12 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dimiliki

Perlengkapan Bayi Baru Lahir
image by: lovetoknow.com

Warta News – Perlengkapan bayi baru lahir adalah salah alat atau starter pack yang wajib dimiliki oleh orang tua manapun untuk menyambut kehadiran sang buah hati.

Ada beberapa perlengkapan yang perlu dipersiapkan oleh orang tua agar bisa mengasuh sang anak dengan tenang dan juga nyaman.

Bagi Anda yang mungkin tidak tahu apa saja sih perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli oleh para orang tua, tenang saja! Di bawah ini ada beberapa daftar perlengkapan bayi yang harus disiapkan oleh orang tua. Apa sajakah itu?

Berikut Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Rekomendasi Untukmu

Mengapa sih perlengkapan bayi itu sangat perlu untuk disiapkan oleh orang tua manapun? Tentu saja untuk mempermudah orang tua dalam merawat bayinya.

Sebab bayi yang baru lahir memerlukan adaptasi yang sangat banyak dan orang tua harus bisa memperlakukannya dengan seoptimal mungkin.

1. Bedong

Bedong Bayi
image by: mamanatural.com

Bedong adalah semacam selimut yang digunakan untuk membungkus sang bayi. Kebanyakan bayi yang baru lahir merasa bedong sangat nyaman karena bisa menghangatkan tubuhnya. Ada banyak pilihan selimut bedong di luar sana yang bisa Anda pilih.

Namun bedong yang terbaik adalah berukuran besar dan memiliki banyak regangan. Saat membeli bedong, jangan hanya membeli satu saja, ya!

Anda mungkin harus memiliki lebih dari satu sehingga ketika satu bedong dicuci, yang lainnya bisa untuk berjaga-jaga.

2. Baju Bayi

Baju Bayi
image by: 123rf.com

Baju adalah perlengkapan bayi baru lahir yang paling utama. Saat USG dan Anda mengetahui apa jenis kelamin buah hati Anda, mulailah untuk mempersiapkan baju bayi yang sesuai dengan anak Anda. Pastikan Anda membeli baju dari kain yang hangat dan bisa menyerap keringat.

Ada banyak sekali toko perlengkapan bayi yang menjual aneka baju bayi usia 1 bulan hingga 3 tahunan ke atas.

Jika kesulitan mencari di toko offline, Anda juga bisa membelinya secara online. Banyak sekali baju-baju bayi yang tersedia untuk Anda pilih sesuai selera Anda.

3. Sarung Tangan Bayi

sarung tangan bayi
image by: momlovesbest.com

Sarung tangan merupakan komponen penting yang juga tidak boleh Anda lupakan ketika membelikan perlengkapan bayi.

Sarung tangan bayi yang sangat mungil untuk tangan bayi memang sangat lucu, tetapi terkadang sering mudah jatuh.

Anda bisa membeli pakaian yang menggabungkan sarung tangan sehingga menghemat anggaran belanja Anda.

Mengapa sarung tangan perlu untuk dibeli? Sebab sarung tangan mencegah sang anak menggaruk pipi dengan kuku yang kecil namun sangat tajam.

4. Popok Bayi

Popok Bayi
image by: 123rf.com

Bayi yang baru lahir banyak buang air besar sehingga Anda memerlukan popok sebagai salah satu dari sekian daftar perlengkapan bayi baru lahir yang perlu Anda beli.

Anda bisa memilih popok yang sekali pakai atau berencana menggunakan popok dari bahan kain.

Pastikan Anda memiliki persediaan popok yang banyak sebab bayi yang baru lahir sangat sering buang air. Selain itu, ada baiknya untuk menyimpan popok dalam berbagai ukuran.

Pastikan pula untuk tidak membeli popok yang terlalu kecil karena itu beresiko membuat anak Anda merasa tidak nyaman.

5. Botol Bayi

botol bayi
image by: niceshops.com

Botol bayi sangat penting jika Anda sedang memberi susu formula. Botol bayi juga bisa digunakan untuk menyimpan cadangan ASI Anda jika Anda hendak meninggalkan bayi Anda beberapa saat. Akan lebih bagus lagi jika Anda membeli botol bayi sekaligus peralatan pembersihnya.

6. Perlak

Perlak Bayi
image by: shopify.com

Perlak adalah sebuah kain yang menjadi alas tidur sang bayi namun tidak tembus air. Jadi, apabila sang anak mengompol, maka adanya perlak bisa menghalangi air pipis sang bayi mengenai tempat tidur buah hati Anda.

Ada banyak jenis perlak yang dijual di pasaran sana. Ada yang mahal dan juga ada yang murah, tergantung dari bahannya masing-masing.

Pastikan Anda selalu rajin mengecek perlak setiap saat ya sebab jika sampai airnya masih tersisa di perlak maka akan menyebabkan bau pesing.

7. Tempat Tidur

tempat tidur bayi
image by: shopify.com

Selain perlak, tempat tidur sang anak juga merupakan perlengkapan bayi baru lahir yang wajib Anda pikirkan.

Anda bisa membeli tempat tidur berbahan dasar kayu atau plastik. Namun, sangat disarankan untuk membeli dari bahan kayu agar tahan lama.

Jangan lupa untuk menyiapkan kelambu di tempat tidur anak Anda agar nyamuk-nyamuk nakal tidak mengganggu buah hati Anda.

8. Handuk Bayi

Handuk Bayi
image by: childrenforchildren.org

Jangan samakan handuk bayi dengan handuk orang dewasa ya sebab handuk untuk bayi harus terbuat dari kain yang paling lembut.

Kain handuk akan bersentuhan langsung dengan kulit bayi yang lembut sehingga harus dipastikan kain handuk tidak kasar dan melukai kulit bayi Anda.

Bahan yang terbaik untuk membuat handuk bayi ini adalah katun combed atau terry cotton sebab kedua bahan ini sangat lembut dan mudah menyerap air secara alami. Dua bahan kain itu juga bersifat antibakteri dan antijamur serta tidak kaku saat dicuci.

9. Alat Pompa ASI

alat pompa asi
image by: wicbreastfeeding.fns.usda.gov

Jika Anda memiliki masalah dengan suplai susu sejak awal, pump breast akan menjadi teman terbaik Anda untuk memenuhi kebutuhan ASI bayi Anda.

Anda dapat menggunakan alat ini secukupnya untuk memompa ASI Anda dan menaruhnya di botol.

Setelah itu, masukkan ke dalam lemari es sehingga Anda dapat memberi makan bayi Anda saat Anda perlu istirahat dan tidak bisa mengeluarkan ASI.

Pastikan saat Anda membeli alat pompa ASI, beli juga botol kaca untuk menyimpan stok ASI Anda.

10. Diaper Bag

Diaper Bag
image by: littleonemag.com

Apabila Anda ingin bepergian bersama bayi mungil Anda, jangan lupakan untuk membawa sebuah tas popok yang bisa alas ganti, pakaian ganti, tisu, dot, dan mainan. Anda mungkin bisa membeli tas dengan desain dan jenis apapun.

Namun akan menjadi lebih baik lagi jika Anda membeli sebuah tas yang desainnya khusus bisa memuat segala perlengkapan bayi.

Dengan tas popok yang dirancang khusus menampung perlengkapan bayi Anda, maka Anda bisa bermain di luar bersama bayi Anda atau, setidaknya berjalan-jalan di sekitar blok rumah.

11. Bak Mandi

Bak Mandi Bayi
image by: littleonemag.com

Selain handuk untuk perlengkapan bayi si kecil, Anda juga perlu menyiapkan bak mandi khusus untuk bayi, lho.

Bak mandi yang dimaksud ini berupa ember namun khusus didesain untuk memandikan sang bayi. Anda perlu menemukan bak mandi yang berbahan plastik namun kuat.

Perhatikan setiap sudut bak mandinya, jangan sampai ada satupun bagian tajam yang bisa membahayakan sang anak.

Adapula anti slip supaya bak mandi tidak begitu licin ketika dibuat mandi anak. Pastikan Anda juga mencari sabun dan sampo khusus bayi, ya! Sampo dan sabun khas bayi mempunyai bahan yang sangat aman digunakan untuk buah hati.

12. Minyak Telon dan Bedak Bayi

bedak bayi
image by: bbci.co.uk

Perlengkapan bayi baru lahir yang terakhir dan tidak kalah penting adalah minyak telon dan bedak bayi. Dua komponen ini sangat bermanfaat untuk si kecil.

Untuk minyak telon, manfaat yang dimilikinya bisa menghangatkan tubuh sang buah hati Anda setelah selesai dimandikan. Sementara bedak khusus bayi sendiri digunakan agar tubuhnya terasa lembut dan wangi.

Dengan 12 perlengkapan bayi baru lahir yang disebutkan di atas, Anda bisa maksimal dalam mengurus buah hati tercinta Anda.