6 Kisah Nabi Isa Lengkap dari Lahir Sampai Wafat

Kisah Nabi Isa
image by: republika.co.id

Warta News – Kisah Nabi Isa putra dari wanita suci bernama Maryam banyak membuat orang takjub. Kelahiran dan peristiwa pengangkatannya ke langit disebut dalam Al-Qur’an.

Seperti halnya kisah nabi lain, kisah ini juga memiliki hikmah dan akan meningkatkan keimanan Anda kepada Allah.

Kisah Nabi Isa: Kelahiran

Nabi Isa yang lahir tanpa ayah merupakan kebenaran dan mukjizat dari Allah. Ibunda beliau yang bernama Maryam binti Imran adalah seorang wanita yang dijaga kesucian dan kehormatannya oleh Allah.

Ibunda Maryam memiliki garis keturunan Imran yang menjadi keluarga terpilih. Paman Maryam juga seorang nabi yakni Zakariya sekaligus anak angkat beliau yang bernama Yahya.

Surat At-Tahrim ayat 12 memuat kisah Nabi Isa diciptakan. Allah berfirman “dan ingatlah Maryam binti Imran yang menjaga kehormatannya, Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh ciptaan Kami..” Pada saat itu, malaikat Jibril ditugasi untuk memberikan kabar kepada Maryam bahwa Allah mempercayakan seorang anak yang sholeh.

Proses kelahiran Nabi Isa digambarkan oleh Allah dalam Al-Qur’an pada surat Maryam ayat 22 sampai 26. Berikut intisari dari penggalan makna ayat tersebut:

a. Saat mengandung, Maryam memilih mengasingkan diri karena merasa takut mendapat olok-olokan dari para penduduk sebab melahirkan tanpa bersuami;

b. Saat akan melahirkan, Maryam menyenderkan badan ke pohon kurma sembari mengeluh tetapi malaikat Jibril menghibur dan memberitahukan untuk menggoyangkan pangkal pohon. Tujuannya adalah agar pohon kurma jatuh sehingga dapat dimakan untuk menambah energi;

c. Allah mengaruniakan sungai kecil yang mengalir di dekat tempat lahirnya Nabi Isa. Dengan begitu, ibunda beliau dapat meminum airnya dengan mudah.

Allah menganugerahkan mukjizat selanjutnya yaitu memampukan Nabi Isa yang baru lahir untuk berbicara. Kisah Nabi Isa yang berbicara saat masih bayi terjadi sepulangnya Maryam ke kampung halaman sambil menggendong seorang bayi.

Para penduduk menuduh Maryam telah berbuat sesuatu yang mungkar padahal keluarganya memiliki garis keturunan yang terpuji.

Karena Maryam bernazar untuk tidak berbicara, maka Nabi Isa yang angkat bicara atas izin Allah. Kata pertama yang beliau ucapkan, terabadikan dalam surat Maryam yang artinya:

“Isa berkata: sesungguhnya aku ini adalah hamba Allah…” (QS Maryam ayat 30)

Kisah Nabi Isa dan Kaumnya

Usaha Nabi Isa untuk mengajak Bani Israil agar beriman kepada Allah tidaklah mudah. Saat itu, Bani Israil benar-benar telah melenceng akhlak dan perbuatannya.

Nabi Isa diutus oleh Allah untuk mengajak mereka kembali ke jalan yang lurus dan menyembah hanya kepada Allah.

Nabi yang tergolong ulul azmi tersebut juga menunjukkan berbagai mukjizat untuk membuat mereka percaya.

Pembuktian mukjizat justru tetap ditentang oleh Bani Israil. Mereka mengira semua hal besar yang dilakukan oleh Nabi Isa merupakan hasil dari ilmu sihir.

Beberapa mukjizat yang beliau tunjukkan atas seizin Allah meliputi menyembuhkan orang yang sakit, menghidupkan orang mati, dan menghidupkan burung yang terbuat dari tanah. Hanya segelintir saja yang mau beriman.

Hanya segelintir orang yang mau beriman dan setia yang dijuluki Hawariyyun. Kisah Nabi Isa dan Hawariyyun tertulis nyata di dalam Al-Qur’an.

Mereka itulah orang-orang terdekat Nabi Isa yang mau membenarkan ajaran agama Islam. Terdapat 12 orang yang termasuk dalam Hawariyyun dan menemani Nabi Isa hingga masa paling sulit dalam dakwah beliau di tengah-tengah Bani Israil.

Penolakan dari Bani Israil semakin hari semakin kuat. Mereka sangat membenci Nabi Isa dan ajaran yang dibawa oleh beliau.

Kedengkian yang mengakar membuat mereka memprovokasi Raja Damaskus untuk membunuh beliau dengan cara disalib.

Raja Damaskus termakan oleh fitnah kejam dari Bani Israil sehingga menyuruh pasukan untuk mengepung tempat Nabi Isa berada saat itu.

Kisah Nabi Isa Diangkat ke Langit

Peristiwa pengangkatan Nabi Isa oleh Allah ke langit terjadi saat pengepungan pasukan yang akan membunuh beliau.

Pada saat genting tersebut, Nabi Isa ditemani oleh Hawariyyun. Beliau kemudian menawarkan siapa yang bersedia menggantikan posisi beliau dan mati.

Lalu, berdirilah salah satu pemuda untuk menerima tawaran tersebut. Setelah itu, Allah serupakan wajahnya seperti Nabi Isa.

Kabar mengenai kisah Nabi Isa yang disalib tidaklah benar. Allah telah membantahnya dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 157 hingga 158 yang maknanya “Mereka tidak membunuhnya atau menyalibnya.

Orang yang mereka bunuh adalah orang yang diserupakan dengan Isa. Sesungguhnya orang yang berselisih paham mengenai peristiwa pembunuhan Isa benar-benar dalam keraguan.”

Tujuan dari pengangkatan Nabi Isa adalah agar terhindar dari tipu muslihat Bani Israil. Allah mengangkat baik jasad maupun ruh Nabi Isa sehingga beliau selamat.

Al-Qur’an tidak menyebutkan secara gamblang siapa di antara Hawariyyun yang menggantikan posisi Nabi Isa. Saat kiamat sudah dekat harinya, Allah baru akan menurunkan kembali Nabi Isa ke bumi lalu mewafatkannya.

Kisah Nabi Isa Beserta Mukjizatnya

Mukjizat menjadi salah satu bukti kekuasaan Allah untuk hamba-NYA yang terpilih termasuk Nabi Isa. Berikut 6 mukjizat yang didapat oleh Nabi Isa:

1. Kitab Injil

Injil merupakan kitab suci yang Allah turunkan kepada Nabi Isa. Kitab suci tersebut berisi ajaran yang meluruskan kitab suci Taurat dan berita mengenai kehadiran nabi utusan Allah.

Nabi yang dimaksud bernama Ahmad yaitu Rasulullah Muhammad dan akan menjadi nabi Allah yang terakhir di muka bumi.

2. Pengangkatan Beliau ke Langit

Diangkatnya Nabi Isa oleh Allah ke langit adalah suatu kebenaran. Berita yang mengabarkan bahwa Nabi Isa telah disalib adalah jelas suatu kebohongan.

Bahkan peristiwa tersebut diabadikan dalam Al-Qur’an. Allah telah jelas menerangkan bahwa yang disalib bukanlah Nabi Isa sebab Allah sudah mengangkatnya ke langit untuk kemudian diturunkan kembali kelak.

3. Menurunkan Makanan dari Langit

Peristiwa Nabi Isa menghadirkan makanan dari langit disebabkan oleh permintaan para pengikutnya.

Kisah Nabi Isa menghadirkan hidangan dari langit diceritakan dalam QS Al-Maidah ayat 112 sampai 115. Berikut ringkasannya:

a. Pengikut Nabi Isa meminta beliau untuk menurunkan makanan langsung dari langit. Alasannya adalah sebagai bukti bahwa ajaran yang disebarkan Nabi Isa benar adanya. Dengan menyaksikannya sendiri, hati mereka akan menjadi tentram dan semakin yakin;

b. Nabi Isa berdoa kepada Allah untuk mengabulkan permintaan tersebut. Setelah itu, Allah menrunkan apa yang Nabi Isa minta dalam doanya.

Allah berfirman bahwa siapa saja yang kafir sekalipun bukti sudah ditunjukkan, maka akan mendapatkan siksaan yang sangat pedih.

4. Berbicara saat Masih Bayi

Setelah Maryam melahirkan, beliau bernazar bahwa tiak akan berbicara kepada siapapun. Oleh sebab itu, Nabi Isa-lah yang menjawab tuduhan para penduduk terhadap Ibunda Maryam.

5. Membuat Burung Hidup dari Tanah Liat

Dalam Al-Qur’an, kejadian tersebut tertulis di QS Al-Maidah ayat 110. Allah berfirman “Ingatlah di waktu kamu membentuk tanah yang berupa burung atas izin-Ku, kemudian kamu meniupnya dan jadilah burung yang sebenarnya atas izin dariKu.”

6. Menghidupkan Mayit dan Menyembuhkan Penyakit

Mukjizat Nabi Isa tersebut tertuang dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 10. Penggalan artinya adalah “Ingatlah ketika kamu menyembuhkan orang buta sejak dalam kandungan dan orang yang menderita penyakit sopak atas izin-Ku.

Ingatlah pula ketika kamu mengeluarkan orang yang sudah mati dari dalam kubur menjadi hidup kembali atas izin dari Ku.”

Saat hari kiamat semakin dekat, Nabi Isa akan diutus kembali ke bumi oleh Allah. Terdapat beberapa misi yang diemban oleh beliau yakni membunuh dajjal, menghancurkan salib-salib, menghapus pajak, membunuh babi, dan menjadi pemimpin yang adil.

Kisah Nabi Isa yang kembali diturunkan ke bumi termuat dalam salah satu surat dalam Al-Qur’an yaitu An-Nisa ayat 159.