20+ Ucapan Pernikahan Bahasa Arab dan Artinya Lengkap

Ucapan Pernikahan Bahasa Arab

Warta News – Ucapan pernikahan bahasa Arab mungkin masih jarang terdengar. Padahal bahasa Arab tidak kalah menariknya dibanding dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Memberikan ucapan dan doa pernikahan dengan bahasa Arab akan memberikan kesan yang lebih “sakral” dan religius. Anda bisa mengutip referensi ucapan yang mengandung doa pernikahan dalam bahasa Arab di sini.

Berikut Daftar Ucapan Pernikahan Bahasa Arab

Ucapan Pernikahan Bahasa Arab

Meski terkesan sakral dan religius, namun masih banyak masyarakat awam di Indonesia yang belum mengerti arti dari ucapan pernikahan bahasa Arab. Maka jika Anda ingin menuliskan ucapan lewat kartu, sebaiknya tuliskan juga arti atau maknanya. Berikut beberapa contoh yang bisa Anda kutip.

“Ana tuhiba altabieat , walziwaj eabada. mabruk ealaa zawajik, amul ‘an tuhiba bedkama albaed hataa yati almawt lijalb. amin. ”

(Mencintai adalah fitrah, dan pernikahan adalah ibadah. Selamat atas pernikahan kalian, semoga kalian bisa saling mencintai sampai maut datang menjemput. Amin.)

“Alhabu yatatalab alkthyr min altadhiat , mithl eadn wahwa’ alty tafsil baynahuma miat al’amyal. lkn fi alnihayat hum sueada’ birabat almahabat almuqadasati. tahanina, laqad najahat fi rabt alhabi almuqdis. hzaan tybaan ‘iilaa al’abad amiyn “.

(Cinta membutuhkan banyak pengorbanan, seperti Adam dan Hawa yang terpisah jarak ratusan mil. Namun pada akhirnya mereka bahagia dalam ikatan cinta suci. Selamat, kalian telah berhasil mengikat cinta kasih yang suci. Semoga bahagia selamanya, amin.)

“Alzwaj rihlat jamilat watawilatun. lkn tudhkar , allah sayakhtabir eabaydah daymana bialeadid min almuhakimat walmuhakimata. amul ‘an tuqwi daymana baedakuma albaed , watakun seydana hataa yati almawta.”

(Pernikahan ibarat perjalanan yang indah, namun panjang. Namun ingat, Allah akan selalu menguji hambanya dengan banyak ujian dan cobaan. Semoga kalian akan selalu saling menguatkan satu sama lain, dan berbahagialah hingga ajal datang.)

“Atul mdt lileibadat hi ‘an tatazawaja. lidha jahz nafsak bialkathir min alahkam. tuqwi nafsak bial’iiman bimuhabat allah , alnabii , wazawjuk bialtubei. saeid eubur alfulk almulay’ bialtahadiat.”

(Ibadah yang dilakukan dengan durasi paling lama adalah menikah. Maka siapkanlah dirimu dengan bekal yang banyak. Kuatkan diri dengan keyakinan cinta pada Allah, Nabi, dan tentu saja kepada pasanganmu. Selamat mengarungi bahtera yang penuh tantangan.)

“ln yuthbit alhabu alhaqiqia qabl ‘an tueada ‘amam allh. alyawm ‘ant qad haqaqath , thuma tahniatu! laqad najahat fi ‘iithbat ‘ana habk naqia wasadiq. khaf min allah , wajeal allah yataki ealaa kli mushkilatin.”

(Cinta sejati tidak akan terbukti sebelum engkau berjanji di hadapan Tuhan. Hari ini kau telah memenuhinya, maka selamat! Kau telah berhasil membuktikan bahwa cintamu suci dan ikhlas. Takut lah kalian pada Allah, dan jadikan Allah sebagai sandaran dalam setiap masalah.)

“Mn khilal alzawaj , sayatimu alhukm ealaa aljamie bialeibadati. lys faqat alsalat fi jamaeat , wataqbil jabiyn zawjatik , fa’ant balfel wafirat fi aljadarati. lidha , aietan binafsik waihtam bialhabi baynakuma ‘iilaa al’abad.”

(Dengan menikah, semua akan dinilai ibadah. Tidak hanya sekedar shalat berjamaah, mencium kening istrimu saja kau sudah berlimpah pahala. Maka, jaga dan rawat baik-baik cinta kasih di antara kalian selamanya.)

“an takun alzawjat ‘aw alzawj hi ‘ajmal hadia. amul ‘an takun alhadyat ‘ajmal biwujud tifl , ‘in sha’ allh , hayat jadidat saeidat , khatwat ealaa qidmik biqasd aleibadat faqat bsbb allh”.

(Menjadi istri atau suami adalah sebuah anugerah yang paling indah. Semoga, anugerah tersebut semakin indah dengan kehadiran buah hati, Insya Allah. Selamat menempuh kehidupan yang baru, langkah kan kaki kalian dengan niat ibadah hanya karena Allah.)

“lqad tama tahdid kuli shay’ ealaa wajh al’ard fi ‘azwaj. bima fi dhalik ‘ant , faqad qudr habk ‘an yatahada fi zawaj mqds. lidha , ‘ahras ealaa saqawih kla yawm bialsalat waleatf”.

(Semua yang ada di bumi telah digariskan secara berpasangan. Termasuk kalian, cinta kalian telah ditakdirkan bersatu dalam pernikahan yang suci. Maka, rawat lah dengan menyiraminya setiap hari dengan doa dan kebaikan.)

Ucapan Pernikahan Bahasa Arab Barakallah

Ucapan Pernikahan Bahasa Arab Barakallah
Image by: jakpost.net

Doa atau ucapan pernikahan bahasa Arab yang paling sering digunakan adalah kata “barakallah”. Kalimat ini lebih sering diucapkan karena mengandung arti yang singkat namun penuh doa yang mendalam.

Arti dari kata “barakallah” adalah “semoga Allah memberkahi”, kalimat doa ini dianggap sudah cukup mewakili doa-doa yang lainnya. Berikut beberapa contohnya:

“Barak allah , narju ‘an yakun zawajik al’awal wal’akhyr. arbit habk kimudkham lileibadat hataa tatamakan min alwusul ‘iilaa alsama’ meana. amin.”

(Barakallah, semoga pernikahan kalian menjadi yang pertama dan terakhir. Jadikan ikatan cinta kalian sebagai penguat ibadah hingga mampu meraih surga bersama-sama. Amin.)

(Barak allah , alzawaj hu eahid muqadas haqaq nsf wajibat eibadat allh. thuma , aistamara alnisf alakhar meana hataa tusbih alhayat ‘akthar jmalana wamulawnata.”

(Barakallah, sebuah pernikahan adalah perjanjian sakral yang telah memenuhi separuh kewajiban beribadah pada Allah. Maka, lanjutkan lah separuhnya lagi secara bersama agar hidup menjadi lebih indah dan berwarna.)

“Baltaakid ‘ant saeid jdana bhdha alzawaji. narju ‘an tueta alquat litakun qadrana ealaa alhifaz ealaa hubi bedakama albaed , wataqwiat bedhma albaed , wamahabat bedhma albaed , wahimayat bedhma albueda. barak allah hayatuk aljadidat , ‘amina.”

(Pasti kalian sangat bahagia atas pernikahan ini. Semoga kalian diberikan kekuatan untuk dapat menjaga cinta satu sama lain, saling menguatkan, saling mengasihi dan melindungi. Semoga Allah memberkahi kehidupan kalian yang baru, amin.)

“Akhira rihlat habk rasiat bishakl jamil alyawma. ‘atamanaa ‘an yakun hdha alzawaj bidayatan jayudata. aetanawa bisafinat almanzil jayidaan , bisabar , waeituu baedukum baedana. barak allah fikum ‘iilaa al’abad amina.”

(Akhirnya perjalanan cinta kalian berlabuh dengan indah hari ini. Semoga ikatan pernikahan ini dapat dijadikan sebagai awal yang baik. Arungilah bahtera rumah tangga dengan baik, sabar, dan saling memberi kekuatan satu sama lain. Semoga Allah memberkahi kalian selamanya, amin.)

“Aleibadat wajib , walyawm qad ‘awfat bhdha alaltizama. barak allah fik wajaeal hayatik alzawjiat ‘abdiata. hafiz ealaa ribat alhabi almuqadas baynak , hataa yusbih alfulk ‘amam eaynayk jmylana wasahl almurur.”

(Beribadah adalah sebuah kewajiban, dan hari ini kalian telah melaksanakan kewajiban tersebut. Semoga Allah memberkahi kalian dan menjadikan kehidupan pernikahan kalian abadi. Jaga ikatan cinta suci di antara kalian, agar bahtera yang ada di depan mata menjadi indah dan mudah dilalui.)

“Mathal al’anbia’ aladhin yuhibuwn qulubuhum bi’iikhlasin. ldhlk balnsbt li’uwliik minkum aladhin ‘asbahuu azwajana , ‘uhiba zawjatak tmamana. wa’antum min ‘asbahat zawjat , tahtarim watuhabu zawjak bi’iikhlasin. barak allah fikama amina.”

(Seperti para Nabi yang mencintai sepenuh hati istrinya. Maka untuk kamu yang sudah menjadi suami, cintailah sepenuhnya istrimu. Dan kamu yang telah menjadi istri, hormati dan cintai suamimu dengan penuh ketulusan. Semoga Allah melimpahkan berkah pada kalian, amin.)

“Almar’at wulidat muqadasat walaha altabieat alty tuhubuha watahmiha. walyawm , hadhih almar’at hi ‘ant alty ‘asbahat rsmyana zawajatan. akhdum zawjak bihubin mukhlasin. wa’ant aldhy ‘asbah zwjana , ‘uhiba zawjatak wa’ahabaha bihubin eazim , allah yarhamuk bizawajik , ‘amina.”

(Seorang wanita terlahir suci dan memiliki fitrah untuk dicintai dan dilindungi. Dan hari ini, wanita tersebut adalah engkau yang telah resmi menjadi seorang istri. Mengabdi lah pada suamimu dengan penuh rasa cinta yang taat. Dan kau yang telah menjadi suami, cintai dan lindungi istrimu dengan penuh rasa kasih. Semoga Allah memberikan berkah yang luas pada pernikahan kalian, amin.)

“Altajdif alsaeid wal’iibhar fi muhit alasr! alsaytarat ealaa alqarib alan fi ydkma , fakaniy tajdif qawiun. mithl hdha alzawaj , yjb ‘an takun qwyana wsbwrana. ajeal alhaba al’asas alrayiysia lileibadat fi alzawaj liakun jmylana wshlaan. allahum amyn.”

(Selamat mendayung perahu dan mengarungi samudera mahligai pernikahan! Kendali perahu kini ada di tangan kalian berdua, maka jadilah pendayung yang kuat. Seperti itulah pernikahan, kalian harus kuat dan sabar. Jadikan cinta sebagai landasan utama agar ibadah dalam pernikahan menjadi indah dan mudah. Semoga Allah mencurahkan berkah, amin.)

Ucapan Anniversary Pernikahan Bahasa Arab

Ucapan Anniversary Pernikahan Bahasa Arab
Image by: destinationweddingdetails.com

Tidak hanya untuk pengantin baru, ucapan pernikahan bahasa Arab juga sangat cocok untuk pasangan yang merayakan ulang tahun pernikahan. Meski bukan pengantin baru, namun mereka juga tetap membutuhkan semangat dan doa terbaik agar semakin kuat dan sabar dalam melanjutkan mahligai rumah tangganya. Inilah beberapa kalimat doa yang pantas untuk momen anniversary.

“’Iin altasaruf kazawjat wuzuj lays bial’amr alsahl bialtaakidi. kilahuma yahtaj ‘iilaa almazid min alsabr wal’iikhlas. walyawm , fi ghdwn 10 sanawat baldbt ladayk dawr alzawj walzuwjati. tihanina! laqad najat min hadhih aleashr sanawat jydana. hzana seydana baynakuma ‘akthar khusubat hataa yati almawt , amina.”

(Berperan sebagai istri dan suami tentu bukan perkara gampang. Keduanya butuh kesabaran dan ketulusan yang lebih. Dan hari ini, tepat 10 tahun kalian berperan sebagai suami dan istri. Selamat! Kalian telah berhasil melewati 10 tahun ini dengan cukup baik. Semoga cinta diantara kalian semakin subur hingga maut datang, amin.)

“Mbrwk bimunasabat dhikraa zawajk! laqad tamakanat min al’iibhar bisabr limudat 5 sanawati. bialtaakid hayatik ‘akthar hayawiatan biwujud tifl mubahj. amul ‘an yakun alfulk almanziliu ‘akthar jmalana wayumkina ‘an tusbih ‘akthar ndjana fih.”

(Selamat ulang tahun pernikahan untukmu dan pasanganmu! Kalian telah mampu mengarunginya selama 5 tahun dengan sabar. Kehidupan kalian tentu semakin berwarna dengan hadirnya buah hati yang ceria. Semoga bahtera rumah tangga kalian semakin indah dan kalian bisa semakin dewasa dalam menjalaninya.)

“’Iin ‘iihdar ‘ajwa’ alsama’ ‘iilaa almanzil hu muhimat nabilat. tihanina! laqad najahat fi tanfidh hadhih almuhimat limudat 7 sanawatin. yjb ‘an yakun ‘atfalak sueada’ liatamakanuu min albaqa’ fi alddakhil mithl aljanati. sueada’ lak ‘iilaa al’abd.”

(Menghadirkan suasana surga di dalam rumah merupakan tugas mulia. Selamat! Kalian telah berhasil melaksanakan tugas itu selama 7 tahun. Anak-anak kalian pasti merasa bahagia bisa tinggal di dalam rumah layaknya surga. Berbahagialah kalian selamanya, amin.)

“Kunak waldana yafham hayat al’atfal lays amrana shlaan bialtaakid. yatatalab al’amr almazid min al’iikhlas hataa tatamakan min takwin al’atfal ka’asdqa’. laqad kafahat limudat 16 eamana , amul ‘an yakun zawajik ‘akthar murunatan wqadrana ealaa qiadat al’atfal ‘iilaa hayat mustaqilat ‘afdala.”

(Menjadi orang tua yang mengerti kehidupan anak-anak pasti tidak mudah. Butuh ketulusan yang lebih agar bisa menjadikan anak-anak sebagai sahabat. Kalian telah berjuang keras selama 16 tahun ini, semoga pernikahan kalian semakin tangguh dan mampu mengantarkan anak-anak menuju kehidupan mandiri yang lebih baik.)

“Fy alhayat alzawjiat , yjb ‘an yakun ladaa alzawj walzawjat khibratan khasatan , khasatan fi alhifaz ealaa ‘awasir alhabi wataqwiatiha fihima. dhikraa zawaj saeidat 12 , frbma yadum habuk ‘iilaa al’abad meana , amin.”

(Dalam kehidupan pernikahan, suami dan istri harus memiliki keahlian khusus, terutama dalam menjaga dan menguatkan ikatan cinta kasih di dalamnya. Selamat ulang tahun pernikahan yang ke-12, semoga cinta kalian abadi hingga menua bersama-sama, amin.)

Memberi ucapan pernikahan bahasa Arab akan memberikan kesan yang berbeda untuk kedua mempelai. Anda bisa mengucapkannya kepada pengantin baru maupun pengantin yang sudah lama menikah. Jika ingin singkat, ucapkan lah “barakallah” kepada mereka untuk mewakili semua doa.