10+ Contoh Hewan Herbivora dan Penjelasannya Lengkap

Contoh Hewan Herbivora
Image by: wildlifeaid.org.uk

Warta News – Contoh hewan herbivora yaitu berbagai macam hewan yang menjadikan tumbuhan sebagai makanan utamanya. Hewan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam berdasarkan berbagai hal.

Salah satu klasifikasi hewan adalah berdasarkan jenis makanannya. Berdasarkan jenis makanannya hewan dibedakan menjadi 3 macam yaitu karnivora, herbivora, dan omnivora.

Dengan adanya contoh hewan herbivora dapat membantu Anda untuk lebih paham mengenai hewan herbivora.

Biasanya hewan yang tergolong ke dalam herbivora akan memakan rumput sebagai makanan utamanya.

Hewan herbivora biasanya tidak buas dan justru menjadi mangsa dari hewan-hewan predator

Pengertian Hewan Herbivora

Herbivora adalah salah satu jenis hewan yang mengandalkan tumbuh-tumbuhan untuk bertahan hidup. Artinya makanan utama hewan herbivora ialah tumbuhan yang ada di sekitar ekosistem.

Berbagai macam bagian tumbuhan dapat dimakan oleh hewan herbivora sesuai jenisnya. Misalnya daun, buah, ranting, kulit kayu, dan lain sebagainya.

Ciri ciri Hewan Herbivora

Ciri-ciri yang dimiliki hewan herbivora diantaranya ialah:

1. Hidup berkelompok

2. Berkembang biak secara vivipar atau beranak.

3. Mayoritas merupakan hewan mamalia atau hewan yang memiliki kelenjar mamae.

4. Kebanyakan hewan yang termasuk dalam herbivora hidup di darat, karena sumber makanannya banyak yang berada di darat.

5. Termasuk ke dalam golongan hewan berdarah panas.

6. Mayoritas tergolong ke dalam golongan hewan yang mempunyai tulang belakang.

7. Memiliki gigi geraham yang lebar.

11 Contoh Hewan Herbivora dan Makanannya

Ada banyak sekali contoh hewan herbivora yang ada di bumi ini, hewan ini hanya akan memperoleh nutrisi dari tumbuhan saja.

Selain itu, hewan herbivora dapat menjadi mangsa lain yang merupakan hewan pemakan daging. Berikut merupakan beberapa contoh hewan herbivora:

Sapi

Sapi
image by: phys.org

Sapi merupakan hewan ternak yang memiliki nama ilmiah Bos Taurus. Sapi menjadi salah satu contoh hewan herbivora karena makanan utamanya berupa rumput atau tumbuhan.

Sapi biasa dijadikan hewan ternak karena daging dan susunya merupakan salah satu kebutuhan manusia.

Hewan ini gemar makan rumput maupun dedaunan karena memiliki sistem percernaan yang unik.

Sistem percenaannya sangat canggih dan baik sehingga dapat dengan mudah mencerna makanan rumput yang sifatnya keras.

Rusa

rusa
image by: bbc

Contoh hewan herbivora selanjutnya ialah rusa yang memiliki nama ilmiah Cervidae. Hewan ini terkenal dengan kemampuan berlarinya yang sangat cepat karena kakinya yang panjang.

Rusa mempunyai gigi geraham yang teksturnya rapat sehingga memudahkan untuk mencerna makanan berupa tumbuhan. Selain itu, rusa juga mempunyai kemampuan untuk berenang dengan baik.

Badak

badak
image by: eurekalert.org

Badak merupakan salah satu hewan herbivora yang berasal dari daerah Afrika dan Asia. Hewan ini termasuk ke dalam faimili Rhinocerotidae dan termasuk hewan yang langka pada saat ini. Meskipun merupakan hewan pemakan tumbuhan namun badak dapat dikatakan buas karena sering menyerang manusia.

Ukuran hewan yang satu ini termasuk besar dan mempunyai bobot mencapai 1 ton. Keunikan yang dimiliki badak adalah memiliki indra pendengaran dan penciuman yang sangat tajam. Biasanya umur badak akan mencapai sekitar 40 tahunan. Selain itu, badak memiliki cula yang sering diincar oleh manusia.

Kuda

kuda
image by: fox news

Kuda merupakan hewan yang memiliki peran penting bagi manusia pada zaman dahulu yakni sering digunakan sebagai alat transportasi. Hewan ini memiliki nama ilmiah Equus caballus dan termasuk hewan yang cukup kuat tenaganya. Oleh karena itu kuda dapat membantu manusia untuk mengangkut barang pada zaman dahulu.

Jerapah

jerapah
image by: scx2.b-cdn.net

Hewan herbivora yang satu ini dikenal dengan sebutan hewan berkuku genap dan memiliki nama ilmiah Giraffa Camelopardalis.

Jerapah merupakan hewan endemic Afrika dan menjadi hewan pemakan tumbuhan tertinggi di dunia.

Tinggi badan yang dimiliki jerapah dapat mencapai 5,5 meter dan berat badannya ialah 1365 kg.

Keunikan dari jerapah ialah lehernya yang sangat panjang sehingga dapat memakan dedaunan dari pohon yang tinggi.

Biasanya jerapah berjenis kelamin jantan memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih tinggi dibandingkan dengan jerapah betina.

Gajah

gajah
image by: jakpost.net

Gajah merupakan salah satu contoh hewan herbivora yang terkenal akan kecerdasannya dan tubuhnya yang besar.

Hewan ini mempunyai nama ilmiah Elephas maximus dan dapat dikatakan hewan yang paling banyak tersebar di kawasan Afrika, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Salah satu ciri yang dimiliki gajah ialah belalai yang panjang dan digunakan untuk mengambil makanan.

Makanan utama semua jenis gajah adalah tumbuhan, meskipun jenis tumbuhan yang dimakan gajah berbeda pada setiap jenis gajah.

Biasanya gajah Asia menjadikan rumput sebagai makanan utamanya, sedangkan gajah Afrika makanannya utama ialah tunas. Uniknya hewan ini dapat mengonsumsi air yang sangat banyak yaitu sekitar 40 liter dalam satu hari.

Zebra

zebra
image by: upload.wikimedia.org

Zebra termasuk ke dalam famili kuda yang memiliki tubuh belang hitam dan putih. Habitat hewan ini berada di negara Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Timur.

Keunikan dari hewan ini ialah tubuh belangnya tidak hanya merupakan ciri saja, namun tubuh belang pada zebra memiliki furngsi. Fungsi tubuh belangnya ialah untuk mengelabuhi mangsa yang ingin menyerangnya.

Zebra merupakan herbivora yang tidak hanya memakan daun atau rumput saja, namun juga memakan bagian tumbuhan lain seperti kulit kayu, semak, dan ranting. Nama ilmiah dari zebra ialah Equus quagga.

Kambing

kambing
image by: bbci.co.uk

Kambing merupakan hewan pemakan tumbuhan yang diternak oleh manusia. Hewan ini mempunyai nama ilmiah Capra aegagrus dan sanggup makan apa saja.

Namun makanan kambing pada umumnya dan paling disukai adalah rumput atau dedaunan. Meskipun merupakan hewan ternak namun ada sebagian kambing yang hidup di alam bebas secara berkelompok.

Domba

domba
image by: ciwf.org.uk

Hewan ini hampir mirip dengan kambing bahkan sebagian orang bingung data membedakan antara kambing dengan domba. Domba sering dikenal dengan sebutan biri-biri dan memiliki nama ilmiah Ovis aries.

Biasanya domba akan diternak karena dimanfaatkan bulunya yang tebal oleh manusia untuk dijadikan pakaian. Selain itu, daging domba juga enak jika dikonsumsi.

Kelinci

kelinci
image by: humanesociety.org

Kelinci merupakan hewan yang digemari manusia karena bentuknya yang terbilang lucu. Hewan ini mempunyai nama ilmiah Oryctolagus cuniculus dan termasuk ke dalam famili Leporidae.

Makanan utama kelinci adalah rumput-rumputan dan hewan ini tergolong mamalia. Habitat asal kelinci adalah di Eropa dan juga di Afrika, lalu ditemukan di Indonesia pada tahun 1972.

Burung Merpati

burung merpati
image by: minutemediacdn.com

Hewan ini merupakan hewan pemakan tumbuhan namun bukan rumput yang dimakan, melainkan berbagai jenis kacang, jagung, beras, dan lainnya.

Burung Merpati mempunyai nama latin Columbidae dan berasal dari faimili Columbidae. Tentunya burung merpati tergolong hewan jenis aves yang memiliki ciri yakni paruhnya ramping dan pendek.

Selain itu, ciri dari burung ini ialah badannya yang gempal dan leher pendek. Burung merpati memiliki kebiasaan membangun sarangnya sendiri di atas pohon.

Sarang yang ia bangun tersebut terbuat dari ranting-ranting pohon dan tujuan sarang ini adalah untuk melindungi dirinya dari mangsa.

Contoh hewan herbivora tersebut hanya sebagian kecil yang ada di dunia, masih banyak lagi hewan herbivora yang ada di dunia.

Dapat disimpulkan bahwa hewan herbivora merupakan hewan pemakan tumbuhan mulai dari daun, biji, buah, maupun kayu.

Untuk menentukan hewan herbivora dapat dilihat dari cirinya dan disesuaikan dengan ciri-ciri hewan herbivora yang telah dibahas sebelumnya.