12 Alat Musik Harmonis Modern dan Tradisional Lengkap dan Detail

Alat Musik Harmonis
image by: pixabay.com

Warta News – Alat musik harmonis mempunyai kegunaan untuk mengiringi melodi dan memperindah sebuah lagu.

Sebenarnya alat musik dibedakan menjadi tiga macam berdasarkan fungsinya, yakni melodis, ritmis, dan harmonis.

Pada ulasan kali ini Anda akan mengetahui pengertian dan contoh alat musik harmonis, baik tradisional maupun modern.

Pengertian Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis merupakan yang memiliki fungsi untuk memainkan suatu harmoni dalam lagu.

Salah satu ciri yang ada pada alat musik ini ialah mampu memainkan tiga atau lebih nada secara bersamaan.

Alat musik ini tergolong ke dalam alat musik yang bernada, tetapi nadanya tidak bisa dibentuk.

Hal tersebut dikarenakan semua alat musik yang bisa menghasilkan melodi, tidak dapat memainkan akord dalam suatu lagu.

Alat Musik Harmonis Modern

Pada umumnya alat musik modern berasal dari budaya Barat, yakni berupa jenis musik klasik, jazz, blues, pop, dan lain sebagainya.

Salah satu ciri alat musik yang modern ialah menggunakan tangga nada diatonis. Cara memainkan alat musik modern juga sangat bervariasi tergantung pada bahan yang digunakan. Berikut beberapa contoh alat musik modern yang dapat memainkan harmoni:

1. Piano

piano
image by: republika.co.id

Hampi semua orang di seluruh dunia pasti mengetahui piano. Alat musik modern yang satu ini banyak dimainkan secara solo, dalam sebuah band, dan orkestra.

Seiring berkembangnya zaman, piano juga mengalami perkembangan menjadi piano elektrik dan keyboard. Terdapat papan hitam dan putih yang akan berbunyi jika ditekan oleh pemain.

Pada saat pemain menekan tuts-tuts piano, maka senar yang ada di dalam mekanisme akan terhantam dan menghasilkan suara.

Akan tetapi mekanisme tersebut tidak terjadi pada keyboard dan piano elektrik karena strukturnya sudah berbeda.

2. Marimba

marimba
image by: diariodexalapa.com.mx

Marimba tergolong ke dalam instrumen perkusi. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu dan terdapat sebuah pipa resonator pada bagian bawahnya.

Marimba dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat bantu pemukul. Alat yang digunakan untuk memukul marimba dilapisi dengan sebuah benang atau karet dan biasa disebut sebagai mallet.

Nada pada alat musik marimba memiliki susunan yang mirip dengan piano. Bedanya ialah balok kayu pada marimba disusun menjadi dua tingkat.

Hal ini bertujuan untuk memisahkan nada kromatis dengan nada standar. Pada umumnya alat musik ini dimainkan secara orkestra, solo, serta marching band.

3. Harmonika

Harmonika
image by: bukalapak.com

Harmonika adalah alat musik yang dimainkan dengan cara disedot dan ditiup. Alat musik ini mempunyai bentuk yang sangat sederhana, yakni menyerupai balok dan terdapat lubang-lubang kecil.

Lubang-lubang pada harmonika tersebutlah yang ditiup atau disedot untuk menghasilkan sebuah nada.

Alat musik harmonika banyak dimainkan dalam suatu band pada jenis musik ansambel, grup, solo, country, dan lain sebagainya.

4. Gitar

gitar akustik
musiciansfriend.com

Gitar merupakan salah satu jenis alat musik harmonis modern yang sangat terkenal di seluruh dunia.

Bentuk gitar menyerupai angka delapan dan terdapat pemutar yang berfungsi untuk mengatur tegangan senar pada bagian ujung gitar. Senar yang ada pada gitar berjumlah 6 dengan bahan dasar kawat atau nilon.

Alat musik gitar menghasilkan bunyi dari getaran senar yang dipetik oleh pemain. Getaran senar tersebut akan beresonansi di dalam rongga udara gitar, sehingga menghasilkan bunyi bernada.

Pada saat ini gitar telah berkembang menjadi gitar elektrik, yakni gitar yang membutuhkan aliran listrik.

Gitar elektrik tidak membutuhkan ruang resonansi. Karakter yang dihasilkan pada suara gitar elektrik juga beragam, karena pemain dapat menambah suatu efek. Gitar mampu dimainkan pada semua jenis musik.

5. Harpa

harpa
dictio.id

Cara memainkan harpa ialah dengan dipetik. Sayangnya alat musik ini belum banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Pemain harpa dari Indonesia yang sangat terkenal ialah Rama Widi dan Maya Hasan.

Alat musik harpa memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung pada jumlah senar. Pada umumnya jumlah senar harpa ialah sekitar 22 hingga 47 buah.

Pada saat dimainkan, harpa akan disandarkan di pundak pemain yang posisinya duduk. Akan tetapi, harpa yang berukuran kecil dimainkan dengan dengan dipangku oleh pemain.

6. Biola

biola
image by: bukalapak.com

Biola sudah sangat terkenal di seluruh daerah di dunia. Alat musik biola mempunyai bentuk yang sangat unik.

Selain itu, biola mampu menghasilkan suara yang sangat indah. Oleh karena itu, tidak heran jika alat musik biola banyak digemari oleh masyarakat.

Banyak masyarakat yang gemar mendengarkan suara biola yang dimainkan secara tunggal. Senar yang ada pada biola berjumlah empat, yakni mempunyai kunci G, D, A, dan E. Sedangkan nada dasar yang digunakan pada alat musik ini ialah G.

Alat Musik Harmonis Tradisional

Indonesia kaya akan alat musik tradisional yang hingga saat ini masih sering dimainkan. Jika alat musik modern yang dibahas sebelumnya menggunakan tangga nada diatonis, maka alat musik harmonis tradisional menggunakan tangga yang tradisional.

Berikut beberapa contoh alat musik tradisional yang dapat memainkan harmoni:

1. Angklung

Angklung
image by: hanyaberbagi.com

Alat musik angklung asalnya dari Jawa Barat. Biasanya alat musik ini dimainkan bersamaan dengan calung. Kedua alat musik tersebut terbuat dari bahan bambu.

Angklung terdiri dari 3 hingga 3 bambu yang akan menimbulkan bunyi bernada apabila digoyangkan.

Satu buah angklung hanya mampu menghasilkan satu akord atau satu nada. Oleh karena itu, diperlukan banyak orang untuk memainkan angklung agar dapat membentuk sebuah lagu.

2. Sapeh

sapeh
image by: liputan6.com

Sapeh merupakan alat musik yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat Dayak. Alat musik sapeh menggunakan senar untuk dijadikan sumber bunyinya.

Salah satu keunikan yang dimiliki sapeh adalah pemain musik harus mengatur nada disesuaikan dengan perasaan pemain.

3. Sasando

sasando
image by: http://www.negerikuindonesia.com/2015/10/sasando-alat-musik-tradisional-dari.html

Sasando merupakan alat musik harmonis tradisional yang cara memainkannya dengan dipetik.

Pada awalnya alat musik ini memanfaatkan dari yang berasal dari lidi daun lontar sebagai instrumennya. Pada saat ini sasando sudah mengalami banyak perkembangan, mulai dari jumlah dawai hingga ukuran badannya.

4. Bonang

alat musik bonang
image by: https://www.wajibbaca.com/2018/12/bonang.html

Bonang termasuk ke dalam instrumen gamelan Jawa. Alat musik ini mempunyai bentuk menonjol pada bagian atasnya atau biasa disebut dengan pencon.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat bonang ialah logam. Bonang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus.

Alat pemukul bonang biasanya dilapisi dengan karet, agar tidak merusak logam. Setiap pemain bonang akan membutuhkan dua alat pemukul. Oleh karena itu, Anda bisa memainkan dua nada sekaligus pada bonang.

5. Kolintang

alat musik kolintang
image by: joebillyguitars.com

Kolintang adalah alat musik yang mempunyai bentuk seperti bilahan dan berbahan dasar kayu. Alat musik kolintang berasal dari provinsi Sulawesi Utara.

Bentuk kolintang mirip dengan meja, karena balok kayunya diletakkan di atas sebuah penyangga. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul memakai alat pemukul kayu.

6. Gambus

Alat musik Gambus
image by: bsd.city

Gambus adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Sebenarnya yang menjadi cikal bakal alat musik gambus ialah alat musik al’ud yang asalnya dari Arab. Gambus sangat populer dan menjadi alat musik khas di seluruh daerah Riau.

Dengan adanya alat musik harmonis, dapat menjadikan lagu memiliki nada yang unik dan indah.

Dari sederet alat musik yang telah dibahas tersebut memiliki cara memainkan yang berbeda-beda pula.