10+ Contoh Hewan Omnivora dan Penjelasannya Lengkap

Contoh Hewan Omnivora
Image by: phys.org

Warta News – Contoh hewan omnivora adalah hewan yang dapat digolongkan sebagai karnivora dan juga herbivora. Golongan hewan berdasarkan jenis makanannya dibedakan menjadi 3, yakni karnivora, herbivora, dan omnivora. Tahukah Anda bahwa omnivora merupakan hewan pemakan segalanya? Artinya hewan omnivora dapat memakan tumbuhan maupun daging.

Pengertian Hewan Omnivora

Hewan omnivora atau sarwaboga merupakan kombinasi antara hewan karnivora dan herbivora. Kata omnivora berasal dari bahasa latin Omne dan vorera yang memiliki arti melahap semuanya.

Jadi pola makan hewan omnivora ialah terdiri dari hewani dan tumbuhan. Keuntungan yang dimiliki hewan omnivora ialah mampu mengonsumsi berbagai macam makanan sehingga dapat mudah memperoleh makanan.

Ciri-ciri Hewan Omnivora

Sebelum memahami contoh hewan omnivora sebaiknya Anda juga mengetahui ciri-ciri hewan omnivora. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam mengelompokkan yang tergolong hewan omnivora. Berikut merupakan ciri-ciri yang dimiliki hewan omnivora:

1. Makanan utamanya terdiri atas dua macam yakni hewani dan tumbuhan.

2. Mempunyai pencernaan yang kompleks atau sempurna, sehingga memungkinkan untuk mencerna makanan yang keras.

3. Mempunyai gigi yang tajam di bagian depannya.

4. Mempunyai gigi yang datar pada bagian belakangnya.

Contoh Hewan Omnivora dan Ciri Cirinya

Jika Anda perhatikan di sekitar, hewan pemakan daging dan tumbuhan biasanya tidak buas seperti hewan karnivora. Hal tersebut dikarenakan daging bagi hewan omnivora bukan merupakan makanan utamanya.

Pada umumnya hewan omnivora akan memakan binatang yang ukurannya lebih kecil. Ada banyak contoh hewan omnivora dari berbagai jenisnya, diantaranya ialah sebagai berikut:

Ayam

Ayam merupakan salah satu contoh hewan omnivora yang tergolong dalam jenis hewan unggas. Makanan yang dikonsumsi oleh ayam ialah seperti padi, kacang-kacangan, gandum, dan lainnya yang termasuk dalam Kingdom Plantae. Selain itu, hewan ini juga mengkonsumsi daging berupa ulat, cacing, serangga, dan lain sebagainya yang ukurannya lebih kecil dari ayam.

Lele

Ikan Lele
image by: caboosecms.com

Hewan ini merupakan ikan yang sering dijadikan menu makanan di sekitar kita. Lele tidak hanya memakan tumbuhan saja, namun juga memakan daging. Karena lele mengkonsumsi segala jenis makanan maka hewan ini termasuk ke dalam hewan omnivora. Seringkali lele disebut kanibal karena lele suka memakan ikan sejenisnya yang berukuran lebih kecil.

Selain memakan ikan sesama jenis, lele juga gemar memakan fitoplankton dan ikan yang terdapat di dalam ekosistemnya. Sedangkan tumbuhan yang sering dimakan oleh lele ialah daun-daun yang cenderung lunak. Terkadang lele juga memakan hewan kecil yang mengganggu tubuhnya atau biasa disebut dengan parasite pada lele.

Gorila

Gorila
image by: bbc

Gorilla merupakan salah satu contoh hewan omnivora yang termasuk primata. Ciri yang dimiliki gorilla ialah tubuhnya lebih besar dibandingkan dengan primata lainnya. Hewan ini digolongkan ke dalam omnivora karena ia memakan berbagai macam tumbuhan dan daging berupa serangga. Uniknya DNA pada gorilla identik dengan DNA manusia dan kemiripannya sekitar 97-98%.

Kemiripan DNA gorilla dengan manusia tersebut dapat dilihat dari struktur tubuhnya yang tegak dan memiliki alat gerak yang sama dengan manusia yakni tangan dan kaki. Selain itu, menurut penelitian telah dibuktikan bahwa gorilla memiliki intelegensi yang cukup tinggi. Terdapat primate lain yang juga merupakan hewan omnivora yaitu monyet dan simpanse.

Burung Flamingo

Salah satu contoh hewan omnivora yang termasuk ke dalam jenis hewan unggas ialah burung flamingo. Burung ini dikenal dengan bentuknya yang cantik, warnanya merah jambu, dan memiliki kaki yang jenjang. Selain itu, bentuk paruh burung flamingo yang unik membuat bentuk burung ini semakin cantik dan eksotik.

Disebut sebagai hewan omnivora karena burung flamingo memakan daging berupa udang dan tumbuhan berupa alga merah atau hijau. Makanan yang dikonsumsinya mengandung betakarotin yang cukup tinggi sehingga hal ini menyebabkan warna tubuhnya kemerahan. Bentuk paruh burung flamingo yang unik tersebut berfungsi untuk menyaring makanan.

Tupai

squirrel
image by: theconversation.com

Digolongkan sebagai hewan omnivora karena makanan utama tupai ialah tumbuhan dan daging. Tumbuhan yang biasa dimakan oleh tupai yakni biji-bijian, buah, jamur, dan lainnya. Sedangkan daging yang biasa dimakan oleh tupai yaitu berbagai jenis serangga berukuran kecil yang terdapat di pepohonan.

Beruang

Beruang
image by: cgtn.com

Contoh hewan omnivora selanjutnya ialah beruang yang gemar memakan apa saja. Hewan yang satu ini identik dengan makanan favoritnya yakni madu. Biasanya di dalam kartun akan digambarkan bahwa hewan omnivora ini sangat gemar memakan madu. Makanan utama beruang diantaranya ialah buah, serangga kecil, burung, hewan kecil, dan berbagai macam tumbuhan.

Landak

Contoh hewan omnivora yang satu ini termasuk ke dalam golongan hewan rodentia (pengerat). Salah satu ciri yang dimiliki landak ialah rambutnya tebal dan berbentuk seperti duri yang tajam. Duri pada tubuh landak tersebut berfungsi untuk melindungi dirinya dari serangan mangsa. Hewan ini banyak dijumpai di daerah Asia, Amerika, Afrika, dan terutama di daerah beriklim tropika.

Landak termasuk hewan omnivora karena memakan tumbuhan berupa sayuran, buah dan daging berupa jangkrik, semut, serangga. Dilihat dari ukuran tubuhnya, landak merupakan hewan pengerat terbesar nomor tiga. Bentuk badan landak ialah agak membulat dan bergerak tidak terlalu lincah.

Serigala Merah

Jika diperhatikan secara morfologis, hewan ini merupakan kombinasi antara serigala abu-abu dengan coyote. Warna tubuh serigala merah ialah kemerahan semu coklat dan memiliki nama latin Canis Rufus. Serigala ini juga sering dikenal dengan sebutan serigala florida atau serigala mississipi valley.

Pada daftar Federasi Amerika dinyatakan bahwa serigala merah termasuk hewan yang dilindungi oleh undang-undang. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kepunahan karena hewan ini merupakan spesies langka. Berbeda dengan jenis serigala lainnya, serigala akan memakan buah-buahan jika jumlah daging di ekosistem sekitarnya menurun.

Kura-Kura

Hewan yang termasuk ke dalam ordo Testudinata dikenal dengan tempurungnya yang kaku dan keras. Tempurung tersebut terbangi menjadi dua yakni di bagian atas dan di bagian bawah. Selain itu, kura-kura mempunyai sisik dan alat gerak berupa kaki yang jumlahnya ada empat. Kura-kura termasuk ke dalam golongan reptil dan memiliki umur yang relatif lama.

Tempurung kura-kura pada bagian atas disebut dengan karapas, sedangkan bagian bawah disebut dengan plastron. Kura-kura tergolong ke dalam hewan omnivora karena memakan berbagai macam tumbuhan dan daging. Hewan ini memiliki moncong di mulutnya yang bersifat tajam dan keras untuk mengoyak makanan.

Paus

Makanan utama ikan paus ialah cumi-cumi dan crustacea. Karena memakan makanan jenis tumbuhan dan daging, maka paus digolongkan ke dalam hewan omnivora. Ciri hewan ini ialah tubuhnya yang besar dan hidup lautan. Selain itu, pasu juga gemar memakan copeda dan krill walaupun dalam jumlah yang tidak banyak.

Babi

Babi merupakan salah satu contoh mamalia yang termasuk ke dalam hewan omnivora. Hewan ini memakan berbagai maca tumbuhan, sayur, dan buah. Selain itu, babi juga akan gemar memakan serangga. Ciri yang dimiliki oleh hewan ini ialah telinganya yang besar dan bentuk hidungnya yang sangat khas.

Jadi, kesimpulan setelah mengetahui contoh hewan omnivora di atas, adanya gigi tajam di bagian depan dan datar di bagian belakang merupakan adaptasi dari hewan omnivora agar dapat mencerna makanannya dengan mudah. Keuntungan yang dimiliki hewan omnivora ialah dapat dengan mudah menemukan makanan atau fleksibel.