10 Cara Memutihkan Leher yang Hitam Secara Bahan Alami

Cara Memutihkan Leher
Image by: doktersehat.com

Warta News – Cara memutihkan leher akibat penampakan leher yang gelap atau terlihat kontras dengan warna kulit wajah tidak hanya bisa dilakukan di salon.

Perawatan leher ini sejatinya bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Upaya perawatan ini dilakukan demi bisa tampil percaya diri.

Sebab, apabila dibiarkan akan menimbulkan kesan kurang menjaga kebersihan diri. Berikut akan dipaparkan faktor penyebab kulit leher menghitam dan upaya memutihkan leher.

Faktor Penyebab Leher Hitam

1. Paparan Sinar Matahari

Apabila Anda terlalu sering terkena paparan sinar matahari, tidak mengherankan jika kulit leher Anda menjadi menghitam. Terlebih ketika tidak mengenakan sunblock pada area leher sebagai pelindung lapisan utama kulit. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit. Itulah mengapa kulit menjadi menghitam atau bahkan tidak merata.

Sinar matahari yang mengandung sinar UV juga akan membuat kulit leher menjadi kusam. Hal ini dikarenakan jaringan kolagen akan melemah jika terkena paparan matahari yang berlebihan. Oleh sebab itu tidak hanya kulit leher menggelap, bisa juga kulit leher timbul kerutan halus.

2. Polusi Udara di Lingkungan

Polusi udara yang terjadi di lingkungan sekitar Anda akan sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Terutama untuk kulit yang selalu terbuka tanpa perlindungan pakaian. Polusi udara mengandung berbagai partikel kecil berupa debu, kotoran, mineral berbahaya bahkan radikal bebas yang dapat merusak kulit leher.

Radikal bebas itulah yang dapat merusak kolagen, menyebabkan kerutan halus pada lapisan luar kulit dan merangsang produksi pigmen berlebih. Akibatnya kulit leher akan menjadi terlihat kusam. Akibat tidak sama ratanya pigmentasi warna dan tekstur kulit leher, tidak akan terpancar cahaya sehingga kulit leher nampak kusam.

3. Penumpukan Sel Kulit Mati

Sel–sel kulit mati pada leher akan membuat kulit tampak lebih gelap, atau istilah lainnya ialah terlihat kusam. Sebab sel kulit mati tersebut akan menghambat kulit untuk merefleksikan cahaya.

Sel-sel kulit yang mati ini dipicu oleh adanya kotoran yang menempel pada permukaan leher yang tidak langsung dibersihkan. Akibatnya akan semakin menumpuk menjadi daki yang membandel dan juga menghambat regenerasi kulit.

4. Pembersihan Badan yang Kurang Bersih

Pada saat mandi, namun kurang bersih dalam pembersihan badan juga dapat menyebabkan leher menjadi menghitam. Pasalnya sabun yang digunakan akan bercampur baur dengan kotoran pada badan.

Akhirnya, jika tidak dilakukan pembersihan menyeluruh akan mengendap menjadi daki. Daki tersebut akan menyumbang warna gelap pada kulit area leher.

5. Mengalami Iritasi Kulit

Kulit leher yang mengalami iritasi akibat benda atau bahan yang tidak sesuai dengan toleransi kulit akan menyebabkan kulit leher menghitam.

Semakin parah tingkat iritasi kulit, maka akan semakin berpotensi kulit leher mengalami perubahan warna kulit menjadi menghitam. Untuk itu Anda harus memperhatikan betul benda–benda atau bahan yang bisa membuat kulit leher Anda mengalami iritasi.

Cara Memutihkan Leher dengan Bahan Alami

Lidah buaya

Lidah Buaya
image by: medicalnewstoday.com

Telah banyak penelitian mengungkapkan bahwa lidah buaya diketahui banyak memiliki segudang manfaat. Pada dunia perawatan, kandungan vitamin dan mineral dalam lidah buaya ini sering digunakan sebagai bahan pokok produk perawatan.

Vitamin yang terkandung diantaranya ialah vitamin A, vitamin C, serta vitamin E dipercaya dapat membantu dalam mencerahkan kulit leher. Disamping itu mineral dalam lidah buaya seperti zinc, sodium, kalium, falvoniod dan fenol berguna untuk pembentukan anti–oksidan alami.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan tanaman lidah buaya sebagai upaya melakukan cara memutihkan leher dapat memperoleh tanaman ini dengan mudah.

Tanaman ini sering ditemukan di tempat penjualan tanaman atau tersedia di supermarket dalam bentuk potongan. Bahkan, Anda bisa menanam sendiri di rumah untuk persediaan jangka panjang.

Cara memutihkan leher menggunakan lidah buaya:
– Lidah buaya dipotong kira–kira satu tangkai
– Kemudian lidah buaya dibersihkan dari lendir, karena biasanya lendir ini menyebabkan gatal
– Lidah biaya dikupas, gel lidah buaya dihaluskan
– Gel yang telah dihaluskan diaplikasikan ke leher secara merata
– Diamkan selama 30 menit dan tunggu hingga agak mengering
– Bilas dan bersihkan leher Anda dari sisa gel lidah buaya

Air Cucian Beras

Manfaat Air Beras

Sejak jaman nenek moyang dulu, air bekas pencucian beras telah dipercaya ampuh akan kemampuannya memutihkan kulit. Bukan hal yang baru jika air pencucian beras dipilih sebagai bahan pembuatan produk perawatan kulit.

Selain Anda bisa membuat sendiri di rumah, tentu akan lebih efisien bukan daripada air bekas cucian beras dibuang percuma.

Cara memutihkan leher dengan memanfaatkan air pencucian beras:
– Beras dicuci dengan air bersih
– Air cucian pertama Anda tampung dalam wadah yang berbeda
– Diamkan air bekas tersebut selama beberapa menit
– Endapan diambil lalu digosokkan pada leher
– Kemudian bersihkan leher dengan air bersih

Lemon

lemon
Image by: Tribunnews.com

Lemon tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan minuman segar saja. Namun lemon dengan berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh juga dijadikan untuk bahan perawatan cara memutihkan leher.

Diantaranya kandungan vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam lemon berguna sebagai anti–aging, menghilangkan flek hitam serta mencegah munculnya kerutan kulit leher.

Cara menggunakan lemon sebagai pemutih leher:
– Lemon diiris dengan tipis
– Kemudian irisan lemon dicampur dengan garam
– Campuran tersebut diaplikasikan secara perlahan pada kulit leher
– Lakukan perawatan ini secara rutin setiap 2 hari sekali

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Image by: sehatq.com

Minyak zaitun atau biasa disebut dengan olive oil berasal dari buah zaitun yang diproses untuk diambil minyaknya. Minyak ini dikenal memiliki manfaat yang beragam.

Salah satunya sebagai perawatan kulit dalam mengupayakan cara memutihkan leher. Terdapat berbagai senyawa yang telah diketahui berperan penting dalam pencerahan kulit leher.

Penggunaan minyak zaitun untuk memutihkan leher:
– Minyak zaitun dioleskan pada permukaan kulit leher
– Pijat secara perlahan agar kotoran pada leher menjadi rontok
– Bersihkan sisa minyak zaitun dari kulit leher

Gula dan Madu

Gula
image by: www.tasteofhome.com

Salah satu cara lain dalam memutihkan leher ialah dengan menggunakan campuran gula dan madu. Gula dicampur dengan madu akan menghasilkan perpaduan yang dapat mengangkat sel–sel kulit mati yang menempel pada kulit leher. Apabila sel kulit mati tersebut telah terangkat, kulit leher yang gelap otomatis menjadi sirna.

Penggunaan gula dan madu untuk memutihkan kulit leher:
– Gula pasir dan madu dicampur dalam satu wadah
– Lalu dioleskan pada permukaan kulit leher
– Setelah itu perlu didiamkan beberapa menit lalu tunggu sampai cairan scrub sedikit menempel
– Kemudian lakukan peeling secara perlahan dengan teknik pemijatan
– Lakukan pembersihan dengan air

Itulah beberapa ulasan mengenai beberapa cara memutihkan leher dengan bermodalkan bahan–bahan alami. Bagaimana menarik bukan? Selain tidak akan menimbulkan efek samping jangka panjang, bahan tersebut juga mudah diperoleh. Semoga berhasil sesuai harapan Anda yang ingin memiliki leher yang cerah bersinar.