5+ Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Permanen

Cara Memutihkan Wajah
image by: orami.co.id

Warta News – Cara memutihkan wajah kerap diidentikkan dengan wanita. Lumrah saja, sebab banyak wanita yang telah melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan wajah yang putih dan bersih.

Bahkan, tak jarang jika sampai rela mengeluarkan banyak biaya mahal demi perawatan wajah. Padahal, sebetulnya hanya dengan bahan alami saja sudah bisa menunjukkan hasil yang ampuh untuk memutihkan wajah.

Penyebab Wajah Menjadi Hitam dan Kusam

1. Terlalu Lama Terkena Paparan Sinar Matahari

Terlalu lama melakukan aktivitas di luar ruangan akan membuat wajah menjadi hitam dan kusam. Sebab paparan sinar matahari akan menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit wajah. Bahkan menjadikan warna kulit wajah menjadi tidak merata.

Disamping itu, sinar matahari pada siang hari banyak mengandung sinar UV yang akan membuat kulit wajah menjadi tampak kusam. Sinar UV yang mengenai permukaan kulit wajah akan melemahkan kemampuan elastis pada kolagen. Jadi, sangat dianjurkan untuk memakai sunblock terlebih dahulu sebelum beraktivitas di luar ruangan.

2. Polusi Lingkungan

Polusi udara yang terjadi di lingkungan sekitar akan sangat mempengaruhi kesehatan kulit wajah. Udara yang tercemar oleh polusi mengandung berbagai partikel kecil berbahaya. Partikel ringan tersebut bisa berupa debu, kotoran, mineral berbahaya bahkan radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan kulit wajah.

Partikel tersebut dapat menyebabkan kerutan halus pada kulit wajah. Selain itu juga dapat merangsang produksi pigmen berlebih yang mengakibatkan hiperpigmentasi. Akibat tidak sama ratanya pigmentasi warna dan tekstur kulit wajah, maka kulit wajah akan terlihat kusam.

3. Pengaruh Stress

Kurang istirahat, beban pekerjaan, maupun aktivitas yang overload akan membuat pergeseran pada pola hidup. Apabila pola hidup sudah tidak beraturan, maka akan berdampak buruk pada kondisi fisik dan mental. Tak jarang jika sampai dapat menyebabkan stress.

Pada saat kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol, lalu terjadi respon negatif dari aliran darah menuju organ tubuh. Dampak respon negatif tersebut juga akan sampai pada lapisan kulit wajah. Hal inilah yang mengakibatkan timbulnya masalah pada kulit.

4. Kebiasaan Buruk Tidak Rajin Membersihkan Wajah

Apabila Anda memiliki kebiasaan malas membersihkan wajah setelah beraktivitas ataupun memakai make up, sebaiknya segera hentikan. Sebab, kebiasaan ini sangatlah berpengaruh buruk pada kesehatan kulit wajah. Kotoran dan sisa make-up yang masih menempel pada wajah akan menumpuk menjadi sel-sel kulit mati.

Sel-sel kulit mati inilah yang menyebabkan kulit wajah menjadi menghitam dan kusam. Semakin lama, kulit yang mati ini pun akan menghambat proses regenerasi kulit di bawahnya. Jadi, Anda jangan sampai tidak rajin membersihkan kulit wajah ya.

5. Kurang Mengonsumsi Air

Kekurangan konsumsi air tidak hanya berpengaruh pada kinerja tubuh. Namun, juga dapat memicu dehidrasi pada kulit wajah. Sebab, kulit yang tidak terhidrasi, dalam waktu tertentu akan menjadi menipis.

Kondisi kulit yang semakin menipis ini akan menyebabkan permasalahan pada kulit wajah. Seperti timbulnya kulit berjerawat, kulit menghitam dan lain sebagainya.

Cara Memutihkan Wajah Dengan Bahan Alami

Madu

madu

Selain banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh, madu dipercaya dapat mencegah masuknya mikrobia ke dalam kulit. Tidak hanya itu saja, cairan yang memiliki rasa manis ini juga mengandung anti-oksidan. Anti-oksidan ini bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih kencang.

Cara memutihkan wajah dengan menggunakan madu:
– Campurkan madu dan putih telur
– Oleskan pada wajah hingga merata
– Lalu diamkan selama 15-20 menit
– Bilas wajah dengan air bersih

Tomat

Tomat
image by: bbci.co.uk

Tomat banyak memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Ada kandungan berbagai vitamin diantaranya vitamin A dan vitamin C, asam folat, serta magnesium yang mampu mencerahkan kulit wajah.

Kandungan anti-oksidan dalam tomat juga berperan menghilangkan flek hitam serta mencegah munculnya kerutan kulit wajah.

Cara menggunakan tomat sebagai pemutih wajah:
– Tomat dihaluskan terlebih dahulu
– Lalu dioleskan pada wajah secara merata
– Kemudian dibiarkan selama 20 hingga 30 menit agar meresap secara sempurna oleh kulit wajah
– Setelah selesai bersihkan wajah dengan air yang mengalir
– Lakukan perawatan rutin ini setiap dua hari sekali, agar mendapatkan hasil yang maksimal

Cuka Apel

Cuka Apel
image by: kompas.com

Cuka apel dapat bermanfaat untuk memutihkan kulit wajah. Sebab, cuka apel memiliki kemampuan dapat meregenerasi kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Tidak hanya itu saja, cuka apel juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan dapat mengatasi peradangan.

Cara memutihkan wajah dengan menggunakan cuka apel:
– Campurkan satu sendok cuka apel dengan air
– Basahi kapas dengan larutan cuka apel yang telah dicampur dengan air tersebut
– Usapkan kapas yang telah basah tersebut ke wajah
– Bilas dengan air yang bersih
– Lakukan perawatan rutin dengan cuka apel ini selama tiga hari sekali

Daun Jambu Biji

daun jambu biji
image by: merdeka.com

Daun jambu biji ternyata tidak hanya berkhasiat baik dalam urusan pencernaan. Daun jambu biji ini dapat juga dimanfaatkan untuk memutihkan kulit wajah. Menariknya lagi, daun ini juga dapat menghilangkan bintik-bintik pada kulit.

Cara menjadikan daun jambu biji sebagai bahan pemutih kulit wajah:
– Keringkan daun jambu biji di bawah terik sinar matahari
– Setelah kering, tumbuklah daun jambu biji tersebut
– Kemudian daun jambu biji yang telah halus dicampur dengan air
– Gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah

Jeruk Nipis

jeruk nipis
image by: merdeka.com

Seperti telah banyak diketahui jeruk nipis mengandung banyak vitamin C di dalamnya. Vitamin C tersebut dipercaya mampu membantu mencerahkan kulit wajah.

Disamping itu, kandungan dalam jeruk nipis dapat menangkal bahan radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

Cara memutihkan wajah dengan memakai jeruk nipis:
– Iris jeruk nipis terlebih dahulu
– Oleskan jeruk nipis ke permukaan kulit wajah hingga merata
– Lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit agar meresap sampai ke pori-pori kulit
– Setelah itu bersihkan dengan air mengalir
– Perawatan ini sebaiknya dilakukan setiap tiga hari sekali secara teratur

Gula Pasir dan Lemon

lemon
Image by: Tribunnews.com

Tidak hanya dijadikan sebuah minuman yang segar saja lho. Campuran gula dan lemon dapat dijadikan bahan sebagai salah satu cara memutihkan wajah. Penggunaan kedua bahan ini dilakukan dengan cara membuat scrub.

Saat peeling sebaiknya gerakan dilakukan ke arah atas. Hal ini dilakukan agar kulit wajah tidak menjadi gelambir ke bawah. Tujuan scrubbing menggunakan gula pasir dan lemon adalah untuk mengangkat sel – sel kulit mati yang menyebabkan wajah terlihat nampak kusam.

Penggunaan gula pasir dan lemon sebagai scrub wajah:
– Campurkan gula pasir dengan lemon yang telah dihaluskan
– Setelah itu, oleskan pada permukaan wajah
– Tunggulah beberapa menit, lalu lakukan peeling dengan teknik pemijatan secara perlahan
– Terakhir, bersihkan wajah dengan air mengalir
– Lakukan perawatan scrub ini setiap dua kali dalam seminggu

Selain memberikan kemudahan dalam memberikan perawatan wajah, cara memutihkan wajah dengan menggunakan bahan-bahan sederhana dan alami ini juga relatif murah.

Tidak memberikan efek berbahaya bagi kesehatan pula. Bagaimana? Tunggu apalagi, segera lakukan secara mandiri di rumah ya.