10 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami dengan Mudah

Cara Memutihkan Ketiak
Image by: makeupandbeauty.com

Warta News – Cara memutihkan ketiak dilakukan karena erat kaitannya dengan tingkat percaya diri, tidak mengherankan jika sampai mengorbankan dana yang tidak sedikit.

Pasalnya, ketiak mudah mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap karena letaknya pada bagian tubuh yang tersembunyi.

Namun, tidak hanya disebabkan oleh posisinya saja yang menyebabkan ketiak menghitam. Ada berbagai faktor lainnya yang memicu ketiak menjadi gelap. Artikel berikut akan mengulas faktor penyebab dan cara memutihkannya.

Penyebab Ketiak Menghitam

Infeksi Bakteri

Adanya infeksi bakteri pada ketiak akan menyebabkan area tersebut menjadi lebih gelap. Bakteri ini biasanya muncul karena adanya keringat kemudian tidak membersihkan diri dengan cara tepat.

Kondisi ketiak yang terlalu lama terkena infeksi bakteri akan mengalami hiperpigmentasi. Itulah mengapa kulit area ketiak terlihat lebih gelap dibandingkan sekitar ketiak.

Iritasi Kulit Ketiak

Kondisi kulit ketiak yang menghitam juga bisa disebabkan karena iritasi kulit ketiak. Pemakaian deodorant yang tidak tepat, aktivitas mencukur atau menggosok kulit ketiak terlalu keras bisa jadi pemicu iritasi.

Iritasi tersebut akan membuat tubuh memproduksi melanosit yang berlebihan. Adanya melanosit tersebut yang akan menambah jumlah pigmen pada kulit. Maka dari itu kulit ketiak akan berubah menjadi lebih gelap.

Kehamilan

Seperti yang telah banyak diketahui, ketidakseimbangan hormon dapat berdampak pada berbagai kondisi pada tubuh.
Salah satunya ialah berpengaruh pada kondisi kulit area ketiak pada wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Sebagian wanita merasakan adanya perubahan warna kulit ketiak yang menjadi lebih hitam.

Pada kondisi hamil, hormon tertentu akan merangsang peningkatan melanin. Namun, setelah melahirkan biasanya warna hitam pada kulit ketiak akan memudar.

Mencukur

Mencukur rambut ketiak dengan alat yang kurang mumpuni dan menerapkan cara yang tidak tepat akan membuat kulit ketiak menjadi lebih gelap.

Hal ini disebabkan karena kulit ketiak mengalami tekanan dan gesekan secara terus–menerus. Sehingga kulit ketiak mengalami iritasi. Jika terjadi iritasi, tidak menutup kemungkinan akan terjadi peradangan.

Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan metode pencukuran rambut ketiak yang benar. Pertama, mata pisau pada alat pencukur harus dipastikan tajam.

Sebab jika tumpul malah akan memicu iritasi. Kedua, menggunakan krim khusus untuk pencukur rambut ketiak atau bisa menggantinya dengan membasahi kulit ketiak terlebih dahulu. Ketiga, arah pencukuran ke bawah dan hindari menggesek secara berulang – ulang.

Krim Pencukur Rambut Ketiak

Pemilihan krim pencukur khusus rambut ketiak harus diperhatikan baik – baik. Sebab, apabila tidak cocok maka akan menimbulkan masalah pada kulit ketiak Anda.

Krim pencukur rambut ketiak tersebut diantaranya akan membuat kulit ketiak menjadi iritasi. Jika terjadi iritasi biasanya akan muncul peradangan pada area ketiak.

Adanya peradangan ini akan merangsang produksi melanin yang berlebihan, sehingga kulit ketiak menjadi menghitam.

Cara Memutihkan Ketiak Dengan Bahan Sederhana Dirumah

Madu dan Mentimun

madu

Banyak penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa madu memiliki sejuta khasiat untuk kesehatan. Demikian pula dengan mentimun.

Faktanya, madu mampu membuat kulit menjadi lebih cerah dan menjaga kesehatan kulit. Sedangkan mentimun, mambu menjaga kelembaban kulit dengan baik.

Anda bisa memanfaatkan perpaduan madu dan mentimun sebagai upaya melakukan cara memutihkan ketiak dengan mudah. Biasanya kedua campuran ini diaplikasikan sebagai masker

Cara memutihkan ketiak menggunakan campuran madu dan mentimun:
– Mentimun dipotong tipis
– Kemudian oleskan madu pada kulit ketiak secara merata
– Lakukan peeling pada ketiak yang telah diolesi madu menggunakan mentimun
– Diamkan selama 30 menit dan tunggu hingga agak mongering
– Bilas dan bersihkan ketiak Anda dari sisa madu dan mentimun

Baking Soda

Baking Soda
Image by: fibercreme.com

Tidak hanya dimanfaatkan untuk mengembangkan adonan dalam pembuatan kue, baking soda juga dipercaya ampuh akan kemampuannya mencerahkan warna kulit. Baking soda memiliki kemampuan eksfoliasi terhadap sel kulit mati.

Namun, yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan bahan ini ialah takaran pemakaiannya. Sebab, jika penggunaannya berlebihan akan menyebabkan iritasi dan peradangan.

Cara memutihkan ketiak dengan memanfaatkan baking soda:
– Tuangkan setengah sendok teh baking soda pada wadah
– Campurkan air secukupnya
– Oleskan baking soda yang sudah dilarutkan dengan air ke area ketiak
– Biarkan kurang lebih 10 menit
– Kemudian basuh ketiak dengan air bersih
– Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu

Kulit Jeruk

Jeruk
image by: bourncreative.com

Siapa sangka jika kulit jeruk tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan membuat wewangian saja. Setelah memakan buah jeruk, sebaiknya Anda jangan langsung membuang kulitnya.

Sebab, kulit buah jeruk memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh untuk dijadikan bahan perawatan cara memutihkan ketiak.

Kandungan vitamin C dalam kulit buah jeruk dapat berfungsi mencerahkan kulit. Disamping itu terdapat antioksidan berguna sebagai anti–aging, menghilangkan flek hitam serta menangkal munculnya kerutan kulit.

Tidak hanya itu, kulit buah jeruk ini mempunyai kemampuan mengikis sel kulit mati yang menempel pada ketiak. Biasanya kulit buah jeruk ini digunakan untuk perawatan kulit ketiak dalam bentuk bubuk kering.

Cara menggunakan kulit jeruk sebagai pemutih ketiak:
– Kulit jeruk dijemur di bawah sinar matahari terlebih dahulu hingga kering
– Kemudian setelah kering, tumbuk hingga menjadi bubuk halus
– Campurkan bubuk kulit jeruk yang telah dihaluskan dengan air mawar
– Lalu campuran tersebut diaplikasikan secara perlahan pada kulit ketiak
– Lakukan perawatan ini secara rutin 3 kali dalam seminggu

Susu dan Yogurt

yoghurt

Kedua bahan ini lebih terkenal sebagai jenis makanan dan minuman, meskipun begitu bisa juga jika digunakan untuk perawatan kulit. Salah satunya sebagai perawatan kulit dalam mengupayakan cara memutihkan ketiak.

Susu dan yogurt dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit karena mengandung asam laktat. Selain itu, juga dapat mengatasi permasalahan kulit iritasi yang sedang meradang.

Penggunaan susu dan yogurt untuk memutihkan ketiak:
– Susu dan yogurt dicampur dalam satu wadah
– Setelah tercampur sempurna, usapkan campuran tersebut pada area ketiak
– Gosok secara perlahan–lahan
– Biarkan kurang lebih 15 menit hingga nutrisi terserap maksimal
– Bilas dengan air bersih
– Lakukan perawatan ini secara rutin setiap 2 hari sekali

Pasta Gigi

pasta gigi
Image by: simplemost.com

Salah satu cara lain dalam memutihkan ketiak adalah dengan menggunakan pasta gigi. Selain dapat membantu menyehatkan gigi. Pasta gigi dipercaya dapat mengangkat sel–sel kulit mati yang menempel pada kulit ketiak. Apabila sel kulit mati pada area ketiak tersebut telah terangkat, otomatis kulit akan menjadi cerah.

Penggunaan pasta gigi untuk memutihkan ketiak:
– Pasta gigi dioleskan pada permukaan kulit ketiak
– Setelah itu perlu didiamkan selama 30 menit
– Kemudian lakukan peeling secara perlahan
– Lakukan pembersihan dengan air mengalir

Demikian ulasan mengenai beberapa cara memutihkan ketiak tanpa harus terkena repot pergi ke salon. Selain tidak akan menimbulkan efek samping, bahan tersebut juga mudah dilakukan. Selamat mencoba!