20+ Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab
Image by: newburytoday.co.uk

Warta News – Ucapan Selamat ulang tahun dalam Bahasa Arab ternyata masih jarang dipakai untuk masyarakat Indonesia. Padahal, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang cukup unik. Apalagi jika digunakan untuk momen ulang tahun, pasti akan memberikan kesan yang berbeda untuk seseorang yang berulang tahun.

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab dan Artinya

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab
Image by: https://www.sru.edu/news/062719a

Jika Anda ingin memberikan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab, pastikan Anda mengucapkan dengan lafal yang benar. Selain itu, Anda juga harus mengetahui arti atau maknanya. Jika bingung, simak beberapa contoh ucapan di bawah ini.

“Aleumr niemat tansaa fi bed al’ahyan ‘an takun shakiratan liha. alhayat altawilat waljism alsihiyu hi niemat yjb ‘an takun mumtanatan fi kl thaniat. eid milad saeid , sihat jayidat daymana fi alaietibar waljasda.”

(Usia adalah nikmat yang terkadang lupa untuk disyukuri. Usia yang panjang serta badan yang sehat adalah nikmat yang seharusnya disyukuri setiap detiknya. Selamat mengulang hari kelahiran, semoga kesehatan selalu ada dalam jiwa dan raga.)

“Alshaykhukhat hi tabieat la yumkin ‘iinkaruha. wamae dhlk , fa’iina kunk shkhsana nadjana wmswwlana hu khiar yjb alsaey ‘iilayh. la tans muasalat altaelum kl ywm. li’anah fi hadha alyawm , qabl 17 eamana wulidat wafutihat eaynayk wdhlk eindama tabda fi taelam alkthyr min al’ashya’ fi hadha alealama.”

(Menjadi tua adalah sebuah fitrah yang tidak bisa ditolak. Namun, menjadi pribadi yang dewasa dan bertanggung jawab adalah sebuah pilihan yang harus diusahakan. Jangan lupa untuk tetap belajar setiap harinya. Karena tepat di hari ini, 17 tahun yang lalu kau lahir dan membuka mata. Saat itulah kau mulai belajar banyak hal di dunia ini.)

“Teish eijlat alhayat alty yaqul alnaas ‘anaha satataghayar daymana. qad yakun al’amr ‘anak alyawm fi alqimat , qad tasqut faj’atan. lidha , la yujad sbb litajil al’ashya’ aljayidat baynama aljism la yazal qwyana. eid milad saeid , amal daymana ‘an takun bisihat jayidat min ajl alaistimrar fi fiel alkhayr liljamiea.”

(Menjalani roda kehidupan kata orang akan selalu berubah. Bisa saja hari ini kau di atas, bisa saja tiba-tiba jatuh ke bawah. Maka, tidak ada alasan untuk menunda hal-hal baik selagi raga masih kuat. Selamat hari lahir, semoga selalu sehat agar bisa terus melakukan kebaikan untuk semua orang.)

“Tdhakr eindama bada’at ‘umuk tata’alam litaludu lika. fi dhalik alwaqt bada yazhar ‘amal jadidin. tataghayar alhayat eindama tabda fi fath eaynayk walnazar ‘iilaa alealam. aitadah ‘anah jamil , ‘alays kadhalaka? eid milad saeid , ‘atamanaa ‘an yakun ealamik daymana jmylana wwdyana mae kli ‘ahlamik.”

(Ingatlah saat ibumu mulai kesakitan demi melahirkanmu. Saat itu juga harapan baru mulai muncul. Kehidupan berubah saat kau mulai membuka mata dan menatap dunia. Ternyata memang indah bukan? Selamat ulang tahun, semoga duniamu selalu indah dan bersahabat dengan semua impianmu.)

“Fy bed al’ahyan tasheur bialraghbat fi alaistimrar fi ‘an takun tflaan , li’anana bihajat faqat lilaeb walaistimtaei. lkn tabieat alhayat laysat kl dhlk , yjb ‘an nakun shkhsana yastafid min albayyat. eid milad saeid , amul ‘an tusbih shkhsana mhtrmana li’an qad aintasharat alfawayid lilakharina.”

(Kadang rasanya ingin terus menjadi anak kecil, karena kita hanya perlu bermain dan bersenang-senang. Namun hakikat hidup bukan itu saja, kita harus menjadi orang yang memberi manfaat pada lingkungan. Selamat ulang tahun, semoga kau bisa menjadi orang yang disegani banyak orang karena telah menebar manfaat bagi sesama.)

“Hl ma zilt tatadhakar , khataa saghirat la tazal tasqut fi kthyr min al’ahyan? nem , saeid waliduk wa’amk dun kulul fi taelam kayfiat almashi. walan , ‘asbahat khutawatik qawiatan wasarieatan. fi eid miladik , yusaliy walidak wa’amak hataa tatamakan khutawatuk min taqudik ‘iilaa mustaqbal mushraq.”

(Masih ingatkah kau, langkah kaki kecil yang masih sering terjatuh? Ya, saat itu ayah dan ibumu tanpa lelah membantumu belajar berjalan. Dan sekarang, langkahmu menjadi kuat dan cepat. Tepat di hari ulang tahunmu ini, ayah dan ibu berdoa semoga langkah kakimu bisa mengantarkanmu pada masa depan yang cerah.)

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab untuk Suami

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab untuk Suami
image by: llerrah.com

Mungkin sebagian orang menganggap bahwa ulang tahun hanya identik dengan anak kecil? Padahal, orang dewasa pun boleh saja merayakan ulang tahun. Apalagi jika yang ulang tahun adalah pasangan kita, misalnya suami. Cobalah berikan kesan yang berbeda, misalnya ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab.

“Zwji , ‘ashkrak ealaa kunik jz’ana min ruwhiin la yumkinuni tarkuhu. shkrana litaelim ‘atfaluna wahimayatina jmyeana min kuli qlbi. eid milad saeid , allah yamnahuna emrana mfydana.”

(Suamiku, terima kasih telah menjadi bagian dari jiwaku yang tidak bisa aku lepaskan. Terima kasih telah mendidik anak-anak dan melindungi kami semua dengan sepenuh hati. Selamat ulang tahun, semoga diberikan umur yang bermanfaat oleh Allah.)

“’Iin kunk abana rayeana lays amrana shlaan bialtaakid , walakun yumkinuk alqiam bdhlk jydana. eid milad saeid lizujiin , walid ‘atfali. kun zwjana wabana yuasilan himayatah bidaf’ kabirin.”

(Menjadi sosok ayah yang hebat memang bukan perkara mudah, tapi kau bisa melakukannya dengan baik. Selamat ulang tahun suamiku, ayah dari anak-anakku. Jadilah suami dan ayah yang terus mengayomi dengan penuh kehangatan.)

“Atamnaa lak tahiat eid milad khasin lak ya zawji. bihadiat la tuqilu khasah tabea. ‘urid ‘an ‘aqul ‘iinani saeid jiddaan lakuni zawjatik ‘am abna’aka. atuwasal allah ‘iinak dayimaan tahzin bialsihat wahayat tawilata.”

(Ucapan selamat ulang tahun ini sengaja aku susun spesial untukmu, suamiku. Dengan kado yang tidak kalah spesial juga tentunya. Aku ingin berkata bahwa aku sangat bahagia menjadi istrimu, menjadi ibu dari anak-anakmu. Aku memohon kepada Allah, agar kau selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang.)

“Kma taelamun , ‘ajmal hadiatan fi kl hayatiin hi ‘an ‘akun maeak tmamana. fi zalam allayl walnuwr , qalbiun mrtbt daymana bik. li’anani daleak , aldhy rubtath biwaed muqadas mundh 5 sanawati. eid milad saeid ya zawji , ‘ana ‘ahbik wa’adeu lak daymana.”

(Tahukah kamu, anugerah yang paling indah dalam sepanjang hidupku adalah memiliki kamu seutuhnya. Dalam gelap malam dan terangnya siang, hatiku selalu terpaut denganmu. Karena akulah tulang rusukmu, yang telah kau ikat dengan janji sakral sejak 5 tahun lalu. Selamat ulang tahun suamiku, aku mencintaimu dan selalu berdoa untukmu.)

“Zwji , eid milad saeid khamsin. la ‘asheur ‘anah qad madaa nsf qarn min eumurik , amul ‘an takun hadhih alrihlat alty safaratha qad ‘afadat alkthyr min alnnas bialqurb mank. la tuthbit eazimatak , fialrihlat la tazal tawilat. kuna daymana bisihat jayidat hataa natamakan daymana min allaeb meana mae al’ahfad almudhakina.”

(Suamiku, selamat hari lahir ke-50. Tidak terasa sudah separuh abad usiamu, semoga perjalanan yang telah kau lalui ini sudah memberikan manfaat bagi banyak orang di dekatmu. Jangan patah semangat, perjalanan masih panjang. Sehatlah selalu agar kita bisa bersama-sama bermain dengan cucu-cucu yang lucu.)

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab untuk Perempuan

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab untuk Perempuan
image by: newburytoday.co.uk

Selain untuk suami, ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab juga bisa diberikan kepada seorang perempuan. Baik untuk saudara, anak, ibu, istri, atau sahabat. Anda bisa mengutipnya dengan mudah lewat contoh-contoh di bawah ini.

“Ya ‘ukhti , eid milad saeid. ‘atamanaa ‘an takbri litasbhi aimra’at balighat sadq. la tatawaqafi abdana ean altaelim , walmuhawalat , walsala. falaykun ruhik wajasdak daymana bisihat jayidat , wyumnhwn emrana mfydana , amin.”

(Hai saudara perempuanku, selamat ulang tahun. Semoga kau tumbuh menjadi perempuan dewasa yang shalihah. Jangan pernah berhenti belajar, berusaha, dan berdoa. Semoga jiwa dan ragamu selalu sehat dan diberikan umur yang bermanfaat, amin.)

“Eyd milad saeid eazizi alzawjat , ‘ushkrak ealaa aistiedadik liltadhiat balkaml min ‘ajlay wamin ajl al’atfali. shkrana likunik zawjat wa’um rayieat aydana. wa’iismahuu li ‘an ‘aqdam hadaya watahiaat khasatan fi eid myladk.”

(Selamat ulang tahun istriku terkasih, terima kasih telah rela berkorban seluruhnya untuk aku dan anak-anak. Terima kasih juga telah menjadi istri sekaligus Ibu yang luar biasa. Izinkan aku memberikan kado dan ucapan spesial di hari ulang tahunmu ini.)

“Ayatuha alfatat aljamilat , eid milad saeid. ‘atamanaa ‘an takun ‘ayaamak jamilatan wasaeidat daymana. hafiz ealaa kuanik fatat wadudat wamubhijatan , hataa yuhabik aljamie b’ikhlas.”

(Hai gadis cantik, selamat mengulang hari kelahiran. Semoga hari-harimu selalu indah dan membahagiakan. Tetaplah menjadi gadis yang ramah dan periang, agar semua orang menyukaimu dengan tulus.)

“Ya abnataya allatifat , eid milad saeid ezyzti. narju ‘an takuni aimra’atan latifat , sadiqat daymana , watutiein lwaldyk. allah yamnah alsihat lijasdik warawhk amyn”

(Hai anak perempuanku yang manis, selamat ulang tahun sayang. Semoga kau menjadi perempuan yang baik hati, selalu jujur, dan tetap patuh pada orang tuamu. Semoga Allah selalu melimpahkan kesehatan untuk raga dan jiwamu, amin.)

“Ant ‘aezam aimra’ata. ‘iikhlasik wasabarik eaziman fi eaysh hadhih alhayat alsaebati. eid milad saeid sadiqi aleaziz , aistamara fi ‘an takun shakhsiat tulahum alkthyr min alnaas. allah dayimaan yamnahuk hubh.”

(Kamu adalah perempuan paling hebat. Ketulusan dan kesabaranmu begitu besar dalam menjalani kehidupan yang sulit ini. Selamat ulang tahun sahabatku, tetaplah menjadi sosok yang banyak menginspirasi banyak orang. Semoga Allah selalu mencurahkan kasihnya untuk
mu.)

“Umi , eid milad saeid. la yujad shay’ yumkinuni ‘an ‘uetiah lak siwaa alsalat almukhalasat min hadhih alrwh. ‘aelam , la yumkinuni ‘an ‘ueti mukafa’atan tastahiqu kl tdhyatk. lakunani ‘ahtarim allah daymana , amul ‘an takun al’um mahmiatan daymana , khaliat min jmye ‘anwae alkawarith , watuetaa hayatan tawilatan , amin.”

(Ibu, selamat ulang tahun. Tidak ada yang bisa aku berikan kepadamu, selain doa yang tulus dari jiwa ini. Aku tau, aku tidak mungkin bisa memberikan balasan yang setimpal pada seluruh pengorbananmu. Namun aku selalu bermunajat pada Allah, semoga Ibu selalu dilindungi, terbebas dari segala macam musibah, dan diberikan umur panjang, amin.)

“Zwjati , malaki. alhaqi alyawm , ‘aqdam tahiatan khasatan lik. eid milad saeid , wasaeid ‘an ‘akun balghana. shkrana limurafaqatik nsf rihlat hayati. shkrana lak aydana limunhii alsaeadat min khilal al’atfal al’adhkia’ walmukhalasin. yunir lak birakatih allamhdwdat , amin.”

(Istriku, bidadariku. Tepat hari ini, aku berikan ucapan spesial untukmu. Selamat hari lahir, dan selamat menjadi dewasa. Terima kasih sudah menemani separuh perjalanan hidupku. Terima kasih juga telah memberikanku kebahagiaan lewat anak-anak yang begitu pintar dan berbakti. Semoga Allah menerangimu dengan berkah tiada henti, amin.)

“Eyd milad saeid ‘ukhti , amul ‘an tahsul qrybaan ealaa rajul al’ahlam alsalh. la ‘astatie alaintizar limurafaqatik ealaa almudhabih lahqana. kun bisihat jayidat daymana , waistamara fi alqital fi sabil allh.”

(Selamat ulang tahun kakak perempuanku, semoga kau segera mendapatkan pria impian yang shalih. Aku sudah tidak sabar mendampingimu di pelaminan nanti. Sehatlah selalu, dan teruslah berjuang di jalan Allah.)

“Ya ‘ant ‘ant sadiqi alwahid. eid milad saeid , amul ‘an yamnahak alyawm quatan jadidatan limuasalat rihlat alhayat aljamila. hafiz ealaa sihtik daymana , aistamara fi tahsin jawdat eibadatik , allah yusahil jmye shuuwnak , amin.”

(Hai kamu, kamu lah satu-satunya sahabat perempuanku. Selamat ulang tahun, semoga hari ini bisa memberimu kekuatan baru untuk terus melanjutkan perjalanan hidup yang indah. Jagalah selalu kesehatanmu, tingkatkan terus kualitas ibadahmu, semoga Allah memudahkan segala urusanmu, amin.)

Ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab merupakan sebuah ide kreatif dalam perayaan hari lahir. Ucapan ini bisa diisi dengan doa dan harapan-harapan yang baik. Anda bisa memberikannya kepada pasangan seperti suami, serta untuk sahabat atau keluarga perempuan. Jangan lupa sertakan artinya agar mereka memahami sepenuhnya.