10+ Contoh Hewan Mamalia Beserta Penjelasannya Lengkap

Contoh Hewan Mamalia

Warta News – Contoh hewan mamalia yang paling mudah adalah sapi. Gampangnya, semua hewan mamalia adalah hewan yang mempunyai kelenjar mamae.

Banyak sekali masyarakat awam yang mengatakan bahwa hewan mamalia ialah hewan yang dapat melahirkan anaknya. Padahal, tidak selalu seperti itu.

Kelenjar mamae dapat berfungsi untuk mengeluarkan nutrisi berupa susu yang akan diberikan kepada anaknya. Sesuai dengan namanya, mamalia berasal dari bahasa latin yaitu “Mammae” yang memiliki arti menyusui.

Pengertian Hewan Mamalia

Pengertian hewan mamalia adalah hewan yang menyusui dan termasuk ke dalam golongan hewan vertebrata. Mamalia dapat menyusui karena memiliki glandula mammae atau sering disebut dengan kelenjar susu. Glandula mamae atau kelenjar susu tersebut hanya dimiliki hewan betina karena berfungsi untuk memberikan nutrisi kepada anaknya.

Ciri-ciri Hewan Mamalia

Jika Anda perhatikan dalam kasta hewan, mamalia merupakan kelas tertinggi karena dapat hidup di berbagai habitat. Habitat hewan mamalia sangat bervariasi sesuai kemampuan yang dimiliki hewan seperti di hutan lebat, dasar laut, gurun pasir, bahkan kutub khatulistiwa.

Untuk menentukan contoh hewan mamalia dapat dilihat dari ciri-ciri hewan mamalia diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Memiliki tulang belakang.

2. Memiliki gigi geraham dan gigi taring

3. Termasuk hewan berdarah panas atau sering disebut dengan homoikoterm, sehingga dapat mempertahankan suhu tubuh dan mempunyai sistem peredaran darah tertutup.

4. Berkembangbiak secara melahirkan atau vivipar.

5. Alat pernafasannya ialah paru-paru.

6. Pada bagian tubuhnya mempunyai anggota gerak.

7. Jantung terdiri dari empat ruang yakni 2 serambi dan 2 bilik.

8. Mempunyai cakar dan kuku.

Contoh Hewan Mamalia dan Nama Latinnya

Dalam menentukan contoh hewan mamalia akan sangat mudah sekali, yakni dengan melihat apakah hewan tersebut dapat menyusui anaknya atau tidak. Karena hewan mamalia merupakan kelas tertinggi dalam kasta hewan dan dapat hidup di berbagai macam habitat, maka ada banyak sekali hewan mamalia di dunia ini. berikut merupakan beberapa contoh hewan mamalia beserta penjelasannya:

Kelelawar

Kelalawar
image by: theconversation.com

Kelelawar memiliki nama latin (Chiroptera) merupakan salah satu contoh hewan mamalia yang memiliki kemampuan untuk terbang. Hewan yang memiliki nama latin Pterropus sp ini termasuk ke dalam ordo Chiroptera. Ciri yang menonjol dari hewan kelelawar ialah bergerak aktif hanya pada malam hari saja. Kelelawar juga dapat digolongkan ke dalam hewan herbivora karena makannya berupa buah-buahan.

Biasanya kelelawar akan hidup secara berkelompok di alam bebas dan banyak ditemukan pada gua. Kelelawar memiliki glandula mamae atau kelenjar mamae yang berfungsi untuk menghasilkan cairan nutrisi atau susu. Kelelawar mempunyai organ gerak berupa selaput yang dapat membantunya untuk terbang.

Kangguru

Kangguru
image by: gannett-cdn.com

Contoh hewan mamalia selanjutnya ialah kanguru memiliki nama latin (Macropus Giganteus), hewan ini termasuk ke dalam ordo Marsupila dan memiliki nama latin Dendralogus sp. Anda akan menjumpai banyak kanguru di daerah Australia karena merupakan habitat asalnya. Ciri yang paling menonjol pada kanguru ialah anaknya dilahirkan secara prematur.

Karena melahirkan secara prematur, kanguru akan menyimpan anaknya di dalam kantung yang ada pada bagian perut tubuhnya. Kemana saja kanguru pergi akan selalu membawa anaknya di dalam kantung. Alat gerak yang dimiliki kanguru ialah kaki bagian belakang lebih panjang dan akan melompat pada saat hewan ini berlari.

Lumba-lumba

Lumba lumba
image by: travelpulse.com

Hewan ini merupakan salah satu contoh hewan mamalia yang habitatnya berada di dalam air. Lumba-lumba memiliki nama latin (Stenella coeruleoalba) memiliki nama latin Delpihinus sp dan tergolong ke dalam ordo Cetacean. Meskipun hewan ini berhabitat di dalam air, namun alat pernapasannya berupa paru-paru. Lumba-lumba banyak digemari karena dianggap hewan yang mempunyai hubungan baik dengan manusia.

Lumba-lumba memiliki kemampuan untuk mendeteksi gelombang dalam air secara kasat mata. Oleh karena itu ia dapat mengetahui pergerakan yang terjadi di sekitarnya. Hewan ini termasuk unik karena biasanya hewan yang hidup di dalam air tidak berkembangbiak secara melahirkan. Namun lumba-lumba berkembangbiak secara melahirkan dan memiliki glandula mamae.

Platypus

Platypus
image by: aljazeera.com

Platypus memiliki nama latin (Ornithorhynchus anatinus) adalah hewan yang banyak dijumpai atau ditemukan di benua Asutralia. Ciri yang dimiliki platypus ialah bentuk paruhnya seperti paruh pada bebek. Platypus mempunyai nama latin Prnithorhynchu sp dan berkembangbia secara vivipar. Hewan ini dapat hidup di ekosistem laut atau darat karena memiliki selaput pada kakinya seperti pada kaki bebek.

Tikus

tikus
image by: wikimedia.org

Tikus memiliki nama latin (Muridae) mempunyai nama latin Rattus norvegicus dan termasuk ke dalam ordo Rodentia. Bagi masyarakat umum tikus memang dianggap hewan yang menjijikan. Akan tetapi ada yang sengaja membudidayakan tikus dan digunakan sebagai kebutuhan laboratorium.

Anatomi yang dimiliki tikus hampir mirip dengan anatomi manusia. Oleh karena itulah tikus sering dijadikan sebagai hewan percobaan dalam suatu penelitian. Tikus liar atau tikus yang tidak dibudidayakan banyak dijumpai di daerah pemukiman.

Ekidna Moncong

Ekidna memiliki nama latin (Tachyglossidae) moncong adalah hewan mamalia yang berasal dari Papua dan mempunyai kebiasaan memakan cacing tanah. Hal tersebut dikarenakan hewan ini memiliki bentuk mulut yang moncong dan bengkok ke bawah sehingga mudah untuk menemukan cacing. Badan hewan ini cukup besar, berat badannya ialah dapat mencapai 16,5 kg.

Ekidna moncong mempunyai nama latin Zaglosus sp. Hewan ini termasuk ke dalam jenis mamalia karena mempunyai glandula mamae atau kelenjar susu. Ciri yang dimiliki dari ekidna moncong ialah kuku yang berada pada bagian depan terdapat empat buah.

Harimau

harimau
image by: bbci.co.uk

Hewan Harimau yang memiliki nama latin Panthera tigris ini termasuk ke dalam hewan langka bahkan telah dinyatakan hampir punah di Pulau Jawa. Harimau dapat menjadi langka karena banyak diburu oleh manusia untuk diambil bulunya. Hewan ini termasuk hewan yang berada di puncak rantai makanan karena merupakan predator hewan lainnya.

Kuku dan taring yang tajam pada harimau merupakan keunggulan yang dimiliki harimau untuk mendapatkan makanannya. Harimau dikenal bahwa ia sering menandai batas kekuasaan dengan kuku yang dimilikinya. Harimau sulit untuk bereproduksi dan mempunyai anak dikarenakan daerah jelajah harimau yang sangat luas.

Panda

Panda memiliki nama latin (Ailuropoda melanoleuca) merupakan salah satu contoh hewan mamalia yang seringkali diklasifikasikan dalam keluarga beruang. Hewan yang memiliki nama latin Ailuropoda melanoleuca ini berasal dari Tiongkok Tengah. Ciri yang dimiliki panda ialah jumlah cakarnya yang ganjil dan memiliki jempol yang merupakan tulang pergelangan tangan yang telah termodifikasi.

Singa

Hewan Singa memiliki nama latin Panthera leo ini termasuk hewan karnivora. Makanan utamanya berupa daging dan sering memangsa hewan lain. Oleh karena itu singa dapat dikatakan bahwa ia merupakan predator yang cukup menakutkan. Meskipun merupakan predator, namun hewan ini lebih senang hidup secara berkelompok.

Kelinci

Kelinci (Lepus) adalah salah satu hewan yang berasal dari ordo Lagomorpha dan merupakan hewan mamalia karena memiliki kelenjar susu. Banyak yang gemar memelihara hewan ini karena bentuknya yang lucu. Selain itu, daging kelinci juga memiliki cita rasa yang lezat.

Rusa

Selain harimau, rusa juga merupakan hewan yang banyak diburu oleh manusia sehingga terancam kepunahannya. Rusa memiliki nama latin (Cervidae) banyak diburu manusia karena akan diambil tanduknya. Hewan yang termasuk ke dalam ordo Artiodactyla ini memiliki nama latin Cervis sp. Alat pergerakan yang dimiliki rusa ialah empat kakinya yang dapat digunakan untuk berlari secara cepat.

Dapat disimpulkan bahwa hewan mamalia merupakan hewan yang memiliki glandula mammae atau kelenjar susu yang dapat digunakan untuk memberi nutrisi kepada anak hewan. Jadi, gampang saja, hewan-hewan yang termasuk dalam contoh hewan mamalia pasti mempunyai ciri-ciri yang telah dijelaskan di atas, contohnya: menyusui.