10+ Contoh Hewan Vivipar Pengertian dan Ciri-cirinya Lengkap

Contoh Hewan Vivipar
image by: scientificamerican.com

Warta News – Contoh hewan vivipar merupakan hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan.

Perkembangbiakan hewan secara generatif terbagi menjadi tiga macam, yaitu ovipar, vivipar, dan ovovivipar.

Pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai seluk beluk mengenai hewan vivipar beserta contohnya.

Pengertian Hewan Vivipar

Dalam KBBI, vivipar adalah reproduksi hewan yang menyebabkan sel telurnya berkembang di dalam tubuh induknya.

Sedangkan menurut ilmu biologi, vivipar adalah cara perkembangbiakan pada hewan dimana hewan akan melahirkan dan menyusui anaknya.

Ketika berada di dalam tubuh sang betina, janin memperoleh makanan dari induknya.
Ada banyak sekali contoh hewan vivipar yang hidup di sekeliling manusia.

Pada dasarnya hewan vivipar sama dengan hewan ovipar, yakni menghasilkan telur dapat perkembangbiakannya.

Akan tetapi, hewan vivipar tidak langsung mengeluarkan telur dari tubuhnya. Telur hewan vivipar mengalami perkembangan di dalam rahim induknya.

Perbedaan lain dari hewan ovipar ialah telur miliki hewan vivipar tidak mempunyai cangkang atau bungkus yang keras.

Setelah mengalami fertilisasi antara sel telur dengan sel sperma, telur akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan menjadi individu muda.

Proses perkembangan telur setelah fertilisasi disebut dengan masa kehamilan. Setelah melalui masa kehamilan, individu muda akan dilahirkan.

Biasanya individu yang baru lahir akan mendapatkan makanan dari induknya dengan cara menyusui.

Hewan vivipar mempunyai kelenjar mammae atau kelenjar susu yang dapat menghasilkan cairan susu untuk diberikan kepada anaknya.

Ciri-ciri Hewan Vivipar

Dengan mengetahui ciri-ciri hewan vivipar, Anda akan lebih mudah menentukan mana yang termasuk contoh hewan vivipar. Berikut beberapa ciri yang dimiliki hewan vivipar:

– Mempunyai kelenjar susu atau kelenjar mammae yang berfungsi sebagai makanan anaknya.

– Dalam siklus hidup hewan vivipar mengalami masa kehamilan.

– Hewan vivipar akan menyusui anaknya setelah melahirkan.

– Mempunyai rambut atau bulu-bulu halus yang menutupi sebagian/seluruh tubuh hewan vivipar.

– Memiliki daun telinga.

– Mayoritas hewan vivipar termasuk ke dalam hewan mamalia.

Contoh Hewan Vivipar

Setelah memahami pengertian dan ciri-ciri hewan vivipar, sebaiknya Anda juga mengetahui berbagai contoh hewan vivipar.

Berikut beberapa contoh hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan:

1. Monyet

monyet
image by: upload.wikimedia.org

Monyet adalah semua hewan primata yang tidak termasuk pada golongan kera. Akan tetapi, kera atau prosimia juga merupakan contoh hewan vivipar.

Perbedaan monyet dengan kera terletak pada ukurannya, monyet mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil daripada kera.

Hewan ini merupakan salah satu hewan yang dapat belajar. Mereka mampu menggunakan berbagai alat untuk memperoleh makanan.

Ada beberapa jenis monyet yang biasa digunakan sebagai hiburan manusia seperti topeng monyet.

2. Kambing

kambing
image by: bbci.co.uk

Nama latin kambing ialah Capra aegagrus. Biasanya kambing mempunyai janggut, tanduk, dan dahi yang bentuknya cembung, baca juga daur hidup kambing.

Kebanyakan jenis kambing mempunyai bulu atau rambut yang lurus dan kasar. Pada umumnya kambing dijadikan sebagai hewan ternak karena dapat dimanfaatkan susu serta dagingnya.

Hewan ini tergolong ke dalam golongan herbivora yang merupakan hewan pemakan tumbuhan. Kambing betina akan mengalami masa kehamilan selama kurang lebih 5 bulan atau 150 hari.

3. Sapi

sapi
image by: cowsignals.com

Sama seperti kambing, sapi juga merupakan hewan ternak karena dapat dimanfaatkan daging dan susunya.

Contoh hewan vivipar ini lebih dikenal sebagai hewan ternak khas dari suku bovidae. Selain diambil susu dan dagingnya, pemeliharaan sapi juga bertujuan untuk diambil kulitnya.

Pada zaman dahulu sapi sering dimanfaatkan tenaganya untuk mengangkut barang dan membajak sawah.

Ada berbagai macam spesies sapi yang semuanya memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Sapi juga tergolong ke dalam hewan herbivora atau pemakan rumput.

4. Paus

paus
image by: Sky News

Paus merupakan satu-satunya mamalia yang habitatnya berada di dalam perairan laut. Meskipun hidup di air laut, namun paus bernafas dengan menggunakan organ paru-paru. Sesekali paus akan muncul ke permukaan laut dengan tujuan menghirup udara.

5. Singa

singa
image by: blibli.com

Singa adalah spesies dari keluarga kucing besar atau felidae. Pada umumnya hewan ini hidup di hutan dengan cara berkelompok. Dalam satu kelompok singa terdiri dari satu jantan dan beberapa betina.

Singa betina dikenal lebih sering berburu dan mencari mangsa dibandingkan dengan singa jantan. Sedangkan singa jangan dikenal memiliki kekuasaan dan lebih perkasa dibandingkan dengan jenis kucing besar lainnya. Kelemahan yang dimiliki singa ialah tidak mampu memanjat pohon.

6. Kucing

kucing
image by: forbesimg.com

Kucing merupakan salah satu hewan mamalia yang gemar memakan daging. Meskipun pemakan daging, namun kucing tidak lah buas dan tidak terlalu membahayakan manusia.

Kucing memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil dan ditutupi oleh bulu. Tubuh dan bulu kucing sangat bervariasi, mulai dari warna hingga teksturnya.

Karena kelucuan hewan ini membuat banyak orang orang tertarik untuk memelihara kucing. Akan tetapi, ada sebagian orang yang alergi terhadap bulu kucing, baca juga daur hidup kucing.

7. Jerapah

jerapah
image by: scx2.b-cdn.net

Jerapah merupakan hewan tertinggi yang hidup di daratan. Contoh hewan vivipar ini memiliki jumlah kuku yang genap.

Tinggi jerapah jantan dapat mencapai 4,4 meter serta berat sekitar 1.300 kg. Sedangkan jerapah betina lebih pendek dan lebih kecil ukurannya dibandingkan dengan jerapah jantan.

8. Anjing

anjing
image by: hearstapps.com

Anjing adalah hewan peliharaan yang banyak digemari manusia. Jenis mamalia ini telah mengalami domestikasi sejak 15.000 tahun lalu.

Sama seperti kucing, makanan utama anjing adalah daging. Meskipun pemakan daging, namun keberadaan anjing sama sekali tidak membahayakan manusia.

Hewan ini mempunyai bulu yang indah dan bervariasi. Anjing termasuk hewan yang memiliki perasaan dan pandai jika dilatih dengan baik. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang ingin memelihara anjing di rumah.

9. Lumba-lumba

Lumba lumba
image by: travelpulse.com

Lumba-lumba merupakan mamalia yang hidup di laut dan mempunyai kecerdasan. Hewan ini memiliki kecerdasan yang paling tinggi dibandingkan dengan hewan laut lainnya.

Lumba-lumba dapat berenang dengan cepat karena mereka mampu mengurangi gesekan tubuh dengan air.

10. Kelinci

kelinci
image by: humanesociety.org

Kelinci adalah salah satu hewan dari keluarkan leporidae. Hewan mamalia ini memiliki tubuh yang mungil dan tersebar di seluruh bagian bumi. Kelinci dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan maupun hewan ternak.

Biasanya hewan ini diambil dagingnya karena memiliki rasa yang lezat. Akan tetapi, tidak semua jenis kelinci dapat dimanfaatkan dagingnya. Kelinci dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan jenis bulunya, yakni kelinci berbulu pendek dan berbulu panjang.

11. Orang Utan

orangutan
image by: bbci.co.uk

Orang utan adalah hewan yang sejenis dengan kera namun mempunyai ukuran tubuh yang besar.

Bulu yang dimiliki orang utan berwarna coklat atau kemerahan. Banyak orang utan yang hidup di daerah hutan tropis malaysia dan Indonesia.

Di Indonesia sendiri lebih banyak ditemukan orang utan pada Pulau Sumatra dan Kalimantan.

Tinggi badan orang utan ialah sekitar 1,25 hingga 1,5 meter. Orang utan mempunyai posisi mulut yang tinggi serta kepala yang besar.

Semua contoh hewan vivipar termasuk ke dalam golongan mamalia. Habitat hewan vivipar ada yang di perairan dan daratan, namun lebih banyak yang di darat.

Perlu Anda ketahui bahwa manusia juga berkembangbiak dengan cara vivipar.