9 Contoh Hewan Vertebrata dan Penjelasannya Lengkap

Contoh Hewan Vertebrata

Warta News – Contoh hewan vertebrata merupakan merupakan jenis hewan yang memiliki tulang belakang pada struktur tubuhnya. Perlu Anda ketahui bahwa penggolongan hewan berdasarkan ada tidaknya tulang belakang terbagi menjadi 2 jenis.

Yakni hewan vertebrata dan hewan invertebrata, pengertian hewan inverterbrata ialah hewan yang tidak memiliki tulang belakang pada struktur tubunya.

Pengertian Hewan Vertebrata

Pengertian vertebrata ialah golongan hewan yang mempunyai tulang belakang pada struktur tubuhnya. Tulang belakang yang dimiliki hewan merupakan notokorda (korda dorsalis) atau perkembangan penyokong tubuh. Notokorda tersebut hanya terdapat pada hewan di masa embrionik saja, kemudian akan terjadi penulangan ketika sudah dewasa.

Penulangan notokorda pada saat dewasa tersebut akan menjadi sistem penyokong tubuh sekunder. Penyokong tubuh sekunder itulah yang dinamakan dengan tulang belakang (vertebrata).

Ciri ciri Hewan Vertebrata

Contoh hewan vertebrata dapat ditentukan dengan cara menyesuaikan ciri-ciri yang dimiliki hewan vertebrata. Ciri-ciri tersebut diantaranya ialah:

1. Mempunyai tulang belakang sejati.

2. Ukuran tubuh hewan berbeda-beda atau bervariasi.

3. Otak yang dimiliki hewan verterbrata telah berkembang dengan baik.

4. Mayoritas hewan vertebrata memiliki kepala dan tubuh yang terpisah.

5. Semua hewan vertebrata memiliki alat gerak aktif.

6. Mempunyai bentuk tubuh yang simetris bilateral.

7. Mempunyai 2 lapisan kulis yakni epidermis yang berada di luar dan endodermis yang berada di dalam.

5 Klasifikasi Hewan Vertebrata

Ada banyak sekali contoh hewan vertebrata di dunia ini. Oleh karena itu hewan vertebrata masih bisa diklasifikasikan menjadi dua jenis yakni pisces dan tetrapoda.

Kemudian tetrapoda terbagi lagi menjadi beberapa kelompok diantaranya ialah reptil, mamalia, aves, dan amfibi. Berikut merupakan penjelasan dari klasifikasi hewan vertebrata:

1. Pisces

Pisces merupakan hewan yang habitatnya berada di dalam air atau seringkali disebut dengan ikan. Ikan termasuk ke dalam contoh hewan vertebrata karena ikan memiliki tulang belakang.

Struktur tulang yang dimiliki ikan tersusun atas dua macam tulang, yakni tulang rawan dan tulang sejati. Ikan memiliki struktur tubuh khusus yang memungkinkan untuk bergerak di dalam air.

2. Reptil

Reptil adalah golongan hewan yang memiliki sisik untuk menutupi tubuhnya dan berdarah dingin. Reptil memiliki kesamaan dengan hewan mamalia yakni alat pernapasannya berupa paru-paru dan memiliki 4 ruang katup jantung. Mayoritas hewan yang tergolong ke dalam reptil akan berkembang biak secara bertelur atau ovipar.

3. Mamalia

Mamalia adalah golongan hewan yang mempunyai glandula mammae atau kelenjar susu. Biasanya sering dinyatakan bahwa mamalia merupakan hewan yang dapat menyusui anaknya. Hewan mamalia bernapas menggunakan paru-paru dan tergolong ke dalam hewan berdarah panas.

4. Aves

Aves atau lebih dikenal dengan sebutan burung merupakan hewan yang mempunyai sayap dan bulu. Mayoritas hewan yang tergolong ke dalam aves dapat terbang meskipun tidak semuanya bisa terbang.

5. Amfibi

Amfibi merupakan jenis hewan yang mampu bertahan hidup di dalam air maupun di darat. Hal tersebut dikarenakan amfibi memiliki dua sistem pernapasan yakni kulit dan paru-paru. Pada saat berada di darat hewan amfibi akan bernapas menggunakan paru-paru, sedangkan saat di air akan bernapas dengan kulit.

9 Contoh Hewan Vertebrata dan Penjelasannya

Supaya Anda lebih paham mengenai hewan vertebrata sebaiknya Anda juga mengetahui berbagai contoh hewan vertebrata. Berikut ada beberapa contoh hewan vertebrata beserta penjelasannya:

Ikan Hiu

ikan hiu
image by: jakpost.net

Ikan hiu merupakan salah satu contoh hewan vertebrata yang tergolong ke dalam pisces. Ikan ini mempunyai tulang belakang yang terbentang dari kepala hingga ekornya dan sering dikenal sebagai ikan predator. Ikan hiu menjadi predator yang juga merupakan konsumen puncak pada rantai makanan.

Gigi taringnya yang sangat tajam memudahkan hewan ini untuk mencerna makanannya yang berupa daging. Ikan hiu bernapas menggunakan ingsang yang terdiri atas lima lubang. Akan tetapi ada sebagian jenis hiu yang memiliki enam lubang pada insangnya.

Salamander

salamander
image by: idntimes.com

Contoh hewan verterbrata yang selanjutnya ialah salamander yang tergolong ke dalam amfibi. Salamander dapat bertahan hidup di air maupun di darat, yakni di air pada saat masih kecil dan di darat ketika sudah dewasa. Oleh sebab itu pada saat masih kecil hewan ini bernapas menggunakan insang dan bernapas dengan paru-paru saat dewasa.

Katak

katak
image by: burkemuseum.org

Katak juga merupakan hewan vertebrata yang termasuk ke dalam amfibi. Salah satu ciri yang dimiliki katak ialah mengalami metamorphosis sempurna. Katak berkembangbiak secara bertelur dan fertilisasinya dilakukan secara eksternal atau diluar tubuh katak.

Telur katak yang sudah menetas akan menjadi anak katak yang sering disebut dengan kecebong. Kecebong bernapas menggunakan kulit dan hidup di perairan. Setelah beberapa saat kecebong akan ditumbuhi alat gerak lalu berubah menjadi katak dewasa. Katak dewasa akan hidup di daratan dan bernapas dengan paru-paru, namun bisa juga hidup di dalam air.

Ular

ular
image by: bbci

Ular merupakan salah satu contoh hewan vertebrata yang tergolong ke dalam reptil. Hewan ini termasuk ke dalam hewan melata yang tidak mempunyai kaki. Ular mempunyai kemampuan untuk membunuh mangsanya dengan menggunakan bisanya.

Penguin

Penguin tergolong ke dalam jenis aves namun tidak mempunyai kemampuan untuk terbang. Hal tersebut dikarenakan ukuran atau berat badannya lebih besar dibandingkan dengan sayapnya. Kulitnya yang tebal membuat hewan ini mampu hidup di daerah dingin atau kutub. Penguin bernapas menggunakan paru-paru dan merupakan hewan perenang yang baik.

Kanguru

Kangguru
image by: gannett-cdn.com

Kanguru merupakan hewan termasuk ke dalam ordo marsupila dan memiliki nama latin Dendralogus sp. Kanguru memiliki tulang belakang sehingga disebut sebagai hewan vertebrata dan termasuk ke dalam hewan mamalia. Kanguru memiliki alat gerak berupa kaki pada bagian belakang yang lebih panjang sehingga hewan ini akan melompat saat berlari.

Kanguru berkembang biak secara melahirkan dan anaknya dilahirkan dalam kondisi prematur. Karena melahirkan secara prematur, kanguru akan menyimpan anaknya di dalam kantung yang ada pada bagian perut tubuhnya.

Kadal

Kadal termasuk ke dalam jenis reptil dan merupakan mahluk hidup yang berdarah dingin. Oleh karena itu kadal tidak dapat mengubah suhu tubuh sesuai dengan suhu lingkungannya. Kadal berkembang biak secara ovovivipar dan memiliki tulang belakang sehingga disebut dengan hewan verterbrata.

Burung Beo

Hewan ini merupakan hewan vertebrata yang tergolong ke dalam aves dan memiliki kemampuan untuk terbang. Kantung udara yang ada pada burung ini membantunya bernapas saat terbang.

Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki struktur tulang belakang yang hampir sama dengan ikan hiu. Ikan yang dikenal dengan ikan kaya akan omega 3 ini memiliki bentuk tubuh bilateral. Anda akan menjumpai banyak ikan salmon di kawasan samudra antlantik dan samudra pasifik. Keunikan yang dimiliki ikan salmon ialah dapat hidup di air tawar dan hidup di air laut ketika dewasa.

Jadi contoh hewan vertebrata ialah berbagai macam hewan yang memiliki tulang belakang pada struktur tubuhnya. Tulang belakang yang dimiliki hewan sebagai sistem penyokong sekunder. Ada banyak sekali hewan vertebrata yang ada di bumi ini sehingga dapat diklasifikasikan menjadi berbagai macam.