5 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami Dengan Cepat dan Permanen

cara memutihkan kulit
image by: popbela.com

Warta News – Cara memutihkan kulit memang sudah menjadi suatu hal yang banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. Pasalnya, memiliki kulit putih dan bersih merupakan dambaan bagi sebagian besar orang.

Kulit putih dan bersih, khususnya pada wanita akan menjadikan keuntungan dalam meningkatkan penampilan. Selain itu juga akan mempengaruhi hasil akhir pada riasan make up.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak sekali bermunculan produk perawatan kulit yang menawarkan kandungan tertentu yang diklaim dapat memutihkan kulit dengan cepat.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kulit Menjadi Gelap

Meskipun demikian, sebenarnya ada cara memutihkan kulit hanya dengan menggunakan bahan alami. Selain dapat diperoleh dengan mudah, tentu saja harganya pun cukup terjangkau.

1. Paparan Panas Sinar Matahari

Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, secara tidak langsung Anda akan terpapar panas sinar matahari yang berlebihan. Terlebih pada siang hari, sinar matahari akan lebih banyak mengandung sinar UV. Hal tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi gelap dan terlihat kusam. Kulit akan mengalami hipermentasi akibat jaringan kolagen pada kulit yang menjadi lemah saat terkena paparan sinar matahari.

2. Pengaruh Hormon Stres

Aktivitas padat, beban pekerjaan yang berat, hingga menimbulkan kurang istirahat akan membuat berantakannya pola hidup. Jika pola hidup tidak beraturan, maka hal ini akan berdampak buruk pada kondisi tubuh, baik itu fisik maupun mental. Bahkan yang seringkali juga bisa menjadi penyebab stres.

Saat mengalami kondisi stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol dalam jumlah berlebih. Hormon ini akan mengalir bersamaan dengan darah, lalu akan memicu terjadinya respon negatif dari tubuh. Dampak respon negatif tersebut pun akan berpengaruh pada lapisan kulit. Hal inilah yang menimbulkan permasalahan pada kulit.

3. Terpapar Polusi Lingkungan

Paparan polusi yang terjadi di lingkungan sekitar akan berpengaruh pada kondisi kulit. Terutama polusi udara, dimana terdapat zat pencemar dalam udara di lingkungan tersebut. Udara yang terpapar polusi mengandung berbagai partikel pencemar berupa debu, mineral ringan berbahaya, dan juga bahan radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Zat pencemar tersebut dapat merusak serat kolagen kulit, sehingga merangsang produksi pigmen berlebih bahkan bisa menimbulkan kerutan halus pada lapisan terluar kulit. Akibat terjadinya hiperpigmentasi, warna dan tekstur kulit tidak akan terpancar kecerahannya. Sehingga kulit nampak gelap dan kusam.

4. Kekurangan Asupan Air

Kekurangan asupan air akan menyebabkan dehidrasi pada kulit. Kulit yang tidak terhidrasi, lama-lama akan menjadi menipis. Kondisi kulit yang semakin menipis ini akan memunculkan berbagai macam problema pada kulit tubuh. Seperti kulit menjadi terlihat kusam, kulit berjerawat dan berbagai permasalahan lainnya.

5. Penumpukan Sel Kulit Mati

Adanya kotoran yang menempel pada kulit akan memicu terbentuknya penumpukan sel-sel kulit mati. Sel kulit mati tersebut akan membuat kulit nampak lebih gelap dan tidak bersinar cerah. Tidak hanya itu saja, tumpukan sel kulit mati ini mengakibatkan kulit mengalami gangguan dalam proses regenerasi.

Cara Memutihkan Kulit Dengan Bahan Alami

Tomat

Tomat
image by: bbci.co.uk

Tomat dipercaya memiliki kandungan yang banyak bermanfaat untuk tubuh. Kandungan tersebut antara lain vitamin A, vitamin C, asam folat, serta magnesium yang berperan mencerahkan kulit.

Lebih menariknya pula, kandungan antioksidan dalam tomat juga bermanfaat sebagai anti-aging, menghilangkan flek hitam bahkan mencegah munculnya kerutan kulit. Tak jarang jika tomat banyak dijadikan komposisi pembuatan skincare.

Cara memutihkan kulit dengan menggunakan tomat:
– Tomat dihaluskan terlebih dulu
– Setelah tomat telah dihaluskan, kemudian oleskan pada permukaan kulit
– Setelah merata, kemudian dibiarkan dalam waktu 20 hingga 30 menit supaya kandungan dari tomat mampu diserap sempurna oleh kulit
– Bersihkan dengan cara membilas air bersih
– Lakukan perawatan ini setiap dua hari sekali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Lidah buaya

Lidah Buaya
image by: medicalnewstoday.com

Telah banyak riset menyebutkan bahwa lidah buaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Kandungan vitamin dan mineral sangat erat berkaitan dengan lidah buaya ini.

Vitamin yang terkandung antara lain vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang dipercaya dapat membantu dalam mencerahkan kulit. Disamping itu, mineral yang ada pada lidah buaya seperti zinc, sodium, kalium, falvoniod dan fenol beperan sebagai pembentuk anti-oksidan alami.

Penggunaan lidah buaya untuk memutihkan kulit:
– Daging lidah buaya dipotong-potong
– Kemudian daging lidah buaya tersebut dihaluskan
– Setelah itu diaplikasikan pada permukaan kulit secara merata
– Lalu tunggu kurang lebih sekitar 30 menit agar kandungan lidah buaya meresap hingga ke pori-pori kulit
– Langkah terakhir, bilas dengan menggunakan air bersih

Bengkoang

bengkoang
Image by: bola.com

Sejak jaman nenek moyang terdahulu, bengkoang telah dipercaya mampu memutihkan kulit. Tidak mengherankan jika bengkoang banyak dijadikan pilihan sebagai bahan dalam membuat produk pemutih warna kulit. Namun, bengkoang juga dapat digunakan secara alami dan sederhana lho.

Kandungan vitamin C pada bengkoang memiliki kegunaan untuk merangsang kulit melakukan regenerasi. Vitamin C juga turut berperan serta dalam mencerahkan kulit. Selain itu, dalam bengkoang juga terdapat kandungan vitamin B1. Vitamin tersebut bermanfaat untuk mengangkat debu kotoran dan sel kulit mati yang berada di permukaan kulit.

Cara memutihkan kulit dengan menggunakan bengkoang:
– Bengkoang diparut hingga halus
– Lalu diperas hingga menghasilkan air perasan
– Hasil perasan tersebut didiamkan beberapa saat hingga mengendap
– Bersihkan permukaan kulit terlebih dahulu sebelum pemakaian
– Kemudian endapan bengkoang tersebut digunakan untuk lulur kulit
– Lalu ditunggu beberapa saat kurang lebih 15 menit
– Bersihkan kulit dari sisa masker dengan menggunakan air mengalir
– Lakukan perawatan rutin ini setiap dua kali dalam seminggu

Teh hijau

Teh Hijau
image by: Kumpara.com

Teh hijau tak hanya berkhasiat sebagai minuman menyehatkan saja, namun juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Teh hijau mengandung senyawa kaya akan anti-oksidan.

Senyawa anti-oksidan ini diklaim mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin C cukup tinggi yang telah diketahui sangat berperan penting dalam pencerahan kulit.

Cara untuk memutihkan kulit dengan bahan alami teh hijau ini ialah menggunakannya secara rutin sebagai bahan baku lulur tubuh.

Cara perawatan kulit dengan menggunakan teh hijau:
– Seduh teh hijau dengan air panas
– Diamkan selama 24 jam
– Aplikasikan serbuk teh hijau sebagai lulur tubuh
– Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan sisa serbuk teh hijau dengan air mengalir
– Lakukan perawatan rutin ini dalam dua hari sekali

Gula dan lemon

lemon
Image by: Tribunnews.com

Campuran gula dan lemon dapat dijadikan upaya untuk memutihkan kulit. Praktisnya ialah dengan membuat scrub. Kedua bahan tersebut mampu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Cara penggunaan gula dan lemon untuk memutihkan kulit:
– Gula pasir dan lemon dicampur
– Oleskan pada permukaan kulit
– Setelah itu perlu didiamkan beberapa menit
– Lakukan peeling secara perlahan dengan teknik pemijatan
– Terakhir, bilas dengan air yang bersih.

Simple, bukan? Cara memutihkan kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut tentu tidak ribet dan mudah dilakukan. Selain itu, juga tidak akan menimbulkan efek samping jangka panjang yang berbahaya bagi kesehatan.