10 Cara Memutihkan Selangkangan Dengan Bahan Alami dan Sederhana

Image by: caramemutihkantubuh.weebly.com

Warta News – Cara memutihkan selangkangan tidak sedikit yang melakukan, terutama wanita, sebab selangkangan merupakan area yang sangat berharga bagi wanita.

Sebab karena selangkangan ini mudah mengalami perubahan warna menjadi gelap karena terletak pada bagian tubuh yang tersembunyi.

Namun, tidak hanya letaknya saja yang menyebabkan selangkangan menghitam. Ada beberapa faktor lain yang memicu selangkangan menjadi gelap. Berikut akan diulas faktor penyebab dan cara memutihkannya.

Faktor Penyebab Area Selangkangan Menghitam

Infeksi Karena Jamur

Adanya jamur yang menginfeksi selangkangan akan menyebabkan area tersebut menjadi menghitam. Namun, sejatinya infeksi jamur tidak pasti meninggalkan bekas pada kulit selangkangan.

Hanya saja kondisi selangkangan yang belum lama terkena infeksi jamur akan mengalami hiperpigmentasi. Itulah mengapa kulit area selangkangan terlihat lebih gelap dibandingkan sekitar selangkangan.

Lebih parah lagi, apabila ketika infeksi jamur menimbulkan rasa gatal kemudian Anda menggaruknya. Hal ini akan menyebabkan infeksi semakin parah dan bisa jadi menjalar kemana-mana.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk selalu membersihkan area selangkangan dan hindari membiarkan area tersebut terlalu lembab. Dan apabila Anda terkena infeksi jamur lebih baik segera tangani dengan tepat serta tidak menggaruknya.

Kulit Kering

Kondisi kulit yang tidak terhidrasi dengan baik akan mengalami kulit kering. Kulit kering pada area selangkangan akan mudah mengalami iritasi akibat gesekan yang terjadi.

Apabila hal ini terlalu lama dibiarkan bisa menyebabkan warna kulit selangkangan menjadi menghitam. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan kelembapan kulit pada area selangkangan. Misalnya dengan cara banyak minum air putih atau membasuh nya dengan air.

Hormon Tidak Seimbang

Seperti yang telah banyak diketahui, ketidakseimbangan hormon dapat berdampak pada berbagai kondisi pada tubuh. Salah satunya ialah berpengaruh pada kondisi kulit area selangkangan.

Pada kondisi tertentu pada wanita akan membuat perubahan pada permukaan kulitnya. Sebagai contoh, pada sebagian wanita yang sedang dalam masa menstruasi maupun kehamilan merasakanadanya perubahan warna kulit selangkangan yang menghitam.

Penggunaan Celana Ketat

Celana ketat memang akan membuat penampilan wanita menjadi lebih menarik. Namun, perlu Anda ketahui bahwa celana yang ketat dapat menyebabkan kulit di sekitarnya mengalami tekanan secara terus-menerus. Bahkan akan rentan terkena gesekan. Dengan kondisi yang seperti itu, kulit akan kesulitan bernapas atau menjadikan area selangkangan terlalu lembab.

Akibatnya kulit area selangkangan akan mengalami hiperpigmentasi dan terlihat menghitam. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya Anda mengenakan celana yang tidak ketat. Bisa juga dengan memakai celana dalam yang longgar dan berbahan mudah menyerap keringat. Seperti bahan nilon dan polyester.

Obesitas

Penumpukan lemak pada bagian tubuh seperti paha karena obesitas juga akan menyebabkan kulit area selangkangan menghitam. Pasalnya lemak tersebut menghimpit jarak antar kedua paha sehingga akan menimbulkan gesekan.

Gesekan yang terjadi secara terus–menerus itu akan memicu pengikisan kulit selangkangan. Kulit yang terkikis akan mengalami kekeringan dan rentan terjadi iritasi.

Cara Memutihkan Selangkangan Dengan Olahan Sendiri

Lidah buaya

Lidah Buaya
image by: medicalnewstoday.com

Telah banyak riset membuktikan bahwa lidah buaya banyak memiliki beragam manfaat. Di dunia perawatan salah satunya, sering mengunakan lidah buaya sebagai bahan pokok pembuatan produk perawatan.

Banyak kandungan vitamin dan mineral dalam lidah buaya ini. Vitamin yang terkandung antara lain vitamin A, vitamin C, serta vitamin E yang dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit.

Disamping itu mineral dalam lidah buaya berguna untuk pembentukan anti–oksidan alami seperti zinc, sodium, kalium, falvoniod dan fenol.
Bagi Anda yang berminat memanfaatkan lidah buaya sebagai upaya melakukan cara memutihkan selangkangan dapat dilakukan dengan mudah.

Tanaman ini bisa didapatkan dari tempat penjualan tanaman atau di supermarket dalam bentuk potongan. Bahkan, Anda bisa menanam sendiri di rumah untuk persediaan jangka panjang sekaligus hiasan taman.

Cara memutihkan selangkangan menggunakan lidah buaya:
– Potong lidah buaya secukupnya
– Kemudian lendir lidah buaya dibersihkan agar tidak menyebabkan gatal
– Lidah biaya dikupas, ambil gel lidah buaya dan haluskan
– Gel yang telah dihaluskan diaplikasikan ke area selangkangan secara merata
– Diamkan selama 30 menit dan tunggu hingga agak mengering
– Bilas dan bersihkan selangkangan Anda dari sisa gel lidah buaya

Baking Soda

Baking Soda
Image by: fibercreme.com

Selain dimanfaatkan untuk pembuatan kue, baking soda juga dipercaya ampuh akan kemampuannya memutihkan kulit. Baking soda memiliki kemampuan eksfoliasi terhadap sel kulit mati.

Namun, yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan bahan ini ialah takaran pemakaiannya. Sebab, jika penggunaannya berlebihan akan menyebabkan iritasi.

Cara memutihkan selangkangan dengan memanfaatkan baking soda:
– Tuangkan setengah sendok teh baking soda pada wadah
– Campurkan air secukupnya
– Oleskan baking soda yang sudah dilarutkan dengan air ke area selangkangan
– Biarkan kurang lebih 5 menit
– Kemudian bersihkan selangkangan dengan air bersih

Lemon dan Minyak Kelapa

lemon
Image by: Tribunnews.com

Lemon tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan minuman segar saja. Begitu pula dengan minyak kelapa yang tidak hanya berguna sebagai minyak. Namun, lemon dan minyak kelapa dengan berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh juga dijadikan untuk bahan perawatan cara memutihkan selangkangan.

Kandungan vitamin C dalam lemon dapat berfungsi mencerahkan kulit. Disamping itu terdapat antioksidan berguna sebagai anti–aging, menghilangkan flek hitam, serta mencegah munculnya kerutan kulit. Sedangkan minyak kelapa bermanfaat menjaga kelembaban kulit dan daya elastisitas kulit.

Cara menggunakan lemon dan minyak kelapa sebagai pemutih selangkangan:
– Lemon diiris dengan tipis
– Kemudian irisan lemon dicampur dengan minyak kelapa
– Campuran tersebut diaplikasikan secara perlahan pada kulit selangkangan
– Lakukan perawatan ini secara rutin setiap 2 hari sekali

Oatmeal dan Yoghurt

yoghurt

Meskipun kedua bahan ini lebih dikenal sebagai makanan, tidak ada salahnya jika digunakan untuk perawatan kulit. Salah satunya sebagai perawatan kulit dalam mengupayakan cara memutihkan selangkangan.

Oatmeal dipercaya dapat mengatasi permasalahan kulit kering yang meradang. Sedangkan yogurt dapat meningkatkan kesehatan kulit karena mengandung asam laktat.

Penggunaan oatmeal dan yogurt untuk memutihkan selangkangan:
– Oatmeal dan yogurt dicampur dalam satu wadah
– Setelah tercampur dengan merata, usapkan pada area selangkangan sebagai scrub
– Gosok scrub yang menempel secara perlahan–lahan
– Bilas dengan air bersih

Gula

Gula
image by: www.tasteofhome.com

Salah satu cara lain dalam memutihkan selangkangan adalah dengan menggunakan gula. Gula dipercaya dapat mengangkat sel–sel kulit mati yang menempel pada kulit. Apabila sel kulit mati pada area selangkangan tersebut telah terangkat, otomatis kulit akan menjadi cerah.

Penggunaan gula untuk memutihkan selangkangan:
– Gula pasir diberi sedikit air
– Lalu dioleskan pada permukaan kulit selangkangan
– Setelah itu perlu didiamkan beberapa menit lalu tunggu sampai cairan scrub sedikit menempel
– Kemudian lakukan peeling secara perlahan
– Lakukan pembersihan dengan air mengalir

Bagaimana, menarik bukan? Selain tidak akan menimbulkan efek samping, bahan tersebut juga mudah diperoleh. Jadi, praketkkan cara memutihkan selangkangan sekarang juga, yuk Lads!