15+ Alat Musik Modern Lengkap dengan Pengertiannya

Alat Musik Modern
joey alexander

Warta News – Alat musik modern mampu menyampaikan alunan nada yang lebih terasa di dalam jiwa.

Hal tersebut dikarenakan alat musik yang modern diciptakan lebih canggih daripada alat musik kuno atau tradisional.

Perkembangan zaman telah membuat alat musik menjadi semakin berevolusi. Pada saat ini telah banyak jenis alat musik yang modern dengan cara memainkan yang berbeda-beda.

Pengertian Musik Modern

Sebelum mengetahui contoh alat musik modern, sebaiknya Anda paham terlebih dahulu tentang pengertian musik modern.

Musik modern merupakan jenis musik yang mendapat sentuhan teknologi beserta instrumen.

Jenis musik ini muncul pada akhir zaman musik klasik hingga sekarang ini. Seiring berkembangnya zaman, musik ini selalu mengalami perkembangan terutama di bidang teknologi.

Musik modern juga masih memakai aturan komposisi seperti notasi, bantuan instrumen musik, dan tangga nada.

Perbedaan musik modern dengan musik tradisional ialah terletak pada asalnya saja. Musik tradisional berasal dari musik yang berkembang di masyarakat atau adat. Sedangkan musik modern berasal dari perpaduan teknologi dengan instrumen musik.

Alat Musik Modern Petik

Instrumen petik merupakan semua alat musik yang cara memainkannya dengan dipetik. Pada umumnya musik petik berasal dari senar atau dawai. Berikut beberapa contoh alat musik petik yang modern:

1. Gitar Listrik

gitar listrik
musicradar.com

Gitar listrik adalah alat musik modern yang tergolong ke dalam elektrofon dan menghasilkan suara karena adanya petikan yang terhubung dengan listrik.

Alat musik ini dapat menghasilkan suara yang cenderung nyaring. Oleh karena itu, gitar listrik banyak digunakan pada musik genre rock dan blues.

2. Gitar Akustik

gitar akustik
musiciansfriend.com

Berbeda dengan gitar listrik, gitar akustik tidak memerlukan aliran listrik. Bunyi yang dihasilkan dari gitar akustik murni dari petikan saja.

Alat musik ini termasuk ke dalam jenis alat musik kordofon. Cara memainkan gitar ialah menekan senar dengan tangan kiri, sedangkan tangan kanan digunakan untuk memetik.

3. Banjo

banjo
freyaguitars.ie

Banjo adalah alat musik yang menyerupai gitar namun bentuknya bulat. Alat musik banjo berasal dari negara Amerika Serikat.

4. Harpa

harpa
dictio.id

Harpa adalah salah satu alat musik yang asalnya dari Mesir Kuno. Meskipun sudah ada sejak zaman dahulu, namun alat musik ini masih menjadi trend hingga saat ini.

Harpa mempunyai ukuran yang cenderung besar dan tinggi. Alat musik ini memiliki bentuk yang indah sehingga biasanya menjadi pusat perhatian.

5. Ukulele

ukulele
keymusic.com

Ukulele adalah alat musik yang mirip dengan gitar namun mempunyai ukuran yang lebih kecil. Alat musik ini berasal dari Hawai.

Alat Musik Modern Gesek

Instrumen gesek merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan digesek oleh tongkat khusus. Yang termasuk ke dalam alat musik gesek di antaranya ialah:

1. Biola

biola
image by: superprof.co.id

Biola adalah alat musik yang bentuknya hampir sama dengan gitar. Akan tetapi pada bagian pinggangnya lebih ramping dibandingkan dengan gitar.

Alat musik ini berasal dari Asia Tengah. Cara memainkannya ialah digesek dengan tongkat khusus atau tongkat gesek pada bagian senarnya.

2. Cello

cello
image by: musictutors.co.uk

Cello merupakan alat musik yang pada umumnya dimainkan bersamaan dengan biola. Bentuk cello mirip dengan biola namun ukurannya lebih besar.

Oleh karena itu, cara memainkan cello ialah diberdirikan dan digesek dengan tongkat khusus.

Alat Musik Modern Pukul atau Perkusi

Alat musik ini biasanya dipukul dengan sebuah alat pemukul khusus atau dipukul dengan tangan langsung. Berikut contoh alat musik perkusi:

1. Bongo

Bongo
image by: upload.wikimedia.org

Bongo adalah musik yang termasuk ke dalam jenis idiofon. Bentuk bongo mirip dengan alat musik tradisional gendang. Cara memainkan alat musik ini ialah dengan dipukul menggunakan tangan langsung.

2. Drum

drum
image by: musicradar.com

Drum merupakan alat musik yang berisikan berbagai macam perkusi yang dapat menghasilkan nada yang selaras. Alat musik ini berasal dari negara Tiongkok.

Cara memainkan drum ialah dengan dipukul menggunakan 3 batang pemukul khusus. Dua batang diletakkan pada tangan, sedangkan batang yang satu lagi diletakkan pada kaki kanan.

3. Kastanyet

Kastanyet
image by: elnuha.net

Kastanyet merupakan salah satu alat musik modern yang tergolong ke dalam idiofon. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditekan dengan menggunakan tangan kanan. Sedangkan tangan kiri berfungsi untuk memegang kastanyet.

4. Timpani

timpani
image by: conn-selmer.com

Timpani adalah alat musik yang bentuknya menyerupai kendang. Akan tetapi, alat musik ini mempunyai sebuah penyangga pada bagian bawahnya.

Timpani tergolong ke dalam jenis musik membranofon dan dimainkan dengan cara memukul pada bagian permukaan kulit.

5. Simbal

simbal
image by: kapanlagi

Alat musik simbal terbuat dari logam dan telah ada sejak zaman dahulu. Meskipun sudah ada sejak zaman kuno, namun alat musik ini masih trend hingga saat ini.

Cara memainkan simbal ialah dengan saling memukulkan dua kepingan logam hingga terdengar bunyi. Ada juga yang dimainkan dengan dipukul oleh alat pemukul khusus dan diletakkan pada tiang.

6. Triangle

alat musik triangle
image by: http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/post/triangle–seni-musik?lang=id

Sama seperti simbal, triangle terbuat dari bahan logam. Triangle berbentuk segitiga dan dimainkan dengan cara dipukul oleh batang logam khusus. Alat musik ini termasuk ke dalam golongan ritmis yang sudah ada sejak abad ke-16.

Alat Musik Modern Tiup

Alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup biasanya memiliki lubang-lubang kecil. Cara memainkannya ialah dengan ditiup dan menutupi lubang tertentu hingga menghasilkan bunyi yang selaras. Berikut beberapa contoh alat musik tiup:

1. Harmonika

Harmonika merupakan salah satu alat musik modern tiup yang bentuknya berupa persegi panjang. Terdapat lubang-lubang untuk ditiup pada bagian sisi sampingnya. Harmonika termasuk ke dalam alat musik aerofon dan asalnya dari China.

2. Terompet

Terompet juga termasuk ke dalam jenis aerofon dan terbuat dari bahan logam. Cara memainkan terompet ialah dengan ditiup dan menekan pada tiga tombol hingga membentuk bunyi yang selaras.

Terdapat beberapa macam jenis terompet, yakni B, C, D, E, F, dan G. Jenis terompet yang paling banyak dan sering dipakai ialah jenis B.

3. Klarinet

Klarinet adalah alat musik yang bentuknya mirip terompet namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Alat musik ini sangat terkenal dan berasal dari Jerman.

4. Saksofon

Saksofon merupakan alat musik sejenis terompet namun bentuknya sangat unik dan indah. Alat musik ini terbuat dari bahan logam dan asalnya dari Belgia.

5. Trombon

Trombon mempunyai bentuk mirip dengan terompet tetapi lebih besar. Alat musik ini berasal dari Italia. Selain ditiup, trombon dimainkan dengan menarik maju atau mundur pada gagang yang letaknya di bagian depan.

Alat Musik Modern Piano

Piano merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara menekan tuts-tutsnya hingga menghasilkan nada tertentu.

Alat musik ini muncul pada awal abad ke- 18 dan ciptaannya bernama Bartolomeo Cristofori.

Selain itu, terdapat alat musik bernama keyboard yang bentuk dan fungsinya mirip dengan piano.

Berbeda dengan piano, keyboard dapat menimbulkan suara lain seperti drum, gitar, terompet, dan lain sebagainya.

Karena mampu menghasilkan banyak suara dalam sekali tekan, maka keyboard banyak sekali digunakan oleh masyarakat.

Alat musik modern cenderung lebih mudah cara memainkannya. Oleh karena itu, alat musik tersebut dapat membantu Anda untuk semakin mencintai seni.

Nada yang dihasilkan oleh alat musik yang modern akan lebih bervariasi dan nikmat didengar.