5 Cara Memutihkan Badan Secara Alami Dengan Bahan Sederhana

cara memutihkan badan

Warta News – Cara memutihkan badan tak jarang banyak dilakukan oleh wanita demi memiliki badan dambaan yang putih bersih. Sebab, hal ini bisa jadi meningkatkan rasa percaya diri.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa perlu rangkaian perawatan untuk mendapatkan warna kulit pada badan yang cerah. Bahkan tidak sedikit yang harus mengelontorkan dana besar demi memperolehnya. Padahal bisa pula dilakukan dengan bahan yang tersedia di rumah.

Faktor Penyebab Warna Badan Menjadi Menghitam

Paparan Sinar Matahari

Apabila Anda terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari, tidak mengherankan jika badan Anda menjadi berubah menghitam. Terlebih ketika Anda tidak mengenakan sunscreen pada area badan yang tidak terlindungi pakaian. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit. Itulah mengapa kulit menjadi menghitam atau bahkan tidak merata.

Jaringan kolagen akan melemah jika terkena paparan matahari yang berlebihan mengakibatkan kulit pada permukaan badan menjadi kusam. Hal ini disebabkan karena sinar matahari mengandung sinar UV. Dengan demikian sangat dianjurkan bagi Anda untuk tidak berlama–lama di bawah terik matahari

Faktor Stres

Kegiatan yang padat, beban pekerjaan yang berlebihan hingga kurang istirahat dapat memicu terjadinya stres. Pada saat kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol, lalu tubuh akan memberikan respon negatif melalui aliran darah menuju organ tubuh. Dampak respon negatif tersebut juga akan sampai pada lapisan kulit. Inilah mengapa timbul masalah pada kulit.

Tubuh Kurang Ternutrisi

Kurangnya asupan nutrisi dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh, termasuk pada seluruh kulit permukaan badan. Pada umumnya kekurangan nutrisi ini akan mengakibatkan kulit menjadi kusam, berkerut tidak lentur, bahkan juga kulit badan akan berubah menjadi gelap. Sebab, nutrisi ini sangat penting dalam proses metabolisme tubuh melalui permukaan kulit.

Nutrisi yang dibutuhkan akan tubuh sangat beragam. Tentu masing–masing nutrisi tersebut memiliki fungsi yang berbeda – beda. Namun, tetap bersinergi menjaga keseimbangan permukaan kulit seluruh badan. Oleh karena itu, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang untuk setiap harinya.

Kurang Mengonsumsi Air Putih

Tidak bisa dipungkiri tubuh akan selalu membutuhkan cairan. Sangat penting untuk selalu memperhatikan asupan air terhadap tubuh. Apabila tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan maka akan berdampak pada permukaan kulit badan. Sehingga bisa menimbulkan beberapa permasalahan kulit seperti kulit menghitam, kusam, muncul kerutan dan berbagai permasalahan lainnya.

Pola Tidur Tidak Teratur

Jika Anda memiliki pola tidur yang tidak teratur, sebaiknya segera mengubah pola tidak sehat tersebut. Pasalnya pola tidur yang tidak teratur akan mengganggu proses regenerasi kulit.

Mengapa bisa demikian? Sebab proses regenerasi sel kulit tubuh terjadi ketika tubuh beristirahat. Bisa dibayangkan bukan jika pola tidur tidak teratur bahkan kekurangan waktu untuk tidur, maka kulit akan mengalami permasalahan–permasalahan.

Cara Memutihkan Badan dengan Bahan Sederhana

Susu Beruang

susu beruang
Image by: 5minvideo.id

Telah banyak penelitian mengungkapkan bahwa susu beruang murni memiliki berbagai khasiat. Tidak jarang kalau dibidang kecantikan banyak mempergunakan susu beruang sebagai bahan pembuatan produk.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya, yaitu berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B2, B6, serta vitamin B12 yang dipercaya dapat membantu pencerahan kulit.

Cara memutihkan badan menggunakan susu beruang murni:
– Tuangkan susu beruang pada wadah
– Kemudian siapkan kain halus yang akan digunakan untuk meratakan susu beruang ke badan
– Celupkan kain tersebut pada susu beruang yang telah disiapkan
– Kemudian usapkan pada bagian badan secara merata
– Diamkan selama kurang lebih 15 menit
– Setelah itu bilas dengan air mengalir
– Perlu Anda perhatikan, lakukan ini secara rutin setiap 3 hari sekali

Air Bekas Cucian Beras

Manfaat Air Beras

Sejak jaman nenek moyang dahulu, air bekas cucian beras telah dipercaya akan kemampuannya memutihkan kulit yang gelap. Jadi tidaklah menjadi hal yang baru jika air bekas cucian beras dipilih sebagai bahan pembuatan produk perawatan kulit.

Anda bisa membuat sendiri di rumah, selain barang tentu akan lebih efisien memanfaatkan air bekas cucian beras tersebut daripada terbuang sia–sia.

Cara memutihkan badan dengan memanfaatkan air bekas cucian beras:
– Beras dicuci dengan air bersih
– Air cucian pertama Anda tampung dalam wadah yang berbeda
– Diamkan air bekas tersebut selama beberapa menit
– Endapan diambil lalu digosokkan pada badan
– Kemudian bersihkan badan dengan air bersih

Kopi

Kopi

Kopi tidak hanya identik dengan jenis minuman saja. Namun kini kopi banyak dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan, termasuk dalam bidang perawatan kecantikan.

Kopi mengandung senyawa kafein yang dipercaya mampu mencerahkan warna kulit, menghilangkan noda hitam pada kulit, merontokkan sel kulit mati, bahkan menghilangkan permasalahan selulit yang membandel.

Pada umumnya kopi dijadikan sebagai masker maupun scrub atau lulur dalam mengupayakan cara memutihkan badan. Anda tidak perlu merogoh uang terlalu dalam untuk mendapatkan perawatan badan. Hanya dengan bermodalkan kopi saja Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah.

Cara menggunakan kopi sebagai pemutih badan:
– Bubuk kopi disiapkan dalam suatu wadah
– Kemudian diberi sedikit tambahan air
– Campuran tersebut diaduk sampai membaur keseluruhan
– Setelah itu, aplikasikan pada seluruh permukaan badan
– Tunggu hingga kopi menjadi sedikit mengering
– Lakukan pemijatan perlahan dan gosok dengan pelan–pelan
– Dianjurkan melakukan perawatan ini secara rutin setiap 2 hari sekali

Kentang

kentang

Kentang merupakan bahan alami yang dapat Anda pergunakan untuk mengupayakan cara memutihkan badan. Enzim catecholase yang terkandung di dalam kentang dipercaya dapat membantu menghilangkan kulit kusam dan membuat kulit menjadi cerah.

Penggunaan kentang sebagai bahan pencerah kulit pada badan bisa secara murni tanpa campuran bahan lainnya ataupun bisa juga ditambah bahan lain. Seperti yogurt maupun madu.

Penggunaan kentang untuk memutihkan badan:
– Kentang yang masih segar dihaluskan dengan cara diparut
– Letakkan hasil parutan kentang tersebut pada seluruh area permukaan badan
– Diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga kandungan dari kentang menyerap melalui pori–pori kulit
– Bersihkan badan dari parutan kentang menggunakan air bersih

Minyak Kelapa

minyak kelapa

Image by: shayandcompany.com (minyak kelapa)

Selain bahan di atas, cara lain dalam memutihkan badan ialah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa ini ampuh dalam mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel pada kulit badan.

Jika sel kulit mati tersebut telah hilang, badan yang nampak gelap otomatis menjadi cerah. Minyak kelapa bisa digunakan secara murni maupun dengan menambahkan campuran bahan lain tatkala menggunakannya untuk perawatan badan.

Penggunaan minyak kelapa untuk memutihkan kulit permukaan badan:
– Minyak kelapa dioleskan secara merata pada badan
– Setelah itu didiamkan selama beberapa menit
– Lalu tunggu sampai minyak kelapa terserap maksimal oleh kulit
– Lakukan pembersihan dengan air dan sabun mandi

Cara memutihkan badan dengan bermodalkan bahan–bahan yang tersedia di lingkungan sekitar ini wajib dicoba. Dengan mempergunakan bahan yang ada di sekitar Anda, kulit pada badan Anda akan terawat sempurna. Semoga berhasil sesuai harapan Anda yang ingin memiliki badan yang cerah bersinar!