5+ Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel

cara memutihkan gigi
image by: graberandgyllenhaalorthodontics.com

Warta News – Cara memutihkan gigi kini bukan lagi menjadi hal tabu ditengah perbincangan masyarakat. Faktanya, memiliki gigi putih bersih menjadi dambaan setiap orang, sebab bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Hingga tak mengherankan jika banyak orang yang rela mengeluarkan dana besar untuk perawatan memutihkan gigi. Padahal sebenarnya dengan menggunakan bahan alami pun bisa dilakukan.

Bagi Anda yang berkeinginan memutihkan gigi, bisa menyimak cara memutihkan gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dapat dijumpai di lingkungan sekitar.

Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan dana yang berlebihan. Namun, sebelumnya tidak ada salahnya jika membahas terlebih dahulu mengenai penyebab gigi menjadi tidak putih.

Penyebab Gigi Kuning yang Membandel

1. Tidak rajin menggosok gigi

Kebiasaan buruk tidak rajin menyikat gigi dan tidak melakukan flossing secara rutin, menjadi faktor terbesar terjadinya permasalahan pada gigi. Salah satunya menyebabkan warna gigi yang menjadi tidak putih. Biasanya gigi akan menguning dan berlubang.

Hal tersebut disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menyangkut pada sela-sela gigi. Akibatnya, sisa makanan tadi memicu munculnya mikrobia jahat. Nah, mikrobia inilah yang menyebabkan gigi menjadi kuning karena terjadinya pembentukan plak.

2. Kebiasaan minum teh dan kopi

Kebiasaan minum teh dan kopi juga dapat menyebabkan gigi menjadi menguning. Kandungan kromogen pada teh dan kopi itulah yang memicu perubahan warna gigi. Selain itu, sifat asam yang terkandung pada kopi juga menyebabkan kerusakan pada gigi. Maka dari itu, bagi Anda penyuka kedua minuman tersebut sebaiknya segera berkumur dengan air setelah mengonsumsinya.

3. Merokok

Merokok tidak hanya menyebabkan gangguan pada pernapasan, akan tetapi juga dapat menimbulkan permasalahan dalam rongga mulut. Salah satunya ialah membuat berubahnya warna gigi menjadi menguning. Dalam rokok terdapat kandungan nikotin dan tar yang disebut-sebut menjadi pemicu gigi kuning.

Nikotin sebenarnya tidak memberikan efek secara langsung terhadap perubahan warna gigi. Nikotin hanya membentuk plak pada permukaan gigi yang membuat tampak ada noda. Justru tar lah yang membuat gigi kuning dengan hasil pembakarannya.

Bagi golongan perokok berat, efek gigi kuning ini akan terjadi dalam waktu yang cukup singkat. Bahkan, dalam waktu jangka panjang kebiasaan merokok dapat membuat gigi akan berubah warna manjadi menghitam. Tentu saja hal ini akan mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang.

4. Lapisan enamel gigi rusak

Semakin bertambahnya usia, lapisan enamel gigi pun akan semakin melemah. Hal ini akan membuat gigi nampak berubah warna menjadi kuning. Sebab, enamel yang melemah membuat lapisan dentin bawah yang memiliki substansi lebih gelap menjadi nampak.

Bahkan, jika lapisan enamel gigi ini semakin menipis bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Proses pelemahan lapisan enamel ini memang tidak bisa terelakkan lagi.

Namun, dapat dicegah dengan menjaga kesehatan gigi. Misalnya dengan mengurangi mengkonsumsi asam. Sebab, asam dapat menyebabkan korosif pada gigi.

5. Mengonsumsi alkohol dan obat-obatan tertentu

Mengonsumsi alkohol dan obat-obatan tertentu juga menjadi penyebab gigi menjadi menguning dan rusak. Salah satu jenis obat-obatan dan antibiotik tertentu yang bisa menyebabkan gigi menguning, ialah tetracycline dan doxycyclie. Sehingga, untuk lebih amannya selalu konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

Garam

garam
image by: theladders.com

Siapa bilang garam hanya dapat digunakan sebagai bumbu dapur? Ternyata garam dapat pula dimanfaatkan sebagai bahan sabagai upaya untuk memutihkan gigi.

Pasalnya, kandungan anti-bakterial yang terdapat pada garam dapat membunuh kuman penyebab gigi mengalami kerusakan.

Cara memutihkan gigi dengan menggunakan garam:
– Membuat larutan garam dengan melarutkan garam pada air
– Kemudian berkumurlah dengan larutan air garam yang telah dibuat tersebut
– Lakukan perawatan rutin ini setiap hari

Baking Soda

Baking Soda
Image by: fibercreme.com

Baking soda memang dikenal sebagai bahan pengembang saat pembuat kue. Namun, ternyata baking soda ini juga memiliki manfaat lain untuk memutihkan gigi yang berwarna kuning.

Sebab, baking soda memiliki kemampuan yang ampuh untuk mengangkatkan noda penyebab gigi kuning. Cara memutihkan gigi dengan baking soda:

– Ambil baking soda secukupnya menggunakan jari tangan
– Lalu gosokan ke bagian gigi
– Kemudian diamkan sekitar 3 – 5 menit
– Setelah itu kumur-kumur hingga bersih
– Lakukan perawatan gigi dengan baking soda ini dengan rutin setiap dua hari sekali

Cuka Apel

Cuka Apel
image by: kompas.com

Selain digunakan sebagai penambah cita rasa makanan, cuka apel juga bermanfaat untuk menjadikan gigi lebih putih dan bersih. Namun, setelah pemakaian dianjurkan untuk berkumur dengan air hingga bersih.

Sebab, jika ada tersisa cuka apel yang menempel di permukaan gigi akan mengakibatkan gigi mengalami kerusakan.

Perawatan memutihkan gigi dengan menggunakan cuka apel:
– Ambillah 1 sendok cuka apel
– Kemudian gosok-gosokan secara merata pada bagian permukaan gigi
– Setelah selesai, berkumurlah dengan menggunakan air hingga bersih

Daun Sirih

daun sirih
image by: merdeka.com

Telah banyak diketahui, jika nenek moyang terdahulu sering menjadikan daun sirih sebagai bahan untuk membersihkan gigi secara alami. Hal itu juga telah dibuktikan dalam beberapa penelitian terkait kandungan daun sirih.

Minyak atsiri yang menyusun sebagian besar kandungan pada daun sirih memiliki fungsi sebagai anti-bakterial. Kandungan tersebut diklaim mampu membunuh mikrobia yang menjadi penyebab kerusakan gigi dan juga dapat memutihkan gigi.

Cara memutihkan gigi menggunakan daun sirih:
– Gunakan 1 atau 2 helai daun sirih yang masih segar
– Kemudian gosokan ke bagian permukaan gigi secara merata.
– Lalu berkumur dengan menggunakan air yang bersih

Biji Buah Pinang

Biji pinang
image by: agrofarm.co.id

Masih seputar kebiasaan yang dilestarikan dari peninggalan nenek moyang terdahulu. Pada zaman dahulu, biji buah pinang ini memang digunakan sebagai bahan pembersih gigi.

Meskipun untuk mendapatkan biji ini cukup susah, karena bisa dikatakan langka. Biji buah pinang ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan untuk memutihkan gigi. Selain dapat untuk memutihkan gigi, biji buah pinang ini dipercaya juga dapat menguatkan gigi.

Cara menggunakan biji buah pinang untuk memutihkan gigi:
– Ambilah biji buah pinang
– Lalu haluskan sampai biji buah pinang halus
– Kemudian gosokkan biji buah pinang yang telah dihaluskan pada permukaan gigi secara merata
– Setelah itu, berkumur dengan menggunakan air bersih

Jahe

jahe
image by: hearstapps.com

Sebagian banyak orang telah mengetahui jika jahe memiliki khasiat yang ampuh untuk kesehatan tubuh. Namun, mungkin masih sedikit yang belum mengetahui jika jahe juga dapat digunakan sebagai bahan untuk memutihkan gigi.

Jahe mempunyai kandungan yang dipercaya dapat menangkal bakteri dan kuman-kuman yang dapat merusak kesehatan gigi.

Cara menggunakan jahe sebagai pemutih gigi:
– Irislah jahe tipis-tipis
– Bisa juga dilakukan dengan menumbuk jahe terlebih dahulu
– Gunakan untuk menggosok gigi
– Lakukan hal itu secara merata pada seluruh permukaan gigi
– Dianjurkan melakukan perawatan rutin ini setiap dua hari sekali

Bagaimana cukup mudah, bukan? Tidak perlu repot-repot dan menghabiskan dana lebih, Anda sudah bisa melakukan cara memutihkan gigi sendiri di rumah.

Tentu saja dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh dan alami, tidak akan menyebabkan gangguan yang berbahaya bagi kesehatan.