4 Contoh Teks Biografi Beserta Strukturnya Lengkap

Contoh Teks Biografi
image by: mncplay.id

Warta News – Contoh teks biografi sering menjadi alternatif pilihan untuk dibaca. Selain bisa menambah wawasan tentang tokoh-tokoh tertentu, membaca biografi juga bisa menumbuhkan semangat dalam diri.

Apalagi jika biografi tersebut berkisah tentang tokoh-tokoh yang sukses, pasti bisa membuat Anda bersemangat meniru usaha-usahanya. Jika Anda ingin bisa menulis teks biografi juga, simak contoh-contohnya di bawah ini.

Contoh Teks Biografi Diri Sendiri

Contoh Teks Biografi Diri Sendir
image by: minews.id

Nama saya Siti Fatimah, saya tinggal di Jogja sejak lahir hingga sekarang. Artinya, sudah 23 tahun saya tinggal disini.

Orang tua saya hanya sebagai buruh tani, mereka bekerja tanpa kenal lelah. Setiap hari mereka menggarap sawah milik orang lain.

Upah dari Sang Juragan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kami saja, untuk makan, bayar listrik, air dan sekolah.

Setelah lulus SMA, saya dilanda kebingungan. Satu sisi saya benar-benar ingin kuliah, tapi di sisi lain orang tua saya tidak mampu membiayainya.

Akhirnya saya berusaha keras untuk mencari beasiswa. Berbekal beberapa piagam dan prestasi yang pernah saya raih, saya mencoba berbagai macam beasiswa. Namun ternyata berburu beasiswa itu tidak mudah, ada banyak rangkaian tes yang harus diikuti.

Saya telah mengikuti setidaknya 5 kali tes beasiswa, namun semuanya gagal. Saya hampir putus asa, namun saya ingat lagi cita-cita saya.

Saya berusaha bangkit lagi dan mencari beasiswa lainnya. Hingga akhirnya saya ikut beasiswa ke luar negeri.

Awalnya saya mengira ini adalah hal mustahil, bersaing dengan banyak orang pintar dan cerdas untuk bisa kuliah di luar negeri.

Namun, rupanya Tuhan memiliki kuasa yang tidak terduga. Saya lolos seleksi dan diterima kuliah di salah satu universitas ternama di Inggris.

Saya kaget luar biasa dan hampir tidak percaya. Akhirnya saya pun mulai kuliah di Inggris, saya harus berjuang menahan rindu dengan keluarga, terutama Ayah dan Ibu saya. Sampai akhirnya saya lulus tepat 4 tahun kemudian, saya lulus dengan predikat cumlaude.

Contoh Teks Biografi Pahlawan

Contoh Teks Biografi Pahlawan
by: berdikarionline.com

Ibu Kartini, sosok pahlawan wanita yang lahir di Jepara, 21 April 1879. Beliau berasal dari keluarga terpandang, Ayahnya bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat.

Sedangkan Ibunya bernama M. A. Ngasirah, beliau adalah istri pertama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat.

Menurut silsilah dari Ayahnya, Ibu Kartini masih terhubung dengan Hamengkubuwono VI dan Kerajaan Majapahit.

Ibu Kartini awalnya dijodohkan oleh orang tuanya untuk menikah dengan Bupati Rembang, yaitu K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat.

Ibu Kartini bukan yang pertama, suaminya tersebut sudah pernah menikah sebanyak 3 kali.

Pernikahan mereka akhirnya dikaruniani anak laki-laki, bernama Soesalit Djojoadhiningrat. Namun sayangnya, 4 hari setelah melahirkan anaknya, Ibu Kartini wafat.

Jasa-jasa yang sudah diberikan oleh Ibu Kartini memang tidak bisa dilupakan begitu saja. Berkat beliau, sekarang semua wanita telah memperoleh kebebasannya.

Ibu Kartini sangat suka berinteraksi dengan sahabatnya yang tinggal di Eropa. Dalam surat yang ditulisnya, Ibu Kartini selalu menuangkan gagasannya terkait eksistensi seorang wanita pada masa itu.

Semua surat-surat (berbahasa Inggris) tersebut kemudian dibukukan dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Buku ini sudah dicetak belasan kali, dan diterjemahkan dalam berbagai bahasa, termasuk Melayu dan Indonesia.

Selain itu, Ibu Kartini juga mendirikan Sekolah Wanita, tepatnya berada di wilayah Kantor Kabupaten Rembang. Gedung tersebut saat ini bernama Gedung Pramuka.

Semua perjuangan beliau dalam memerdekakan wanita akhirnya menemui titik terang. Semua pemikirannya lambat laun telah diakui oleh dunia.

Sepeninggal Ibu Kartini, semua wanita telah memperoleh hak yang sama dengan laki-laki. Misalnya, kebebasan untuk bisa berpendidikan tinggi, bekerja, berprestasi, dan sebagainya.

Contoh Teks Biografi Siswa

Contoh Teks Biografi Siswa
metrocontinuingeducation.ca

Tiara Dewi, siswa kelas 12 SMA Negeri 1 Jakarta. Tiara berasal dari keluarga cukup mampu, orang tuanya berprofesi sebagai PNS.

Tiara memang dibilang sangat beruntung, meski tinggal di pinggiran Jakarta, namun pendidikannya cukup terjamin.

Orang tuanya sangat mendukung dan selalu memfasilitasi semua kebutuhan Tiara, termasuk kegiatan les diluar jam sekolahnya.

Sejak SD, Tiara memang selalu mendapat rangking 1 di kelasnya. Bahkan sejak SMP, Tiara tidak hanya terbaik di kelasnya saja, tapi juga terbaik dari seluruh kelas yang ada.

Prestasi akademiknya selalu gemilang, mulai dari Matematika, Bahasa, Seni, hingga Olahraga. Selain nilai-nilainya yang selalu bagus, Tiara juga sudah sering menyumbang piala untuk sekolahnya.

Tiara selalu ikut lomba dan olimpiade, dan semuanya selalu menang. Prestasinya sudah sangat terkenal, mulai dari sekolah hingga tingkat Provinsi.

Tiara menjadi murid paling disukai oleh para guru karena kecerdasannya. Saat kelulusan, Tiara juga menjadi lulusan terbaik di sekolahnya. Prestasi ini mengantarkan Tiara untuk memperoleh beasiswa di Universitas Indonesia.

Sambil menunggu perkuliahan dimulai, Tiara mulai rajin membuat tulisan. Tiara mulai membuat blog pribadi dan mengisinya dengan karya-karyanya.

Tiara sangat suka sastra, sehingga blognya didominasi oleh karya fiksi berupa puisi dan cerpen. Tiara juga bercita-cita menjadi seorang penulis terkenal dan memiliki banyak buku yang bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Contoh Teks Biografi Guru

Contoh Teks Biografi Guru
indiadidac.org

Pak Ali adalah Guru Fisika yang sangat lucu. Setiap kali mengajar di kelas, murid-muridnya selalu tertawa sehingga Fisika menjadi menyenangkan.

Fisika yang notabene pelajaran paling sulit, bisa disulap menjadi pelajaran paling menyenangkan jika Pak Ali yang mengajarnya. Rupanya hal ini tidak lepas dari kerja keras Pak Ali sendiri saat “dibalik layar”.

Rupanya, Pak Ali selalu rutin mencari referensi dari internet. Pak Ali selalu mencari cara “bagaimana agar Fisika terlihat mudah?”. Kecanggihan teknologi saat ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh Pak Ali.

Pak Ali rela lembur di rumah untuk membuat media ajar yang menarik. Hal ini bertujuan agar murid-muridnya bisa dengan mudah memahami materi Fisika yang memang dianggap sulit oleh banyak murid.

Meskipun sekilas terlihat seperti mengajar anak-anak PAUD atau TK, tapi Pak Ali tidak menghiraukannya.

Hal terpenting adalah, murid-muridnya tertarik dengan media ajarnya. Jika murid-muridnya sudah tertarik, maka otomatis mereka akan dengan senang hati memperhatikan.

Agar murid-muridnya tidak jenuh, Pak Ali selalu menyelipkan contoh-contoh teori Fisika dengan kisah-kisah lucu.

Usaha Pak Ali akhirnya membuahkan hasil. Hampir semua murid Pak Ali selalu berhasil mendapatkan nilai Fisika yang bagus.

Tidak hanya itu, beberapa muridnya bahkan berhasil menjuarai olimpiade Fisika sampai ke tingkat Nasional.

Pak Ali juga telah diberi penghargaan dari Dinas Pendidikan sebagai Guru Paling Kreatif. Sosok Pak Ali memang sudah selayaknya dicontoh oleh guru-guru yang lainnya.

Contoh teks biografi diatas bisa Anda pelajari dan dikembangkan sendiri. Pada dasarnya semua orang layak untuk dijadikan narasumber biografi.

Satu hal yang terpenting adalah narasumber harus memiliki kisah sukses yang bisa dijadikan inspirasi.

Sukses disini bisa diartikan bermacam-macam, bisa sukses dalam belajar, berkarir, hingga sukses menjadi pahlawan, seperti biografi Ibu Kartini di atas.