokter, aku menderita disleksia.

Penyakit ini membuat aku berbeda dengan anak-anak lain seusiaku. Teman-temanku sudah pandai membaca, sedangkan aku membedakan huruf B dan D saja susah.

Orang tuaku hanya karyawan pabrik, gajinya pas-pasan sehingga tidak mampu menyekolahkan aku di SLB.

Aku tumbuh bersama anak-anak normal lainnya, namun aku merasa sendiri. Aku sering diejek karena kemampuan belajarku sangat rendah.

Namun mereka tidak ada yang tahu, bahwa aku memiliki suara emas saat bernyanyi. Suara emasku mulai dikenal saat aku mengikuti lomba menyanyi dalam rangka ulang tahun sekolah.

Aku meraih juara 1, aku mengalahkan kakak kelas yang sudah sering menang lomba menyanyi.

Semua teman-temanku kaget dan tidak menyangka ternyata suaraku sangat bagus. Bahkan mereka bilang, aku sudah pantas menjadi penyanyi papan atas sekelas Diva.

Sejak saat itu aku jadi lebih sering ikut lomba menyanyi, mulai dari tingkat sekolah, kabupaten, bahkan mewakili provinsi di kancah Nasional.

Kini, aku telah sukses menjadi penyanyi profesional, meski aku tidak bisa membaca.

Contoh Teks Inspiratif Singkat

Contoh Teks Inspiratif Singkat
image by: incimages.com

Menjadi yatim piatu bukanlah penghalang bagiku untuk terus belajar. Ayah dan Ibuku telah tiada, tapi aku punya keluarga besar di panti asuhan.

Disini lah tempat aku bernaung, belajar, dan memperdalam ilmu agama. Aku bersyukur, aku masih bisa mengenyam bangku sekolah, sama seperti anak-anak mampu lainnya. Tapi aku harus berani berbeda dalam hal prestasi.

Aku selalu belajar dengan giat agar nilai-nilaiku bagus, aku pun sering ikut lomba untuk menambah pengalamanku dalam bersaing.

Awal-awal memang aku selalu kalah, namun akhirnya usahaku berbuah manis. Secara akademik, mungkin aku termasuk murid “pas-pasan”. Tapi disisi lain, aku sangat mudah menghafal surat-surat alquran.

Suatu hari aku memberanikan diri ikut ajang hafiz quran. Perjuangan tidak semudah yang aku bayangkan, saingannya terlalu berat dan aku kalah.

Meski begitu, aku tidak putus asa, dan aku terus mencoba mengikuti lomba hafiz quran di tempat lain.

Total, ada sekitar 8 sampai 10 kali aku gagal. Saat ini aku sudah kelas 12, kata orang aku harus fokus belajar untuk ujian akhir agar aku bisa lulus.

Namun aku tetap bersikeras untuk tetap mengikuti lomba hafiz quran. Beruntung, Allah menjawab doaku. Aku menang lomba tingkat kabupaten, dan otomatis maju ke tingkat provinsi.

Aku semakin bersemangat, aku terus berusaha keras menjaga hafalan agar semakin lancar. Akhirnya, aku berhasil menang lagi.

Sejak saat itu, kiprahku semakin dikenal luas, dan aku mulai sering diundang untuk menghadiri acara religi.

Contoh teks inspiratif di atas bisa dikembangkan sendiri sesuai ide Anda. Unsur terpenting di dalamnya yaitu adanya pesan moral yang bisa menginspirasi pembacanya.

Bisa terkait kisah sukses atau perjuangan seseorang dalam mencapai sesuatu yang positif.