10+ Alat Musik Tiup Secara Lengkap dan Detail

Alat Musik Tiup
image by: rollingstone.com

Warta News – Alat musik tiup ada banyak sekali contohnya dan sangat populer di berbagai kalangan di seluruh dunia.

Dapat menjadi populer karena alat musik ini mampu menghasilkan suara yang kaya akan harmonisasi.

Berdasarkan cara memainkannya, alat musik ini tergolong ke dalam alat musik aerophone. Pada ulasan kali ini Anda akan membahas tentang alat musik tiup.

Pengertian Alat Musik Tiup

Alat musik tiup merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara memberikan dorongan udara pada bagian tertentu dari alat musik atau ditiup.

Ketika Anda meniup alat musik ini, maka akan dihasilkan suara dengan nada tertentu. Bunyi atau suara dapat dikeluarkan oleh alat musik ini dikarenakan adanya sebuah resonansi.

Resonansi adalah sebuah getaran yang timbul karena adanya suatu pemicu. Yang menjadi pemicu resonansi ialah tiupan yang masuk melalui rongga alat musik.

Ada banyak sekali alat musik tiup yang telah diciptakan di seluruh dunia, baik tradisional maupun modern.

Alat Musik Tiup Kayu

Alat musik jenis tiup yang berbahan dasar kayu biasanya disebut dengan istilah woodwind. Seiring berkembangnya zaman woodwind tidak selalu menggunakan kayu saja, namun ada yang menggunakan bahan plastik. Berikut beberapa contoh woodwind:

1. Seruling

Seruling Bali
image by: https://worldwidesuling.weebly.com

Seruling merupakan alat musik yang sangat khas di Indonesia dan terbuat dari bambu. Lebih tepatnya alat musik ini banyak tersebar di seluruh daerah pulau Jawa.

Seruling yang biasa digunakan di Jawa menggunakan tangga nada pelog dan slendro. Adapun seruling yang biasa dipakai masyarakat Sunda menggunakan tangga nada daminatila.

Pada zaman dahulu seruling banyak dimainkan bersamaan dengan angklung dan gamelan. Akan tetapi, pada saat ini seruling juga digunakan untuk mengiringi musik dangdut.

Supaya bisa dimainkan bersama dengan musik modern, tangga nada seruling harus diubah menjadi tangga nada diatonis terlebih dahulu.

2. Saluang

saluang
image by: coklatkita.com

Saluang mempunyai bentuk yang hampir sama dengan seruling, bahkan alat musik ini juga berbahan dasar bambu. Alat musik saluang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat Minangkabau.

Masyarakat Minangkabau juga mempercayai bahwa bahan yang paling bagus untuk membuat saluang ialah bambu yang sudah hanyut di sungai.

3. Tumpong

Tumpong
image by: upload.wikimedia.org

Tumpong adalah salah satu alat musik tiup yang berasal dari Filipina. Sama seperti seruling, alat musik ini berbahan dasar bambu.

Terdapat lubang-lubang kecil untuk menentukan nada pada saat memainkan tumpong. Sedangkan cara untuk memainkan tumpong ialah dengan ditiup pada bagian lubang atasnya.

Alat Musik Tiup Logam

Selain berbahan dasar kayu, alat musik juga banyak yang berbahan dasar logam. Alat musik tiup yang terbuat dari logam biasa disebut dengan brass.

Alat musik ini dapat menghasilkan bunyi karena ada getaran dari tiupan pemain yang kemudian terkena pada resonator.

Tinggi rendahnya nada yang dihasilkan dipengaruhi oleh tekanan udara yang ditiup sang pemain.

Brass terdiri dari dua jenis jika dilihat dari cara menghasilkan nada, yakni instrument yang memakai dorongan dan instrumen berkatup.

Cara memainkan instrumen berkatup ialah dengan menekan katup logam sambil meniup pada lubang alat musik. Berikut beberapa contoh alat musik tiup yang berbahan dasar logam:

1. Terompet

Terompet
image by: longgroveonline.com

Terompet banyak dijumpai dalam pertunjukan marching band, baik luar negeri maupun dalam negeri. Alat musik ini mempunyai tiga katup yang berfungsi untuk mengatur nada.

Alat musik ini berbentuk melebar pada bagian ujungnya dan lurus pada bagian tubuhnya.
Ketika katup terompet ditekan maka akan menghasilkan sebuah nada yang indah. Karena terdiri dari 3 katup, maka pemain dapat memainkan lebih dari 1 oktaf.

2. Tuba

Tuba
image by: upload.wikimedia.org

Tuba merupakan alat musik yang berbentuk lingkaran atau menyerupai rumah siput. Sedangkan pada bagian ujungnya berbentuk lebar seperti terompet.

Fungsi alat musik tuba ialah untuk memainkan nada-nada yang rendah dalam sebuah lagu atau musik.

Biasanya pemain tuba akan memeluk tubuh tuba ketika memainkannya karena ukurannya yang besar.

3. Saksofon

Saksofon
image by: silontong.com

Alat musik saksofon pertama kali ditemukan oleh Adolph sax. Saksofon memiliki bentuk yang menyerupai huruf J. Katup alat musik ini terletak pada bagian tubuh instrumennya.

Butuh sebuah reed ketika ingin membunyikan saksofon, karena dapat memunculkan getaran yang berasal dari udara.

Biasanya saksofon banyak dimainkan pada sebuah pertunjukan orkestra atau band. Ada berbagai macam jenis saksofon yang disesuaikan dengan nada dasar serta ukurannya. Jenis saksofon di antaranya ialah tenor, baritone, alto, dan soprano.

4. Klarinet

Klarinet
image by: kanalkalimantan.com

Klarinet memiliki bentuk yang lurus pada bagian tubuhnya dan terdapat beberapa katup kecil.

Mirip seperti alat music woodwind, yakni dibuat menjadi beberapa jenis dan disesuaikan dengan rentang nada.

Alat musik klarinet yang paling banyak dimainkan ialah klarinet dengan jenis soprano serta nada dasarnya Bes.

Karakter yang dimiliki alat musik klarinet sangat unik sehingga cocok jika digunakan dalam memainkan musik klasik.

5. Horn

horn
image by: upload.wikimedia.org

Horn mempunyai bentuk yang hampir sama dengan alat musik tuba, namun ukurannya lebih kecil. Pada umumnya alat musik horn akan memainkan nada dengan kunci F.

Alat musik ini mampu menghasilkan suara dengan karakter yang tidak berat dan gagah. Horn paling banyak dijumpai dalam pertunjukan marching band serta orkestra.

6. Trombone

Trombone
image by: upload.wikimedia.org

Trombone merupakan alat music yang paling berbeda diantara semua instrument brass. Hal tersebut dikarenakan trombone tidak memakai katup untuk menghasilkan sebuah nada.

Cara memainkan trombone ialah ditiup sambil menggerakkan pipa pendorong yang ada pada alat musik ini.

Tekanan tiupan dari pemain dapat mempengaruhi tinggi rendahnya nada yang dihasilkan trombone.

Selain itu, ukuran rongga yang dihasilkan dari pipa trombone juga bisa mempengaruhi tinggi rendahnya nada.

7. Flute

Flute
image by: themusicden.com

Flute merupakan alat musik tiup yang berbahan dasar logam perak atau emas dan bentuknya mirip dengan seruling. Salah satu keunikan yang dimiliki alat musik ini ialah posisi memainkannya.

Pada umumnya cara meniup instrumen tiup ialah dengan memasukkan mouthpiece ke mulut. Namun, pada flute pemainnya meniupkan udara pada lubang dengan posisi menyamping.

Alat Musik Tiup Lainnya

Adapun alat musik tiup yang terbuat dari bahan selain logam dan kayu, yakni:

1. Pianika

Pianika
image by: img.my-best.id

Pianika atau biasa disebut sebagai melodika merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup pada pipa yang dihubungkan dengan mulut.

Bentuk tubuh pianika seperti keyboard, yakni terdapat tuts hitam dan putih. Alat musik ini akan menghasilkan bunyi ketika pemain meniup sambil menekan tuts.

2. Harmonika

Harmonika
image by: bukalapak.com

Harmonika adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup atau dihisap. Di dalam alat musik ini terdapat plat-plat logam yang mampu bergetar dan menghasilkan bunyi.

Alat musik harmonika sangat mudah ketika dimainkan, sehingga banyak masyarakat yang tertarik memainkannya.

Adapun harmonika yang sudah modern dan ditemukan oleh Christian Friedrich pada tahun 1821.

Nada yang digunakan pada alat musik ini ialah nada diatonis dan menjadi standar nada pada harmonika.

Alat musik tiup sangat beraneka ragam jenis dan bentuknya. Alat musik yang ditiup dan memiliki peran dalam struktur adat biasanya dibuat lebih sederhana.

Dengan adanya alat musik jenis tiup dapat menghasilkan sebuah musik yang lebih indah.